Ujian Nasional sudah di depan mata. Artinya, di tahun ini kamu akan lulus dari SMA. Senang? Pastinya! Karena kamu sudah tidak lagi jadi anak sekolahan dan berani menanggalkan seragam putih abu-abu.

Tapi, biasanya kamu akan galau kalau ditanya ‘mau lanjut kemana abis ini?’. Selain galau dengan banyaknya pilihan jurusan yang bisa diambil, akan ke kampus mana untuk kuliah nanti juga jadi keputusan yang cukup bikin pusing. Apalagi kalau sudah memikirkan biayanya. Uang masuk, ditambah biaya hidup jika harus pindah kota dan tinggal di kost-an, uang semesteran dan lain sebagainya.

Nah, untuk menjawab kegalauanmu, Hipwee Sukses kasih beberapa referensi beasiswa yang bisa kamu ambil untuk lanjut kuliah S1. Asal kamu jeli, beasiswa-beasiswa potensial ini pasti akan mempermudah langkahmu!

1. Beasiswa dari PT. Mahaghora. Sebuah holding company agrobisnis, industri makanan, distribusi, food & beverage service

Penerima beasiswa PT. Mahaghora

Penerima beasiswa PT. Mahaghora via beasiswamahaghora.org

Program beasiswa ini meliputi tanggungan penuh biaya perkuliahan hingga lulus. Sayangnya, untuk biaya buku, pelatihan, praktek dan lain-lain belum termasuk dalam tanggungan beasiswa tersebut. Selain itu, program beasiswa ini meliputi:

  • E-learning
  • Training tiap tahun
  • Visitasi pabrik PT. Mahaghora
  • Organisai dan leadership

Beasiswa ini khusus ditujukan untuk siswa dan siswi yang ingin melanjutkan kuliah, namun terhalang oleh biaya. Kalau kamu berminat, silakan daftar sebelum tanggal 19 Januari 2017 dan cek informasi selengkapnya di sini

2. Beasiswa S1 di Jepang oleh Tokyo International University. Wiiih, kapan lagi bisa ke sana tanpa mengeluarkan biaya?

Tokyo International University

Tokyo International University via www.youtube.com

Tokyo International University, setiap tahunnya menawarkan skema TIU Scholarship melalui E-Track Program yang ditujukan bagi pelajar internasional. Beasiswa yang diberikan berupa potongan biaya kuliah sejumlah 30%, 50%, 80% hingga 100% yang berlaku penuh selama 4 tahun masa perkuliahan.

Tidak hanya potongan biaya kuliah, mahasiswa TIU juga berkesempatan mendapatkan beasiswa dari pemerintah maupun swasta. Tertarik? Kamu bisa cari tahu info lebih lanjutnya di sini. Pendaftaran dibuka mulai 6 Januari 2017, ya.

3. Berminat kuliah di Australia? Mari manfaatkan Beasiswa S1 dari University of Adelaide

Universitas Adelaide

Universitas Adelaide via www.alumni.adelaide.edu.au

Kalau Australia menjadi negara impian untuk melanjutkan kuliahmu, kenapa nggak kamu wujudkan dengan mencari beasiswa saja? Salah satunya adalah dengan beasiswa dari University of Adelaide ini. Setiap tahunnya, University of Adelaide menawarkan beberapa beasiswa yang bisa diikuti oleh mahasiswa internasional termasuk Indonesia.

Salah satunya adalah beasiswa S1 (undergraduate) yang menyediakan biaya potongan kuliah sejumlah 25% setiap tahunnya selama empat tahun. Disediakan 40 kuota untuk mahasiswa internasional pada beasiswa ini.

Ada beberapa fakultas yang ditawarkan untuk program beasiswa undergraduate yang dimaksud. Faculty of Arts dan Faculty of Health Science diantaranya. Jika kamu tertarik, batas akhir pendaftaran beasiswa ini adalah tanggal 20 Januari 2017. Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

4. Beasiswa S1 dari Qatar University ini menawarkan banyak fasilitas, termasuk biaya buku sampai olahraga. Tertarik?

Qatar University

Qatar University via www.arabianoilandgas.com

Qatar University saat ini menawarkan beasiswa untuk mahasiswa internasional, termasuk salah satunya Indonesia. Setiap tahunnya terdapat beberapa jenis beasiswa dengan sekitar 400 penerima beasiswa.

Keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika mengikuti beasiswa S1 dari Qatar University adalah:

  • Pembebasan biaya pendidikan
  • Izin tinggal dan visa mahasiswa
  • Pembebasan biaya buku
  • Tiket pesawat pulang pergi ke negara asal setiap tahun
  • Disambut di bandara saat kedatangan pertama di Qatar
  • Akomodasi di asrama universitas yang meliputi: Double room, laundry, makan 3 kali sehari, internet wireless, perpustakaan, ruang permainan, gym, transportasi ke dan dari kampus, lab. komputer, kolam renang di asrama perempuan, dan fasilitas yang menunjang lainnya.

Sepertinya menarik ya kalau melihat keuntungan yang bisa didapat. Apa kamu juga tertarik? Syarat dan cara pendaftarannya bisa kamu cek di sini. Semoga ada jurusan yang cocok untuk kamu ambil, ya!

5. Selain University of Adelaide di poin 3, kamu bisa mencoba Monash University untuk melanjutkan kuliah dengan jalur beasiswa

Monash University

Monash University via www.glassdoor.com.au

Monash University merupakan salah satu universitas yang memiliki kualitas pendidikan internasional yang sangat tersohor ke seluruh dunia. Mantan Wakil Presiden Indonesia, Bapak Dr. Budiono dan artis Alyssa Soebandono merupakan contoh alumninya. Monash University juga dikenal mempunyai peringkat yang sangat membanggakan dalam hal riset dan pengajaran.

Saat ini, Monash University menawarkan beasiswa dalam skema Monash International Merit Scholarship bagi pelajar internasional termasuk Indonesia. Beasiswa tersebut meliputi biaya kuliah sejumlah 10.000 dolar yang dibayarkan setiap tahunnya untuk beban studi 48 poin kredit, sehingga rata-rata total nilai beasiswa ini dapat mencapai 50.000 dolar untuk pencapaian gelar 5 tahun.

Ada jurusan apa saja dan bagaimana jika ingin apply beasiswa ini? Kamu bisa main ke sini untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai beasiswa dari Monash University.

Banyak yang bilang, untuk bisa lolos dapat beasiswa itu nggak gampang. Tapi, kalau kita punya tekad kuat, kenapa nggak dicoba? Karena cuma dengan mencoba, kita bisa tahu batas kemampuan kita. Well, semoga berhasil dan jangan lupa beritahu siapapun yang kamu rasa membutuhkan informasi ini!