Percaya nggak percaya, cara berpakaian memiliki pengaruh yang sangat besar dalam penampilan seseorang. Cara berpakaian yang pas bisa membuatmu bertransformasi dari yang tadinya biasa-biasa saja menjadi luar biasa. Untuk cowok, sebenarnya ada beberapa prinsip-prinsip kecil dalam berpakaian yang bisa membuatmu tampil menawan dibanding cowok lainnya. Mau tahu caranya? Cek yuk.

Prinsip berpakaian ganteng pertama adalah fitting baju. Baju yang memeluk tubuhmu dengan baik dapat menaikkan kadar ketampananmu

yang ngepas yang ganteng via 24-7kpop.com

Fakta. Baju yang ngefit dan memeluk tubuhmu dengan sempurna akan membuatmu tampil jauh lebih bergaya. Tentunya fitting baju adalah sesuatu yang berbeda bagi masing-masing orang. Oleh karena itu, terkadang banyak baju di toko-toko yang nggak ngepas di badan kita terutama jika kamu super kurus, super pendek, atau super tinggi, atau super berisi. Satu-satunya jawaban untukmu adalah dengan merombak bajumu di tukang jahit jika memang baju yang kamu inginkan nggak ngepas di badan. Bahkan sedikit kelonggaran pun efek negatifnya kentara ketika disandingkan dengan baju yang benar-benar pas.

Cowok jangan cuma pake hitam atau putih saja lah, bro. Belajar mengkoordinasi warna bisa menjadi kunci utama terlihat lebih ganteng

abu-abu dan pink lucu via www.stylesha.re

Agar terlihat lebih menawan, bajumu harus mengandung shock value yang berupa padanan-padanan warna. Tapi, bukan berarti asal warna aja lho. Untuk tampil lebih ganteng, kunciya adalah pintar memadukan warna-warna yang tepat. Tentunya hal ini nggak bisa dipelajari dengan cepat. Kamu memang harus belajar dan praktik terus, atau minta pendapat saja sama cewekmu. Pasti dia bisa memberi tahu kenapa dasi merah darahmu lebih cocok sama kemeja hitammu atau kenapa kemeja pink mudamu cocok banget sama celana biru dongker.

Untuk si kurus, layering bisa menjadi tips berpakaian nomor satu. Tapi layering juga ada kuncinya, bro

Advertisement

kemeja yang dilayer dengan sweater tipis. keren! via blog.serbags.com

Layering bukanlah hal yang cukup familiar di Indonesia memang karena iklim kita yang panas. Meskipun begitu, kadang cowok butuh melayer pakaiannya di acara-acara tertentu seperti pergi ke kantor dengan kemeja, rompi, dan jas, atau ketika kamu ingin hangat dengan memakai kaos, kemeja, lalu jaket. Tentunya dalam mode, layering dilakukan bukan untuk menghangatkan tubuh, tapi untuk estetika semata, dan hal itu nggak ada salahnya. Kunci dalam layering ada dua, yaitu di koordinasi warna yang tepat dan juga bahan yang setipis mungkin. Ketika kamu kepanasan dengan pakaian yang dilayer, kamu bisa melepas satu artikel pakaian tanpa kehilangan estetika yang kamu ingin capai. Ketika kamu sudah mulai adem, tinggal pakai lagi deh layer tersebut.

Mengikuti tren untuk terlihat muda dan ganteng itu wajib, asal jangan asal diikutin

boyish dan minimalis, tren cowok terbaru via www.gq.com

Iya sih, mengikuti tren itu wajib hukumnya jiga kamu memang pria yang mencintai fashion dan style. Mungkin kamu pintar memadukan warna, pintar melayer baju, dan pintar ngepas baju, tapi kalau style kamu nggak trendi, sama saja bohong deh. Meskipun begitu, jangan asal ikut-ikutan tren ya. Kamu harus bisa menyesuaikan tren dengan gayamu. Dan yang paling penting, kamu harus bisa melihat tren tersebut di 10 hingga 20 tahun ke depan dan kamu nggak bakal malu pernah kayak gitu. Belajar dari emak dan bapak kita dan rambut jumbo di 70an yang bikin malu ketika dilihat sekarang. 😉

Aksesoris pria memang nggak banyak, tapi bukan berarti kamu bisa asal tumpuk lho

kacamata dan jam tangan saja cukup untuk dipakai sebagai aksesoris untuk tampilan yang lebih keren via iamalexfinch.net

Variasi baju cowok memang nggak banyak sih. Paling, di lemari baju kamu cuma ada beberapa kaos, kemeja, jeans, dan celana bahan. Oleh karena itu, aksesoris bisa menjadi sesuatu yang menambah nilai gaya tampilan kamu. Tentunya kamu wajib punya aksesoris seperti jam tangan, sabuk, dasi, dan mungkin penutup kepala. Tapi, karena aksesoris pria yang nggak banyak, bukan berarti kamu bisa asal tumpuk. Mungkin memakai gelang manik-manik sepuluh biji dan masih di tambah dengan jam tangan justru akan menjadikan tampilanmu semakin tidak bergaya.

Dan yang paling penting dari semua tips, tampilkan kepribadianmu di caramu berpakaian

be yourself! via www.youtube.com

Setelah kamu melakukan lima langkah di atas dengan sempurna, yang paling penting untuk diingat adalah selalu jadi dirimu sendiri. Tampilkan kepribadianmu di dalam caramu berpakaian karena saat itulah kamu menjadi versi dirimu yang paling menarik.

Dengan menguasai 6 langkah mudah di atas, kamu pun bisa selalu tampil maksimal dan pastinya menarik di mata orang lain, terutama para wanita. Nggak percaya? Buktikan saja sendiri, bro!

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!