Sukses tak melulu identik dengan uang dan materi. Lebih dari itu, sukses juga berarti produktivitas dan kualitas hidup yang tinggi. Selain itu, pola hidup dan kebiasaan sehari-hari terbukti juga jadi penentu kesuksesan seseorang. Maka untuk mencapai titik kesuksesan, tak cukup jika kita hanya bekerja keras dengan “buta”.

Uniknya, orang-orang sukses di luar sana ternyata punya kebiasaan atau kecenderungan yang serupa. Perkara apa yang mereka simpan atau miliki di rumah terbukti mendukung usaha mereka dalam mencapai sukses dan keberhasilan. Nah, benda atau hal-hal apa saja yang mereka punya di rumah, dan apakah kita bisa mencontohnya?

1. Salah satu kebiasaan orang sukses adalah bangun pagi. Mereka mengandalkan jam weker sebagai penanda dimulainya hari

jam weker biar selalu bangun pagi via mobilecrazies.com

Jam weker adalah benda pertama yang wajib kamu punya. Pasalnya, suaranya yang keras akan membangunkanmu setiap pagi; mengingatkanmu bahwa banyak hal yang harus segera kamu kerjakan. Suara jam weker akan menyadarkanmu bahwa satu-satunya yang harus kamu lakukan adalah bangun untuk menjelang hari.

Yang pasti, rejeki bukan milik mereka yang lebih suka bermalas-malasan atau bahkan bangun siang. Jika ingin mencapai kesuksesan, kamu harus bangun dan segera bergerak untuk menjalani rutinitas pekerjaan.

2. Demi bisa maksimal bekerja, kondisi tubuhmu harus tetap prima. Menyimpan barbel dan matras yoga jadi cara sederhana agar kamu tak lupa olahraga

Advertisement

barbel buat olahraga via lifeandfitnessbyashley.blogspot.com

Bagi mereka yang sudah mencapai kesuksesan, perkara kesehatan dan kebugaran tubuh adalah kebutuhan utama. Salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat bisa dilakukan dengan rajin berolahraga. Namun, kamu tak harus menyediakan treadmill di rumah jika memang harganya terlalu mahal.

Cukup sediakan beberapa alat olahraga yang murah meriah untuk dipakai setiap hari: matras yoga, tali skipping, atau barbel misalnya. Dengan begini, jarak tempat fitness yang terlalu jauh atau cuaca yang membuatmu malas keluar rumah bukan lagi alasan untuk absen berolahraga setiap harinya.

3. Proses menuju kesuksesan kadang terasa terjal dan berliku. Sediakan buku-buku motivasi sebagai penyemangat agar kamu terus melangkah maju

buku motivasi biar kamu lebih semangat via www.andriapriyadi.com

Orang yang paling sukses di dunia ini pun pernah mengalami kegagalan sebelumnya. Yang menyelamatkan mereka adalah kemampuan mereka untuk memotivasi diri sendiri. Kamu pun bisa mengasah kemampuan itu lewat buku motivasi.

Yup, buku motivasi biasanya berisi cerita tentang bagaimana orang-orang sukses bisa meraih kesuksesan, cara belajar dari kegagalan, menghadapi rintangan, atau cara menjalankan bisnis yang baik dan sehat. Dengan membaca buku-buku ini, kamu akan terus terinspirasi untuk bisa berusaha lebih baik dalam meraih mimpi dan cita-citamu sendiri.

4. Supaya bisa fokus dan konsentrasi, kamu butuh ruang kerja yang nyaman ditempati

ruang kerja yang nyaman dan tenang via theluxhome.com

Kadang orang-orang sukses butuh waktu untuk bekerja di rumah. Maka, tentu saja mereka butuh tempat yang terpisah dari aktivitas seluruh keluarga. Sebuah ruangan yang nyaman tanpa gangguan dari siapapun sehingga bisa maksimal pada pekerjaan.

Mengapa tempat seperti ini dibutuhkan? Alasannya, bekerja dengan fokus dan konsentrasi yang maksimal membuat pekerjaan jadi lebih cepat selesai. Misal: kamu butuh waktu 4 jam untuk menyelesaikan pekerjaanmu di depan TV, maka kamu hanya butuh 2 jam ketika bekerja di ruang kerja khusus. Bahkan, hasil pekerjaanmu pun hampir pasti akan jauh lebih baik.

5. Sukses tak bisa diraih jika kamu asal-asalan berusaha. Siapkan buku catatan untuk menuliskan setiap tujuan dan rencana

buku catatan untuk menuliskan pencapaianmu via thirteen1999.wordpress.com

Ada 3 jenis gol dalam perjalanan meraih kesuksesan. Gol jangka panjang yang biasa kamu buat saat tahun baru, gol jangka pendek untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan tertentu, dan gol sehari-hari yang biasanya bertujuan mengubah kebiasaan buruk menjadi lebih baik.

Nah, orang-orang sukses biasanya pintar mengatur ketiga jenis gol tersebut. Cara yang paling mudah untuk mengingat semuanya adalah dengan menuliskan gol-gol itu dalam buku catatan khusus. Jadi, saat semangatmu kendur atau kamu mulai mengabaikan gol-mu, kamu pun bisa dengan mudah membuka dan membacanya lagi. Sebaiknya, pilih buku catatan yang praktis, berukuran kecil, dan mudah dibawa kemana-mana.

6. Selalu sedia pulsa telepon dan internet memungkinkanmu terkoneksi dengan rekan kerja dan bisa memantau pekerjaan kapan saja

sambungan telepon dan koneksi internet via www.twlvoiceanddata.co.uk

Pekerjaan terkadang tak selesai dikerjakan di kantor. Saat tugas-tugas kantor sedang banyak-banyaknya seringkali kamu pun harus menyelesaikannya di rumah setelah jam kantor atau saat akhir pekan. Inilah alasannya mengapa selalu sedia pulsa telepon dan pulsa internet adalah sebuah keharusan.

Keduanya akan memungkinkanmu terkoneksi dengan rekan kerja maupun atasan. Selain itu, kamu pun bisa memanfaatkan komputer jinjing agar bisa bekerja dari mana saja dan kapan saja. Selain pekerjaan jadi lebih cepat selesai, kamu juga selalu bisa update informasi terbaru yang kaitannya dengan perkara pekerjaanmu.

7. Memilih meja kerja bukan perkara sederhana. Maka, pilihlah jenis meja ergonomis yang lebih nyaman dan aman digunakan

memilih meja kerja yang paling tepat via www.latimes.com

Kamu mungkin pernah mendengar bahayanya duduk terlalu lama. Padahal, sehari-harinya kamu menghabiskan lebih dari 8 jam duduk di belakang meja dan menyelesaikan pekerjaan di kantor. Ancaman sakit punggung, nyeri di leher, hingga cidera tulang pun bisa jadi menghantuimu.

Untuk mengatasi kemungkinan buruk yang terjadi, sebaiknya pilih meja kerja yang ergonomis atau mendukung fisikmu. Kamu bisa juga menggunakan dua meja kerja sekaligus: meja kerja duduk dan meja kerja berdiri. Dengan begitu kamu mungkin bisa membagi waktu kerjamu supaya bisa menggunakan dua meja kerja tersebut secara bergantian.

8. Spidol dan papan tulis wajib kamu punya, karena semua gol dan mimpimu bisa divisualisakan di sana

visualisasi dari gol-golmu via brightwomanmagazine.com

Gunakan spidol dan papan tulis, lalu gambarkan gol-gol yang ada di kepalamu. Gambarkan pula setiap pencapaianmu melalui grafik atau diagram, supaya kamu mengerti sejauh mana usahamu selama ini untuk mencapai gol-mu sendiri.

Dengan begitu, kamu bisa tahu dengan pasti, seberapa banyak yang sudah kamu capai dan seberapa yang masih harus kamu kerjakan. Buatlah visualisasi sekreatif mungkin karena hal itu akan membuatmu semakin bersemangat untuk berjuang.

9. Agar tetap sehat, tubuhmu harus mendapat asupan makanan lengkap. Isi lemari es di rumahmu dengan buah dan sayuran yang kaya manfaat

kulkasmu harus berisi makanan-makanan sehat via foodscienceofvermont.com

Tubuh yang sehat adalah suatu keharusan. Orang-orang sukses menyadari bahwa untuk bisa bekerja secara maksimal dibutuhkan tubuh yang sehat dan selalu prima. Pasalnya, tubuh sehat inilah yang akan menghasilkan pikiran yang jernih dan kinerja yang maksimal.

Salah satu yang menentukan kondisi tubuhmu adalah perkara asupan makanan. Jadi, sebaiknya mulai hindari makanan atau minuman tidak sehat seperti junk food atau bir. Sebagai gantinya, mulai perbanyak konsumsi buah dan sayuran segar agar kemampuan berpikirmu lebih optimal dan energi untuk menjalankan kegiatan sehari-hari pun lebih maksimal.

10. Setiap momen dengan keluarga layak dimanfaatkan sebaik-baiknya. Dekorasi ruang makanmu agar nyaman digunakan saat ingin kumpul bersama

ruang makan tanpa tv tempat berkumpul bersama keluarga via technani.com

Orang-orang sukses telah belajar bagaimana caranya menyeimbangkan antara karir dan keluarga. Pastikan ada saat-saat dimana waktu bersama keluarga benar-benar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Saat makan malam adalah salah satu contoh quality time bersama keluarga.

Maka, sebaiknya ruang makan dan dapur didesain senyaman dan seindah mungkin. Akan lebih baik pula jika di ruang makanmu tidak tersedia TV. Pasalnya, TV justru akan mengganggu konsentrasimu untuk berinteraksi secara langsung dengan keluarga.

11. Selesai menjalani rutinitas kerja, sisihkan waktu demi bisa mengakrabi hobi dan sejenak menjauh dari gadget-mu

pilih hobi yang menjauhkanmu dari layar gadget via www.foodwise.com.au

Jika sehari-harinya kamu sudah menghabiskan banyak waktu buat bekerja di depan layar komputer, maka sebaiknya hindari hobi seperti main game atau nonton film. Hal ini lantaran mata dan otakmu butuh diistirahatkan dari kegiatan yang berkaitan dengan gadget. Sisakan waktumu untuk mengakrabi hobi yang lebih “ramah” bagi mata dan otakmu, misalnya berkebun, bersepeda, bermain musik atau melukis. Yang pasti, hobi-hobi itulah yang akan sekaligus berfungsi sebagai terapi bagi tubuhmu.

Nah, gimana? Sudahkah kamu mempunyai benda dan hal-hal di atas? Kesuksesan tidak akan bisa diraih jika fokusmu hanya kerja dan kerja. Lebih dari itu, kesuksesan hanya bisa didapat jika kamu bisa menyeimbangkan segala hal dalam hidupmu. 🙂