Menjaga produktivitas adalah hal yang tidak mudah. Mempertahankan performa dalam pekerjaan membutuhkan kerja keras dan konsistensi. Tidak jarang orang merasa kebingungan: bagaimana ya agar bisa terus produktif di saat kerja? Bagaimana caranya agar kualitas pekerjaan yang dihasilkan selalu baik?

Di artikel ini Hipwee akan memberikan 15 cara yang bisa kamu pakai untuk meningkatkan produktifitasmu. Cara-cara ini terdiri dari hal-hal praktis yang bisa kamu lakukan di pagi, siang dan sore hari. Jika kamu mempraktekkannya, dijamin deh produktivitasmu akan meningkat!

Taktik Di Pagi Hari

1. Minum Segelas Air Setelah Bangun Tidur

Setelah bangun tidur, segeralah minum segelas air via majalatouki.com

Jangan langsung mandi dan berdandan setelah bangun tidur. Ambil waktu untuk minum segelas air sebelum kamu memulai kegiatan. Kedengerannya sederhana, tapi minum segelas air terbukti bisa “membangunkan” fungsi organ tubuhmu yang sudah diistirahatkan semalaman.

Air bertindak seperti pelumas yang akan kembali menggerakkan seluruh organmu dengan halus. Setelah minum segelas air kamu akan merasa lebih segar dan siap menjalani berbagai kegiatan di hari itu.

2. Pikirkan Dan Lihat Kembali To Do Lists Hari Itu Sebelum Mulai Berkegiatan

Advertisement

Mulai hari dengan memikirkan hal yang harus kamu lakukan via triplethreatpress.tumblr.com

Cara ini sangat sederhana, tapi jarang orang yang bisa konsisten melakukannya. Setelah bangun dan bersiap, pikirkan ulang apa saja hal yang harus kamu kerjakan pada hari itu. Visualisasikan pekerjaan yang harus kamu lakukan, bayangkan apa saja yang perlu kamu lalui.

Cara ini akan membuatmu lebih jernih memandang tujuan yang harus kamu capai pada hari tersebut. Selain itu cara ini juga bisa membuatmu lebih termotivasi dalam mencapai tujuan yang sudah kamu canangkan.

3. Mulai Hari Dengan Sarapan Sehat

Mulai harimu dengan sarapan sehat via garden-of-vegan.tumblr.com

Jangan pernah memulai hari dengan perut yang kosong. Sarapan adalah hal penting yang bisa mempengaruhi produktivitasmu di hari itu. Mengawali hari dengan perut yang tidak terisi akan membuatmu tidak bersemangat dan kurang konsentrasi. Belum tengah hari bisa-bisa kamu sudah keroncongan dan memikirkan makanan.

Selalu sediakan waktu untuk makan sesuatu sebelum kamu beranjak pergi dari rumah. Tidak perlu yang ribet kok, bahkan oatmeal dan setangkup roti tawar juga sudah cukup untuk membantumu bertahan menghindari kelaparan sampai waktu makan siang datang.

4. Berolahragalah, Atau Minimal Regangkan Tubuhmu Sebelum Memulai Hari

Berolahragalah sebelum memulai hari via jvrunnerprobs.tumblr.com

Dalam artikel “Kebiasaan Unik yang Justru Membuat Orang-Orang Sukses” Hipwee pernah mengangkat cerita tentang betapa orang-orang sukses tidak pernah melupakan olahraga dalam hari-hari mereka. Yup, olahraga memang berperan penting untuk memberimu pikiran yang lebih jernih sebelum memulai aktivitas.

Bangunlah lebih pagi untuk melakukan olah raga yang kamu sukai. Apapun yang kamu rasa paling menyenangkan untuk dilakukan. Mulai dari lari, renang, sampai fitness. Kalau kamu benar-benar tidak punya waktu untuk berolahraga di pagi hari, ganti dengan kegiatan peregangan tubuh setelah bangun tidur.

Menggerakkan badan — baik lewat peregangan maupun aktivitas olahraga selepas bangun tidur — akan membuatmu merasa lebih “siap” menjalani berbagai kewajiban yang sudah menunggu.

