Kalau kamu berhijab, selektifitasmu dalam memilih baju pastilah tinggi. Sebisa mungkin kamu harus jeli dalam menentukan bahan pakaianmu, supaya nggak menerawang atau terlalu tipis ketika dikenakan. Agak menyita waktu sih, tapi bagi sebagian orang ini justru jadi aktivitas paling menyenangkan sebelum pergi atau keluar rumah. Kamu gini juga nggak nih?

Nah, sebagai cewek berhijab yang jeli dalam memilih baju, sepertinya kamu harus simak artikel dari Hipwee Style kali ini yang membahas tentang bagaimana memadupadankan rok, baju longgar dan hijab supaya tampak sederhana namun menawan. Simak sampai selesai, ya!

1. Meski keduanya longgar, baju dan rok yang didominasi warna pastel ini tak kalah menawan. Bonusnya, kamu bakal kelihatan lebih feminin.

dominasi warna pastel @shellaalaztha via instagram.com

Pergi ke kampus, kerja sampai ke kondangan itu rasanya kurang ‘sreg’ tanpa mix and match baju yang tepat. Seperti blouse longgar, rok rumbai dan hijab berwarna pastel ini, kamu tidak butuh keahlian khusus untuk memadukannya, lho. Cukup cocokkan warna pastel yang senada, supaya fresh dan lebih feminin.

Agar tidak terlalu pucat, sebaiknya kamu ‘mainkan’ sedikit motif pada blouse atau hijabmu, ya.

2. Kalau ada yang bilang rok putih polos kuno, itu cuma mitos! Buktinya dengan kaus panjang longgar dan ikat pinggang ini, dia bisa tampil oke kok ~

Advertisement

siapa bilang rok putih itu ketinggalan zaman? @megaiskanti via instagram.com

Kini, kamu tak perlu ragu untuk memadukan rok putih polos dengan atasan dan hijab apapun. Kesan kuno dan formal tak lagi kentara pada rok putih, kalau kamu PD dan bisa menyiasatinya. Cara menyiasatinya adalah, pilih rok putih berbahan ceruty dan berbentuk mekar seperti payung, lalu padukan dengan kaus panjang gelap yang longgar dan hijab bermotif sesuai seleramu.

Kalau rok putih polos dengan atasan denim gimana? Bagus nggak? Yup. Bagus banget!

rok putih polos dengan atasan denim @joyagh via instagram.com

3. Sesekali, coba tampil berbeda dengan rok longgar yang mengatung. Takkan jadi masalah asal kamu juga mengenakan legging sebagai dalaman wajibnya.

rok longgar agak mengatung @zahratuljannah via instagram.com

Melewatkan waktu saat bersantai atau pergi bersama teman-teman, memang paling pas kalau baju yang dipakai itu praktis dan anti ribet. Kaus polos yang disandingkan bersama rok longgar polos serta sneakers misalnya, dijamin kamu tidak akan kegerahan apalagi ribet dibuatnya. Meskipun modelnya mengatung, ini tak menjadi masalah jika kamu juga mengenakan legging sebagai dalamannya.

4. Atau rok polos yang longgar dengan sweater hangat ini? Hmmm… Cantik!

rok polos longgar vs sweater @thataljundiah via instagram.com

Saking fleksibelnya, rok polos bisa kamu padukan dengan atasan atau hijab apapun. Entah dari bahan, motif atau bentuk outfitnya, rok polos bisa saja kamu ekplorasi menjadi bawahan yang super stylish dan nggak ketinggalan zaman. Nggak percaya? Coba deh kamu matchingkan rok polos longgar dengan sweater kesayanganmu!

5. Atasan kimono, rok polos dan hijab segi empat adalah paket lengkap, buat kamu yang ingin tampak modern namun tetap syar’i.

pakai atasan berbentuk kimono gini yuk! @shellaalaztha via instagram.com

Dengan tidak menonjolkan lekuk tubuh, kamu cewek berhijab sangat disarankan untuk sesekali mengenakan atasan berbentuk kimono. Bentuknya yang longgar dan modern ala Jepang ini juga akan menambah kesan kalau kamu adalah pribadi yang up to date dan suka mencoba hal-hal baru.

Kabar gembiranya, kamu bebas memilih warna dari kimono, hijab atau roknya, karena setelan baju ini cocok dikenakan saat ke acara-acara semi formal hingga formal.

6. Dominasi warna gelap juga takkan gagal membuatmu tampil lebih manis. Seperti Shireen Sungkar, dia memilih rok hitam polos dan atasan longgar berbentuk rompi.

dominasi warna gelap, bikin tambah manis @shireensungkar via instagram.com

Bagi kamu penyuka warna-warna gelap sebagai outfit favorit, pilihan busana ala Shireen Sungkar ini bisa jadi salah satu referensi yang wajib. Pemilihan warna hitam pada rok, biasanya bertujuan untuk ‘bermain’ motif atau warna pada atasan atau hijabnya. ‘Kan nggak lucu kalau dari atas ke bawah pakaianmu ramai akan motif semua? Makanya, pandai-pandai memilih warna ya, Ukh.

7. Kebalikannya, kamu bisa tampak lebih fresh dan ceria dengan rok-rok polos berwarna cerah. Yang penting, jangan sampai ‘menusuk’ mata ya warnanya…

biar lebih cerah, pakai rok polos warna biru @ayuaryuli via instagram.com

Mencoba suasana baru dengan rok polos berwarna cerah itu sah-sah saja, kok. Kamu justru akan tampil lebih fresh dan ceria dengan pilihan warna-warna favorit para desainer, seperti biru, merah muda atau hijau pastel ini. Jangan lupakan pula atasan yang akan kamu pakai, karena rok polos berwarna tak boleh ‘ditabrak’ dengan baju-baju bermotif ramai atau mengandung warna senada.

Gimana, Ukh? Padu padan pakaian hijab sederhana yang mana dulu nih yang mau dicoba? Good Luck, ya!