Mencari beasiswa memang gampang-gampang susah. Perlu perjuangan dan effort yang nggak sedikit. Tapi jika kamu berhasil, rasanya akan senang luar biasa. Selain biaya kuliah yang ditanggung, gengsi tentunya juga didapat. Penerima beasiswa juga biasanya akan mudah dalam mendapatkan pekerjaan. Dengan segala keuntungan tersebut, nggak heran kalau banyak orang ingin bisa melanjutkan sekolah melalui jalur beasiswa.

Ada banyak cara untuk bisa mendapatkan beasiswa, salah satunya dengan rajin mendatangi pameran beasiswa. Seperti pameran kebanyakan, kamu akan menemukan banyak booth dimana booth tersebut berisi universitas atau lembaga penyedia jasa beasiswa baik dalam maupun luar negeri.

Kalau kamu memang sedang dalam proses mencari beasiswa untuk melanjutkan studi, nggak ada salahnya untuk sering-sering menyambangi pameran beasiswa yang sedang digelar di kotamu. Karena ternyata banyak sekali keuntungan yang bisa didapat. Nggak percaya? Ini dia buktinya.

1. Informasi yang didapat lebih detail dari sekedar browsing di Internet. Baik tentang universitas tujuan maupun beasiswa itu sendiri

Banyak mendapatkan informasi via www.harnas.co

Kalau biasanya kamu cuma bisa browsing untuk mencari informasi tentang beasiswa, dengan datang ke pamerannya kamu akan mendapatkan lebih banyak informasi secara detail dari apa yang biasa kamu dapat di internet.

2. Melalui pameran, kamu bisa ketemu sama pengurus universitas atau beasiswanya langsung

Advertisement

Ketemu sama pengurusnya langsung via www.med.sc.edu

Di pameran beasiswa tersebut, kamu juga berkesempatan untuk meet in person sama pengurus beasiswa baik dari universitas atau lembaga penyedia beasiswa yang ada. Yang perlu diingat, catat baik-baik apa yang akan kamu tanyakan dan apa yang ingin kamu tahu. Jangan sampai kamu menyesal setelah pulang dari pameran beasiswa yang kamu datangi karena ada satu atau dua pertanyaan yang terlewat.

3. Pameran beasiswa ini bisa juga lho dijadikan ajang untuk belajar bahasa Inggris

Belajar ngomong pakai bahasa inggris via www.uonbi.ac.ke

Datang ke pameran beasiswa yang banyak menawarkan beasiswa luar negeri juga bisa menjadi ajang belajar bahasa inggris karena kamu akan banyak bertemu orang asing di sana. Jangan sia-siakan kesempatan ini, beranilah memulai percakapan dengan mereka karena ini menjadi sarana latihanmu untuk berkomunikasi dengan bahasa yang akan kamu gunakan sehari-hari jika lolos beasiswa tersebut nantinya.

4. Ketemu dengan beberapa orang yang sudah mendapatkan beasiswa sebelumnya akan menjadi motivasi tersendiri

mendapat suntukan motivasi via www.bakrie.ac.id

Kamu juga akan bertemu langsung dengan para penerima beasiswa sebelumnya. Tentunya hal ini menjadi motivasi tersendiri agar nantinya kamu akan bisa mendapatkan beasiswa yang sama seperti yang sudah mereka dapatkan. Jangan lupa untuk sharing dan ngobrol tentang banyak hal mengenai program beasiswa yang mereka ikuti. Meminta kontaknya juga nggak ada salahnya, lho. Jika suatu ketika kamu membutuhkan mereka, kamu tinggal menghubunginya lewat nomor atau email yang diberikan.

5. Dengan mendatangi pameran beasiswa, wawasanmu juga akan bertambah makin luas

Wawasan makin luas via www.bakrie.ac.id

Pameran beasiswa memang biasanya diikuti oleh banyak sekali universitas dan lembaga penyedia beasiswa mulai dari yang hanya sekedar short course, S1, S2, bahkan sampai S3. Dengan mendatanginya, kamu bisa mendapatkan wawasan yang lebih luas. Kamu juga makin mengerti tentang berbagai prosedur yang harus ditempuh, berkas-berkas yang harus dikumpulkan, serta bagaimana caranya untuk bisa hidup di negeri orang.

Terbukti ‘kan kalau banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika kamu berkunjung ke pameran beasiswa? Ada baiknya kamu juga menggali informasi lebih lanjut mengenai pameran yang akan kamu kunjungi. Universitas atau lembaga apa saja yang ada di dalamnya, dari kawasan negara mana pameran itu diikuti dan beasiswa apa saja yang ditawarkan. Well, semoga beruntung ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya