Artikel Hipwee ini dipersembahkan oleh Citra. Demi mengingatkanmu bahwa kecantikan natural adalah yang paling utama.

Tampil dengan kulit yang kelihatan sehat dan merona jadi keinginan banyak cewek Indonesia. Demi kulit yang terlihat sempurna bahkan banyak cewek tidak keberatan jika harus memasang make up di muka. Pakai lip and cheek stain dan blush on jadi hal yang lumrah biar kulit makin kelihatan “wah.”

Tapi kalau keseringan pakai blush on di muka — apa kabarnya dong kulit kita? Selain kurang sehat bagi wajah, sebenarnya blush on juga bisa jadi sumber masalah. Jika tidak dibersihkan dengan sempurna residunya bisa menyebabkan jerawat dan masalah kulit lainnya.

Nah, untukmu yang ingin tampil dengan kulit merona tanpa harus pakai blush on kali ini Hipwee dan Citra sudah siapkan caranya!

1. Biar Kulitmu Terlihat Merona — Masker Buah Bit Bisa Jadi Jawabannya

Pergilah ke Malang demi menemukan masker bit macam ini via pinterest.com

Buah asli Swedia yang berwarna merah ini memang dikenal punya khasiat oke untuk jadi the fastest remedy for rosy pink skin. Walau jarang didengar namanya sebenarnya buah ini banyak dibudidayakan di dataran tinggi Indonesia, seperti di Batu-Malang dan di Ungaran, Semarang.

Demi kulit merona secara instan kamu hanya perlu menghaluskan beberapa buah bit dengan blender hingga membentuk adonan menyerupai pasta. Kemudian tambahkan bubuk kaolin dalam adonan itu (bubuk kaolin bisa kamu temukan di apotek.) Voila! Dengan adonan ini hanya dalam 20 menit saja kulitmu sudah kelihatan makin merona.

2. Coba Deh, Rutin Pakai Masker dari Campuran Tepung Terigu, Ekstrak Anggek, dan Susu

Tepung Terigu, Ekstra Anggrek, Susu. Rosy Pink Face! via pinterest.com

Rosy pack buat kulitmu ini bisa dengan mudah dibikin di rumah. Yang kamu butuhkan adalah:

  • 3-4 sendok tepung terigu
  • 2-3 kuntum bunga anggrek
  • Susu fermentasi
  • 1 sendok makan cream (bisa menggunakan cooking cream yang dibeli di supermarket)

Campurkan seluruh bahan itu dengan air hingga menyerupai pasta, kemudian oleskan di muka dan tunggu hingga mengering. Campuran bahan alami ini berkhasiat menghilangkan bekas sengatan matahari dari mukamu dan menjadikannya terlihat sehat merona.

3. Skip Tonermu Sesekali lalu Oleskan Apple Vinegar di Pipi. Ini Solusi Buatmu yang Tak Punya Waktu Tapi Ingin Tampil Glowy

Skip your toner, change it to vinegar via tumblr.com

Vinegar terkenal sebagai bahan yang ciamik untuk mempercepat pertumbuhan sel kulit dan juga mempunyai kemampuan untuk membersihkan kulit secara mendalam (deep cleansing).

Kalau kamu ingin tampil dengan kulit merah merona tapi tak punya banyak waktu, oleskan saja sedikit apple vinegar ke kulitmu dengan menggunakan cotton ball. Cara ini bisa mengangkat semua residu kotoran di kulit plus melancarkan peredaran darah di kulitmu, sehingga rona merah itu akan datang sendiri ke wajahmu.

4. Ganti Blush On-mu dengan Perona Alami yang Bisa Kamu Buat dari Stroberi

Daripada pakai blush on, kamu bisa pakai stroberi via tumblr.com

Stok stroberi di kulkas wajib kamu punya kalau ingin punya kulit yang kelihatan merona dengan cara sederhana. Metode membuat muka berseri dengan stroberi ini dipopulerkan oleh Twiggy, model tersohor era 1960-an yang sempat terlalu miskin untuk sekadar membeli blush on.

Cara membuat kulitmu merona dengan cara ini pun mudah:

  • Bersihkan mukamu
  • Potong stroberi jadi 2 bagian (pilih stroberi yang berukuran besar)
  • Oleskan masing-masing bagian stroberi ke pipi kanan dan kiri, sampai warna pink muncul di wajahmu
  • Biarkan cairan dari stroberi mengering, kemudian oleskan moisturizer agar warnanya semakin awet.

5. Scrub dari Campuran Gula dan Kelopak Mawar Bisa Membuat Kulitmu Merona Sekaligus Wangi

Rose Petal Mask. Hmmmm wangi via pinterest.com

Warna merah alami dari bunga mawar bisa kamu manfaatkan untuk memunculkan warna merona sehat di wajah. Caranya juga gampang kok, kamu bisa bikin scrub dari kelopak mawar plus beberapa bahan sederhana lainnya.