5. Berkaca Dan Tersenyumlah Pada Dirimu Sendiri

Tersenyum pada diri sendiri bisa meningkatkan mood via anactofgenerosity.org

Tampilkan penampilan terbaikmu sebelum kamu keluar dari rumah. Selalu buat dirimu merasa nyaman dan percaya diri. Buat dirimu secantik dan setampan mungkin. Pakailah pakaian yang bisa meningkatkan kepercayaan dirimu, jangan malas menyapukan sedikit make-up yang bisa membuatmu terlihat segar.

Bawa dirimu yang sudah dalam kualitas terbaik itu ke depan kaca. Kemudian tersenyumlah pada bayangan yang tampak di depan matamu itu. Tersenyum pada dirimu sendiri di depan kaca terbukti dapat meningkatkan mood-mu. Rasa malas dan berat menjalani hari bisa sedikit berkurang ketika kamu melihat pantulan orang yang berpenampilan menarik nan ceria di depan matamu.

Taktik Untuk Siang Hari

1. Bawa Fokusmu Untuk Menyelesaikan Hal yang Paling Penting Terlebih Dulu

Selesaikan hal yang terpenting lebih dahulu via staceyaltamirano.com

Kebanyakan orang memulai hari mereka justru dengan tidak melakukan apa-apa. Sampai di tempat kerja, bukannya langsung tancap gas mengerjakan tugas, eeh…malah asyik buka laman media sosial. Karena itu penting bagimu untuk selalu tahu hal apa yang paling penting kamu selesaikan di hari itu.

Fokuskan perhatianmu untuk menyelesaikan hal tersebut. Tumpahkan seluruh kemampuan dan konsentrasimu demi menghasilkan karya terbaik. Singkirkan dulu tugas-tugas lain dari pikiranmu.

Lho? Jadi nanti seharian cuma bisa mengerjakan satu tugas dong? Tenang, nggak kok! Justru saat kamu bisa fokus ke satu tugas terpenting di hari itu dan berhasil menyelesaikannya, kamu akan makin terdorong untuk menyelesaikan tugas-tugas lainnya. Kepuasan saat bisa menyelesaikan tugas yang paling berat akan memberikan efek domino yang bisa memberimu semangat untuk merampungkan kewajiban selanjutnya.

2. Bekerjalah Dengan Super Fokus Selama 25 Menit, Kemudian Beri Waktu 2-3 Menit Untuk Beristirahat

Terapkan sistem podomoro dalam pekerjaanmu via bohoinsummer.tumblr.com

Terus menerus menggeber fokus justru tidak baik bagi kualitas pekerjaanmu. Bukannya produktif, kamu malah bisa kelelahan ditengah usaha mengerjakan tugas dan menyerah sebelum selesai. Karena itu penting untuk memberikan dirimu waktu beristirahat agar bisa kembali mengisi bahan bakar bagi konsentrasi.

Teknik termudah yang bisa kamu terapkan adalah teknik Podomoro, yang pernah Hipwee tulis di artikel ini. Atur penghitung waktu mundur di ponselmu selama 25 menit. Manfaatkan waktu tersebut untuk benar-benar fokus pada pekerjaan yang kamu lakukan. Setelah waktu 25 menit habis berikan 2-3 menit bagimu untuk beristirahat. Ulangi lagi teknik Podomoro sampai tugasmu selesai.

3. Kenali Dan Hindari Hal-Hal yang Bisa Membuang Waktumu

Hindari hal yang bisa membuang waktumu via galleryhip.com

Semua orang memiliki distorsi konsentrasi yang berbeda-beda. Bagimu mungkin distorsi bisa datang dari media sosial atau berbincang dengan rekan kerja. Atau justru dari bengong dan melamun terlalu lama. Apapun itu, cobalah kenali dirimu sendiri. Temukan hal apa yang paling banyak membuat fokusmu teralihkan.

Jika sudah mengetahui sumber distraksi terbesarmu, lakukan sesuatu untuk menyingkirkannya. Tegaslah pada dirimu sendiri untuk tidak melakukan hal-hal tersebut sepanjang waktu kerja atau waktu belajar. Jadikan hal-hal yang membuatmu tidak produktif itu jadi “hadiah” yang baru bisa kamu lakukan setelah tugasmu selesai.

Selama ini kamu membuang banyak waktu karena mengecek Twitter dan Path? Yuk, mulai mengubah kebiasaan. Cobalah untuk benar-benar fokus pada pekerjaan selama 25 menit sesuai teknik Podomoro yang dijelaskan diatas. Baru setelah waktu fokus sepanjang 25 menit berhasil terlewati, kamu boleh membuka laman jejaring sosial itu selama 3 menit. Lebih menantang, ‘kan?

4. Ucapkan Kalimat-Kalimat Afirmasi Dan (Kembali) Visualisasikan Tujuan yang Ingin Kamu Capai

Kalimat afirmasi bisa membuatmu merasa lebih baik via hallow1791.deviantart.com

Visualisasi tidak hanya kamu perlukan di pagi hari sebelum memulai aktifitas. Menciptakan gambaran tentang hal yang ingin kamu capai juga diperlukan di tengah hari, ketika sudah makin banyak distraksi yang mampir padamu. Membayangkan rasa lega dan kepuasan ketika tujuan hari itu tercapai bisa membuatmu tetap berada  di jalur yang tepat.

Penting juga bagimu untuk mengucapkan kalimat afirmasi yang bisa menimbulkan semangat dan menyingkirkan pikiran buruk. Seperti:

  • “Hehe, gak papa. Ini cuma kejutan aja kok,” ketika bos atau klien memarahimu
  • “Semua baik-baik saja. Ini pasti selesai,” saat deadline makin dekat dan masih banyak yang harus diselesaikan
  • “Ini kesalahan yang pasti bisa diperbaiki,” waktu kamu melakukan kesalahan yang cukup fatal ditengah pekerjaan

Kalimat-kalimat afirmasi seperti diatas akan memberikanmu sudut pandang yang lebih positif. Kamu pun jadi merasa lebih mampu menyelesaikan tugas yang sedang kamu kerjakan.

5. Manfaatkan Waktu Perjalanan Untuk Mendengarkan Sesuatu yang Bermanfaat

Manfaatkan waktu perjalananmu untuk mendengarkan sesuatu via kraculta.deviantart.com

Produktivitas tidak hanya bisa diciptakan di tempat kerja, kampus atau sekolah. Kamu juga bisa mulai membentuknya dari perjalananmu menuju tempat kegiatan. Daripada bengong nggak jelas, lebih baik manfaatkan waktu perjalanan untuk mendengarkan sesuatu yang bermanfaat bagi tugas yang akan kamu kerjakan.

Perkembangan teknologi dewasa ini memungkinkan kamu bisa mengunduh berbagai podcast tentang beragam topik. Kamu bisa mendengarkan diskusi soal sastra, teknologi bahkan ekonomi dari gadget-mu. Kalau malas mengunduh, cukup cari saja siaran radio yang informatif.

Gunakan indra pendengaranmu untuk mengakses informasi yang bisa menambah pengetahuanmu. Jika kebiasaan ini rutin kamu lakukan selama 5 tahun, kamu akan menyadari ada perubahan dalam pengetahuanmu yang datang tanpa banyak usaha.

Taktik Meningkatkan Produktivitas yang Bisa Kamu Lakukan Di Sore Dan Malam Hari

1. Berolahragalah Lagi Setelah Menyelesaikan Aktivitasmu

Berolahragalah lagi di akhir hari via swimmingquotes.tumblr.com

Robin Sharma, penulis buku mengenai produktifitas menjelaskan pentingnya berolahraga (lagi) setelah menyelesaikan aktivitas di hari tersebut. Olahraga bukan hanya proses menggerakkan tubuh dan berkeringat, tapi juga bisa jadi cara untuk mengosongkan pikiranmu.

