Tentang pekerjaan yang ideal, memang ada perbedaan dengan yang ada di benak orangtua dengan anak-anak sekarang. Terlebih lagi dengan makin luasnya bidang yang bisa dijadikan sumber pundi-pundi keuangan.  Rekeningmu tetap bisa terisi tiap bulan tanpa harus duduk di kantor dengan kemeja, dasi, dan sepatu fantofel.

Ada baiknya kamu memulai hari di tahun yang baru dengan mencari referensi pekerjaan yang akan gencar dicari di 2017. Nggak harus dibuat ribet dengan proses tes kesehatan dan ujian lainnya, karena kamu bisa memulai bisnis ini dengan melihat lingkungan sekitaranmu. Kamu cuma perlu menyisihkan modal sedikit saja! Yuk segera cari tahu, guys!

1. Bisnis start-up sudah menjamur beberapa tahun belakangan. Kepikiran buat jualin sayur segar dari petani di sekitaran rumahmu juga, nggak?

Bawa keuntungan via www.ilfordrecorder.co.uk

Start-up adalah sebuah bisnis yang sudah mulai dijadikan ladang untuk mengeruk pundi-pundi rejeki. Nggak hanya fokus sebagai media dan portal berita, di start-up ini kamu bisa mempromosikan produk unik yang ingin kamu jual ke khalayak ramai.

Yuk mulai konsep sembari melihat sekelilingmu dan mencari tahu benda apa yang akan dicari banyak orang. Sayuran segar. Pernah kepikiran? Selain memenuhi kebutuhan orang-orang dengan sayuran yang maih fresh, petani dan lingkungan di sekitaran rumahmu yang berpotensi nggak terlewat percuma.

2. Bekerja di bidang desain grafis juga sangat menjanjikan. Ciptakan infografis unik yang berisi ajakan untuk tetap menyayangi lingkungan

Inspiratif! via kaboompics.com

Beberapa tahun belakangan, desainer grafis adalah satu orang yang paling dicari. Selain perkembangan teknologi, selera orang yang semakin menyukai grafis unik, membuat pekerjaan ini meningkat level menjanjikannya.

Kamu yang mempunyai kemampuan membuat grafis menarik, bisa mencoba membuat sebuah karya yang berisi ajakan kepada orang-orang tentang lingkungan dan Bumi yang sesekali juga perlu diperhatikan. Hitung-hitung, kamu sudah berkontribusi dalam mengedukasi orang-orang sekitaranmu, ‘kan?

3. Ubah pandangan orang kalau jadi peternak itu ndeso. Dari situ, kamu bisa bikin lahan buat wisata edukasi yang fun!

Memerah susu sampai bikin keju via gyeonggitour.blogspot.co.id

“Habis lulus kuliah Peternakan, kamu mau kerja apa?”

“Peternak?”

“Serius? Ngapain repot-repot S1 sih, lulusan SMA juga bisa tuh.”
Saban hari menghabiskan waktu untuk memberi makan hewan ternak ke kandang, dan memandikannya adalah gambaran orang awam tentang menjadi seorang peternak. Belum lagi ada tambahan embel-embel ndeso-nya, pandangan seperti itu sudah seharusnya disingkirkan.

Siapa bilang kamu tidak bisa menjadi expert di bidang ini? Dengan punya beberapa ekor sapi saja, kamu bisa memulai bisnis wisata edukasi kecil-kecilan. Terlebih lagi ditujukan untuk anak-anak yang sekringkali penasaran dengan hal sederhana. Tentang serunya memerah susu sapi, bikin es krim, sampai bikin keju misalnya. Bisa jadi awal yang baik, bukan?

4. Selain lucu, terrarium mungil ini bisa kamu jadikan awal untuk bikin workshop. Pasti banyak yang ingin ikutan belajar

Nah, gemas! via www.tumblr.com

Kreasi tanaman mungil yang ditempatkan di dalam toples atau akuarium mini sudah menjadi dekorasi yang mulai digemari banyak orang. Terrarium sebutannya. Cara membuatnya yang mudah, nggak terikat dengan aturan dalam merangkainya, serta hasil jadinya yang lucu ini bisa bikin ketagihan.

Memulai bisnis ini bisa dimulai dari bikin workshop sederhana. Karena kamu tidak sekadar membuat karya yang indah, tapi dengan mengkreasikan terrarium ini sama dengan mengembalikan keindahan lingkungan yang semakin terkikis keberadaannya. Kamu menyelamatkannya di dalam akurium kecil. Menyenangkannya nggak karuan.

5. Berobat ke dokter nggak lagi mahal, karena pengobatan bisa dibayar dengan ‘Asuransi Sampah’. Badan dan lingkungan ikutan sehat

Paling kanan: Dr. Gamal Albinsaid via www.bbc.com

“Kamu sakit? Ke Dokter aja.”

“Tiduran aja deh. Periksa ke Dokter mahal bayarnya.”

Tidak perlu ditanya lagi mengapa banyak orang mengurungkan niat untuk sekadar periksa ke dokter saat imunitas tubuh mulai turun. Tak lain adalah dikarenakan biaya yang mahal. Tapi tidak dengan Dokter Gamal Albinsaid.

Masyarakat yang tinggal di sekitar klinik Dr. Gamal tak akan merasa keberatan untuk berobat ke sana. Karena bukan uang yang dijadikan alat pembayaran, melainkan dengan sampah. Ya, dari sampah yang dikumpulkan para pasien, akan dijual di koperasi dan uangnya akan digunakan untuk biaya operasional klinik tersebut. Sebuah terobosan entrepeneurship yang out of the box dan bermanfaat. Berwirausaha, berbagi sekaligus menyayangi lingkungan ternyata sesederhana ini, ya. Bisa dilakukan dalam satu waktu.

Dari kelima pekerjaan yang diprediksi akan dicari di tahun 2017, semuanya adalah usaha wiraswasta atau entrepreneur. Karena menjadi enterprener adalah salah satu hal yang membanggakan. Merintis usaha yang bermula dari hal yang kamu senangi, bisa juga berbuah manis. Terlebih lagi, lima pekerjaan di atas termasuk dalam bidang Ecosocioprepreneur. Adalah usaha yang bisa menggerakkan masyarakat dan di sisi lain juga bisa menjaga kelestarian lingkungan.

Sama-sama mengusung untuk mengembangkan Ecososiopreneurship, Toyota Eco Youth ke-10 yang diadakan tahun 2016 ini berhasil mengajak 539 SMA dan SMK yang berasal dari 27 provinsi, serta mahasiswa yang ingin berinovasi dengan lingkungan sebagai ranah entrepreneur mereka. Menjadikan kompetisi ini sebagai awal dari pengembangan dan pelestarian lingkungan dalam profesi kewirausahaan pun nggak kalah menarik. Tujuannya adalah menciptakan supaya lingkungan pun bisa kamu manfaatkan sebagai sumber pundi-pundi keuangan tanpa merusak keindahannya.

Wahai generasi muda yang kreatif, sekadar informasi aja. Toyota Eco Youth ke-10 yang diadakan tahun ini sudah menyeleksi ratusan proposal dan memilih 25 inovasi brilian yang layak untuk merealisasikan proyek lingkungan tersebut. Setelah melewati proses penjurian yang ketat dari manajemen Toyota, tokoh lingkunga, dan tokoh pendidikan, terpilihlah 3 pemenang untuk masing-masing kategori Science dan Social Movement. Mereka berhasil membawa pulang total hadiah sebesar 150 juta. Kalau kamu mulai tekuni sedari sekarang, bisa menjadi pekerjaan yang bisa dijadikan pegangan di masa depan.

Sembari memulai awal cerita yang baru di tahun 2017, yuk siap-siap untuk mulai merintis bisnis unik juga, guys!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya