Memakai rok, apalagi rok panjang merupakan hal yang dinilai cukup ribet bagi kebanyakan mahasiswi. Aktifitas perkuliahan yang padat semisal naik turun tangga, ketemu dosen, makan di kantin, belum lagi kegiatan mahasiswa yang seabrek pasti bikin ribet. Rasanya mengenakan rok panjang menjadi hal ribet untuk dilakukan. Sehingga tak disadari, style kamu untuk ke kampus adalah celana kombinasi jeans-kemeja-jaket organisasi yang diulang-ulang selama seminggu.

Agar gayamu ke kampus nggak gitu-gitu saja, saatnya melirik rok panjang sebagai teman kamu mengikuti kuliah. Selain terlihat lebih feminin dan anggun, memakai rok untuk cewek merupakan tanda sifat profesional. Ikuti inspirasi penampilannya di sini:

1. Saatnya tampil dengan rok hijau zamrud yang membuat pancaran jiwamu terlihat damai dan optimis

Rok hijau zamrud via id.pinterest.com

Kamu yang dinamis dan pecinta alam, wajib hukumnya membawa karakter itu ke dalam busana yang kamu pakai. Salah satunya memakai rok panjang dengan warna zamrud (bukan khatulistiwa) seperti contoh di atas. Namun jika kamu kurang berani, tak perlu memakai atasan crop kok. Cukup dengan kemeja atau kaus berwarna netral misalnya hitam atau putih.

2. Biru ombre seperti ini dijamin akan membuat gebetan kakak angkatan semakin memperhatikanmu tanpa banyak usaha

Rok ombre biru via thefashiontag.com

Advertisement

Rok ombre warna biru ini bisa menemani hari kuliahmu yang padat. Bahannya yang jatuh tak akan membuatmu kepanasan ketika menghadapi hari yang berat. Percayalah, dengan rok panjang yang tepat, kamu akan tetap jauh dari kata ribet kok. Padukan dengan atasan yang simpel dan tanpa banyak aksen. Rok ombremu itu cukup membuat point of view orang jatuh padamu kok.

3. Kamu mahasiswa kesenian? Akan lebih ciamik jika kamu memakai rok berbahan tulle untuk performa seni kamu

rok tulle via thefashiontag.com

Rok tulle, ataupun pakaian yang berbahan dasar tulle memang identik dengan acara formal dan resmi. Namun jangan salah, rok tulle pun tetap bisa kamu bawa ke kampus kok. Tentunya dengan cara yang elegan dan tanpa banyak aksesori. Contoh pakai rok tulle dengan salah: memakai rok tulle warna-warni pelangi. Kamu mau ngampus apa mau fashion show?

4. Tampil dengan sedikit cute sambil memamerkan rok panjangmu berwarna pink yang sangat girly. Padukan dengan atasan yang tidak terlalu ramai

Pink adalah identik dengan cewek via theeverygirl.com

Kamu yang suka warna pink (ngaku saja lah, siapa yang suka mengoleksi atribut pink Hello Kitty?), pasti senang banget dengan rok pink seperti ini. Pink selalu bisa membawa kesan girly dan cheerful. Agar harimu cerahan, tinggalkan sejenak celana jeans dan kemeja flanelmu. Sesekali pakai dulu rok panjangmu yang berwarna pink lucu.

5. Untukmu yang berhijab. Saatnya mengeluarkan koleksi rokmu yang berbahan jatuh agar pesona feminin kamu makin merajalela

rok berbahan jatuh via pesonahijab.net

Rok panjang adalan item utama untukmu yang gemar mengenakan hijab syar’i di kampus. Kenakan rok jatuh dan berbentuk A-line agar bentuk tubuhmu tidak terlalu terlihat jelas. Memakai rok kadang tak melulu bertujuan untuk membuatmu menadi feminin, tetapi juga untuk membuat hijabmu makin sempurna meskipun dibawa ke kampus.

Kita jadi janjian liqo di taman masjid kampus kan, Ukh?

6. Rok motif garis-garis berbahan kaus ini juga cocok untuk kamu yang punya tubuh kurus agar tubuhmu makin berisi

rok garis-garis horizontal via www.amipop.com

Untuk kamu yang punya tubuh kurus, kamu bisa mengakalinya dengan rok bermotif garis agar memberikan siluet berisi pada tubuhmu. Semakin bagus lagi jika bahannya adalah kaus yang super nyaman. Kamu nggak perlu takut kegerahan. Supaya tidak terlihat terlalu ‘dewasa’, kenakan tas ransel kamu yang berisikan laptop dan buku-buku. Semakin menguatkan kesan bahwa kamu anak kuliahan kan?

7. Rok hitam dan kemeja putih tidak hanya dipakai pas ospek atau pendadaran saja, kamu juga bisa memakainya di hari kuliah biasa

rok hitam dan kemeja putih via theeverygirl.com

Keluarkan kembali rok hitammu yang telah lama berada di tumpukan bawah lemarimu semenjak dipakai ospek! Padukan dengan kemeja putih, atau warna yang cerah. Kesan profesional bisa dengan mudah kamu dapatkan. Tak hanya untuk ospek, pendadaran atau ngajar, padu padan hitam putih ini tetap bisa kamu pakai di hari biasa.

8. Tahukah kamu, dengan memakai rok, meskipun atasanmu adalah kaus, nggak terlalu ketahuan kok

Memakai rok panjang berbahan kain bisa menyamarkan atasanmu lho, meskipun kamu memakai kaus. Kesan formal yang didapat dari rok bisa membuat padanannya terlihat biasa aja. Misalnya kamu memakai kaus polos, padukan dengan rok bahan. Dijamin, semua orang tak akan notice bahwa kamu pakai kaos.

Gimana, sudah mendapat inspirasi memakai rok panjang untuk ke kampus? Cocok diterapkan untuk kamu si mahasiswa baru.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!