Dengan berolahraga akan ada pasokan oksigen dalam jumlah besar yang masuk ke otakmu. Dampaknya kamu akan merasa lebih segar dan tenang untuk menutup hari. Tidak perlu harus olahraga berat kok, sekedar jogging atau jalan-jalan ringan juga sudah cukup.

2. Sempatkan Waktu Untuk Membaca Selama 30 Menit Sebelum Tidur

Sisihkan waktu 30 menit untuk membaca sebelum tidur via momentumbooks.com.au

Taktik ini perlu kamu lakukan agar bisa terus mengembangkan diri. Mengalokasikan waktu selama 30 menit sebelum tidur untuk membaca bisa membawa perubahan besar dalam hidup jika kamu lakukan dalam jangka panjang. Jika kamu bisa konsisten menyisihkan waktu setiap hari selama 30 menit untuk membaca, kamu akan bisa menyelesaikan 2 buku dalam 1 bulan.

Dalam 2 tahun kamu akan bisa membaca sekurangnya 48 buku. Pencapaian yang besar, ‘kan? Hanya butuh konsistensi dan investasi waktu yang tidak terlalu banyak, pula. Yuk dicoba mulai sekarang demi meningkatkan pengetahuanmu.

3. Bermeditasi untuk Menciptakan Pikiran yang Lebih Jernih

Meditasi bisa menjernihkan pikiranmu via www.huffingtonpost.com

Meditasi dipercaya bisa memberikan ketenangan dan menciptakan pola pikir yang lebih jernih. Orang yang rutin bermeditasi akan lebih peka terhadap isyarat yang diberikan oleh tubuhnya sendiri. Selain itu meditasi juga terbukti bisa meningkatkan konsentrasi dan memberimu tempat untuk mencari ketenangan ketika dihadapkan pada masalah.

Untuk membuat meditasi jadi sebuah kebiasaan, kamu membutuhkan latihan dan konsistensi. Mulailah selama beberapa menit sehari, lalu perlahan-lahan buatlah waktu meditasimu menjadi lebih panjang. Video ini bisa memberikan gambaran bagaimana kamu bisa mulai menjadikan meditasi sebagai hal rutin yang kamu lakukan setiap hari.

4. Tuliskan Hal yang Perlu Kamu Lakukan Di Keesokan Hari

Tuliskan hal yang perlu kamu lakukan keesokan hari via www.planestrainsandrunningshoes.com

Penting untuk merencanakan hal yang perlu kamu lakukan di keesokan hari dari malam sebelumnya. Dengan perencanaan yang matang kamu tidak akan merasa gugup dan terburu-buru saat harus melakukan eksekusi keesokan harinya. Otakmu sudah punya cukup waktu untuk memproses informasi, secara mental kamu sudah lebih siap menghadapi berbagai tantangan yang akan datang.

Biasakan dirimu untuk rutin menuliskan target yang ingin kamu capai di hari selanjutnya, sesaat sebelum tidur. Dengan cara ini otak dan tubuhmu akan jadi siap lebih dulu, sebelum benar-benar dihadapkan pada usaha mencapai target tersebut di hari setelahnya.

5. Jangan Sampai Kurang Tidur

Istirahat cukup sangat berpengaruh bagi produktivitasmu via stefannysite.blogspot.com

Usaha meningkatkan produktivitas itu bisa diibaratkan seperti lari maraton. Kamu perlu terus menjaga kecepatan lari agar bisa sampai di tempat tujuan. Jika tenagamu habis digeber sejak awal seperti saat sedang lari sprint, kamu justru akan keok ditengah jalan.

Waktu tidur yang cukup amat penting bagi produktivitasmu. Otakmu tidak akan bisa bekerja dengan baik jika kamu merasa lemas dan mengantuk karena kurang istirahat di malam sebelumnya. Bukannya produktif, bisa-bisa kamu malah cuma malas-malasan seharian. Jadi, sesibuk apapun kamu, usahakan untuk tetap mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.

Gimana? Siap untuk jadi orang yang produktivitasnya meningkat 2 kali lipat? Dengan mengaplikasikan 15 cara diatas, perlahan-lahan kamu akan merasa jadi orang yang lebih produktif. Semoga berhasil!