Yang kamu butuhkan untuk membuat scrub ini:

  • 1/2 gelas kelopak mawar
  • 1 gelas gula pasir
  • 1/2 gelas virgin coconut oil atau olive oil
  • Minyak aromatherapy yang kamu suka (Hipwee sarankan sih aroma mawar juga, biar matching)
  • Campurkan semua bahan, kemudian haluskan dalam blender hingga membentuk adonan menyerupai pasta. Kalau sudah, tinggal kamu oleskan ke muka, seperti cara biasa kamu mengenakan scrub. Tidak cuma menjanjikan tampilan kulit yang segar merona — cara ini juga bisa membuatmu tampil wangi karena aroma alami dari mawar dan essential oil yang kamu tambahkan.

6. Sebelum Keluar Rumah, Basuh Mukamu dengan Campuran Lemon dan Madu yang Terkenal Punya Banyak Khasiat

Honey and lemon shot mask via theeverygirl.com

Khasiat dari honey and lemon shot yang terkenal oke untuk kesehatan dan menguruskan berat badan itu ternyata juga bermanfaat untuk kulitmu. Campuran lemon dan madu dipercaya bisa membersihkan kulitmu dari berbagai residu kotoran, sehingga mampu menampilkan kilau alaminya.

Caranya juga mudah, kok. Campurkan saja:

  • 1/4 gelas cairan lemon.
  • 3/4 gelas gula
  • 1 sendok makan madu

Oleskan cairan ini ke mukamu selama 1 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Voila! Kulitmu kelihatan lebih segar dan glowy deh sekarang.

7. Sisihkan Waktu Untuk Sekadar Lari di Pagi Hari. Bikin Juga Janji Untuk Makan Banyak Sayur dan Buah yang Bergizi

Lebih banyak makan sayuran dan makanan sehta via img.izifunny.com

Berolahraga dan menjaga asupan makan juga jadi hal yang harus kamu lakukan. Apa artinya melakoni semua langkah alami di atas kalau kesehatan kulitmu tidak dijaga dari dalam?

Mulai hari ini pastikan kamu minum cukup air, minimal 8 gelas sehari. Buah-buahan dan sayur juga tidak boleh kamu hindari karena kandungan vitamin dan mineral yang ada dalam merekalah yang bisa jadi foundation alami bagi kulit yang sehat.

Menyisihkan waktu buat berolahraga juga wajib hukumnya. Terserah kamu mau olahraga apa — lari, yoga, ikutdance class, atau bahkan muai thai. Yang penting badanmu bergerak sehingga peredaran darah dan kulit merona pun lebih mudah didapat.

8. Di Tengah Waktu Luang Kamu Juga Bisa Melakukan Facial Massage Sendiri

Easy facial massage yang bisa kamu lakukan sendiri via pinterest.con

Let’s say kamu punya waktu 20 menit sebelum meeting atau kelas dimulai. Nah, daripada bengong saja kenapa tidak memanfaatkannya untuk melakukan facial massage? Memijat wajah sendiri bisa melancarkan aliran darah dan membuat kulitmu merona merah secara natural.

Caranya:

  • Cari posisi duduk yang paling nyaman untukmu.
  • Pejamkan mata.
  • Pijat mukamu dari bagian dahi, kemudian terus turun hingga ke dagu dengan ujung jari.
  • Berikan waktu lebih untuk memijat bagian pipi demi kelancaran aliran darah dan meronanya wajah di bagian itu.

9. Hargai Diri dengan Hanya Memilih Produk Kecantikan dari Bahan Natural yang Aman dan Alami Buat Kulitmu

Hanya pilih bahan alami yang aman untuk kulitmu via tinypic.com

Sekarang sudah banyak produk kecantikan yang tersebar di pasaran. Mulai dari produk lokal, sampai produk impor berharga mahal. Sebenarnya bukan harganya yang penting, tapi bahan apa yang digunakan oleh produk itu dan apa manfaatnya bagi kulitmu.

Mulai sekarang hanya pilih bahan natural, yang aman dan pastinya sehat untuk kulitmu. Selain demi menjaga kesehatan kulit, hanya memilih bahan alami untuk wajah juga jadi bukti bahwa kamu menghargai kecantikan yang Tuhan titipkan pada dirimu.

Seperti kata Citra Berani Natural, cewek Indonesia harus bangga dengan kecantikan alami yang sudah mereka miliki. Kecantikan alami ini bisa dijaga dengan hanya menggunakan bahan-bahan alami pula di muka.

Citra Pink Orchid series,jadi perawatan yang cocok kamu coba. Moisturizer dan facial foam yang diekstrak dari bunga anggrek asal Korea ini bisa memunculkan rona merah di mukamu secara alami, sekaligus menyehatkan kulitmu tentunya.

Tidak hanya harganya yang terjangkau di kantungmu, Citra Pink Orchid sekarang juga punya kompetisi selfie yang bisa kamu ikuti untuk memamerkan naturalnya kecantikanmu. Hadiahnya pun menarik! Mulai dari Samsung Galaxy S5 dan A3, jadi bintang FTV, hingga tampil menjadi Perempuan Cantik Citra di media digital Rumah Cantik Citra.

Seru ‘kan tampil cantik sekaligus dapat hadiah?

Jadi cara mana yang paling oke menurutmu? Kamu bisa kasih tahu ke Hipwee dan Citra lewat kolom komentar, ya!