Arang yang biasa dikenal orang sebagai bongkahan hitam dan kotor sebagai bahan bakar, kini telah dimanfaatkan sebagai produk kecantikan. Arang aktif alias activated charcoal terbukti ampuh membersihkan serta mengangkat kotoran pada wajah karena memiliki zat karbon aktif di dalamnya. Karbon mengandung oksigen dan dipercaya dapat menyerap gas dan racun berbahaya dalam kulit.

Karena daya absorbsinya yang kuat, arang aktif berfungsi sebagai magnet yang dapat menarik kotoran yang terjebak di pori-pori. Hasilnya? Kulit menjadi lebih bersih, pori-pori mengecil, mengencangkan dan nampak lebih cerah. Jika beberapa waktu belakangan ini banyak beredar masker wajah berbahan charcoal, rupanya ada sederet produk kecantikan sehari-hari lainnya yang jugadiperkaya dengan kandungan arang aktif, lho. Mana yang sudah pernah kamu coba?

1. Facial foam yang mengandung arang aktif dipercaya dapat membersihkan wajah secara lebih mendalam, mencerahkan kulit, mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi sebum yang berlebihan

Jenis sabun wajah yang mengandung karbon dari arang, cocok untuk kulit berminyak yang mudah muncul komedo dan kusam. Bekerja seperti magnet, sabun wajah ini akan menarik keluar kotoran dan minyak yang tersumbat di dalam pori-pori, sehingga kulit wajah akan tampak bersih dan terasa lebih halus. Sebagai tambahan, sabun wajah yang juga diformulasikan dengan mediterranean clays berfungsi membantu proses detoksifikasi kulit, memperbaiki tekstur kulit, serta menyeimbangkan kulit yang bermasalah.

2. Agar lebih maksimal lagi, produk eksfoliasi kulit wajah berbahan arang aktif juga bisa kamu gunakan seminggu dua kali

scrub wajah via thegoldsister.com

Advertisement

Sedang mencari produk eksfoliasi yang bekerja efektif dan maksimal? Pilihlah produk dengan kandungan arang aktif di dalamnya. Kandungan karbon dalam arang aktif ini akan membantu membersihkan pori-pori dari berbagai kotoran sekaligus mengangkat sel kulit mati. Cukup pijat secara lembut dan merata di seluruh wajah selama 30 detik, maka kamu akan mendapatkan wajah yang lebih bersih dan halus. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan secara rutin 2 kali seminggu, ya!

3. Sudah tahu belum, ada spons khusus dari serat tanaman konjac yang ditambah dengan serbuk arang?

spons arang konjac via www.sabu-sabu.com

Para pemilik kulit kombinasi ataupun berminyak bisa jadi jatuh cinta sama spons yang terbuat dari serat tanaman konjac dan serbuk arang bambu ini. Spons ini digunakan agar proses pembersihan wajah terasa lebih mudah. Berbentuk cembung mirip batu apung, spons yang diperuntukan untuk kulit wajah ini nggak hanya mampu membersihkan wajah, tapi juga menyamarkan pori-pori yang besar dan mengatasi minyak berlebih. Tertarik untuk mencobanya?

4. Nggak perlu lagi mengeluh karena jerawat yang bermunculan di tubuh, gunakan saja sabun mandi yang menganding activated charcoal

sabun batang rasa arang via www.brahmabull.in

Sudah banyak beredar sabun mandi yang memiliki kandungan essential oil yang dikombinasikan dari arang aktif. Arang yang berasal dari bambu khususnya, membantu membersihkan tubuh dari kotoran-kotoran dan memiliki aroma yang menyegarkan. Meski terbuat dari arang, namun saat diusapkan ke badan nggak membuat kulitmu menghitam, kok. Jenisnya pun beragam, ada sabun batang ada juga sabun yang berbentuk cair.

5. Selain sabun mandi, arang juga mampu bersihkan dan putihkan gigi. Makanya jangan heran jika ada produk pasta gigi arang seperti ini

pasta gigi via id.pinterest.com

Jika kebanyakan pasta gigi berlomba-lomba menampilkan warna putih, lain halnya dengan pasta gigi berwarna hitam pekat berbahan arang ini. Meski warnanya hitam, pasta gigi ini disebut-sebut punya kemampuan memutihkan gigi dengan maksimal. Nggak hanya itu, kandungan arang di dalamnya juga diklaim mampu menyerap tanin, suatu senyawa yang biasa ditemukan pada kopi dan teh penyebab gigi menguning. Pasta gigi yang mengandung arang juga ampuh mengangkat noda-noda sisa makanan dan minuman yang menempel di permukaan gigi serta menghilangkan bakteri penyebab napas nggak sedap. Berani coba?

6. Nggak hanya masker untuk wajah, manfaat charcoal dalam masker tubuh juga dapat menyerap racun dan melembutkan

masker tubuh via www.brogantatexo.co.uk

Selain masker wajah berbahan arang yang ramai di pasaran, masker tubuh pun bisa dikemas menggunakan arang sebagai bahan utamanya. Kandungan arang yang dilengkapi dengan tanah liat khususnya, dipercaya dapat membantu menyerap racun, melembutkan kulit, dan bikin kulitmu tampak lebih muda.

7. Bahkan deodoran saja sengaja dibuat dengan kandungan serbuk arang untuk membantu menyerap keringat berlebih di badan

Salah satu produk deodoran asal Inggris memiliki kandungan utama berupa bubuk arang dan lycopodium. Deodoran berbentuk bedak tabur ini dipercaya mampu menyerap keringat berlebih tanpa meninggalkan bekas pada pakaian. Meski teksturnya cukup kuno, deodoran yang memiliki warna gelap ini cukup diminati, khususnya bagi mereka yang punya masalah keringat berlebih.

8. Mengandalkan sifat arang sebagai detox dengan menyerap berbagai kotoran, arang juga efektif dimanfaatkan sebagai pembersih kulit kepala atau sampo

produk sampo juga via herb.co

Kamu yang punya masalah rambut berminyak dan ketombe bisa melirik sampo berbahan arang. Kandungan arang cocok digunakan olehmu yang punya jenis rambut normal ataupun berminyak. Aplikasikan sampo berbahan arang atau gosokkan arang secara lembut sebelum keramas. Tapi, tetap perhatikan jumlah dan kuantitas penggunaannya, ya. Mengingat arang juga dapat membuat kulit kepala menjadi kering jika digunakan berlebihan.

Terbukti ‘kan, meski bentuknya nggak cantik, hitam dan terkesan kotor, nyatanya arang punya kemampuan maksimal untuk membersihkan kulit mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Jadi bagaimana? Tertarik untuk mencoba produk kecantikan berbahan charcoal?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya