Kadang suka bingung nggak sih pertemananmu yang sekarang mau dibawa ke mana?

Saat bosan mulai melanda di pergaulanmu, nggak bisa dipungkiri bahwa kamu akan segera memutar otak sambil berkata, ‘abis ini mau ngapain, ya? perasaan gini-gini aja’. Sebagai anak muda kreatif serta nggak suka berdiam diri, kamu tentu kurang nyaman jika keseharianmu bersama teman-teman cuma sebatas itu-itu saja. Apalagi, main-selfie-nongkrong-shopping doang itu lama-lama bikin stuck nggak sih?

Hipwee Sukses pun nggak mau diam saja melihat fenomena seperti ini. Kali ini, ada beberapa ide usaha yang bisa kamu bangun dari nol bersama teman-teman, meski jumlah modal masih dalam angan-angan. Simak, lalu praktikkan, ya!

1. Selain menguntungkan, bisnis camilan yang dibangun ramai-ramai juga nggak membutuhkan banyak modal

bisnis camilan

bisnis camilan via pexels.com

Bisnis camilan memang kurang dilirik karena mungkin jauh dari kata keren. Tapi faktanya, bisnis kecil-kecilan ini akan menjadi sukses jika dikelola dengan baik, apalagi bersama teman-teman. Nggak butuh banyak modal, cukup niat dan keuletan.

Siapkan minimal maksimal 5 orang teman

Masing-masih orang memberikan ‘investasi’ sebesar Rp. 30.000/orang

Jika terkumpul, maka modal awal bisnis kalian adalah Rp. 30.000 x 5 orang = 150.000

Gunakan uang Rp. 130.000 untuk membeli camilan di pasar (camilan yang dibungkus di plastik besar) dengan varian yang berbeda-beda

Sisa Rp. 20.000-nya bisa kalian gunakan untuk membeli plastik atau staples sebagai bungkus camilan

Jajakan di kampus, perkantoran atau kost-kost’an supaya makin laris dan banyak peminatnya. Pelan-pelan, lalu kumpulkan keuntungan kalian di satu orang saja. Usahakan balik modal, ya! Hehehe…

2. Bukalah online shop bersama. Tentukan produk, admin dan jadwal upload supaya nggak berantakan nantinya

online shop

online shop via pexels.com

Jika terkendala modal, jualah produk dari supplier atau orang pertama yang menjual produk dengan harga murah. Ini penting, agar keuntungan kalian maksimal.

  • Coba tentukan produk apa yang akan kalian jual. Lihatlah apa yang sekarang ini banyak orang cari dan butuhkan
  • Carilah supplier atau orang pertama yang produknya bisa kalian jual kembali
  • Tentukan admin dari online shop bersama kalian, jangan sampai acak
  • Setelah admin sudah terbentuk, catat juga jadwal posting di sosial media, agar semuanya tertata
  • Rajin-rajinlah promosi. Sebagai awalan, coba tawarkan ke orang atau teman terdekat dulu.

Usaha ini nyaris nggak butuh modal selain keteraturan dan paket data. Good luck!

3. Karena zaman sudah semakin canggih, kenapa nggak bikin blog bareng-bareng saja? Blog-nya satu, tapi keuntungannya buat bersama

bikin blog

bikin blog via pexels.com

Semakin majunya teknologi, seharusnya menjadi motivasi banyak orang untuk terus melakukan inovasi. Entah itu dalam hal pergaulan, atau bahkan bisnis kecil-kecilan yang akan segera diwujudkan.

Nah buat kamu dan teman-temanmu, kenapa nggak membuat blog bersama untuk mengasah kreativitas sekaligus menghasilkan pundi-pundi rupiah? Ya memang nggak instan sih, tapi selama gratis, kenapa nggak dicoba? Toh, hal ini nggak akan banyak menyita waktu kalian, kok.

Pada prinsipnya, blog akan menghasilkan uang jika kalian intens menulis di dalamnya. Jangan lupa juga, buat tampilan serta nama blog semenarik mungkin agar pengunjungnya bertambah secara signifikan.

Sudah tahu caranya bikin blog, ‘kan? Coba deh cari Google. Hehehe…

4. Berbeda dengan usaha camilan, usaha katering kecil-kecilan ini cocok dibentuk jika lingkungan pertemananmu ini berisi orang yang hobi masak

bisnis kuliner

bisnis kuliner via startupbisnis.com

Buatmu dan teman-teman yang punya hobi masak, nggak ada salahnya lho buka usaha katering kecil-kecilan. Nggak perlu katering berpartai besar, cukup mulai dengan usaha brownies atau jajanan pasar yang nantinya bisa dijajakan ke cafe, kantin atau perkantoran.

‘Waktu buka usaha brownies dulu aku dan teman-teman cuma butuh modal Rp. 100.000 buat beli tepung, cokelat dan lain-lainnya. Produksinya pun nggak butuh oven, tapi cuma pakai panci kukus aja. Bermodal kemampuan memasak seadanya, akhirnya kita jajakan di cafe sama kantin sekolahan. Sampai sekarang, alhamdulilah kita bisa balik modal dan makin akrab deh jadinya. Hehe…’

Nufi dkk, pengusaha brownies.

5. Suka make-up dan pernak-pernik lainnya? Yuk konsepin usaha MUA (Make-up Artist) bareng teman tercintamu!

MUA

MUA via twitter.com

Bermodal alat dan make-up sederhana, kalian bisa langsung memulainya.

Tapi sebelum terjun ke lapangan, coba deh kamu diskusikan bareng temanmu alat dan brand make-up apa saja yang akan kalian pakai saat usaha MUA-nya sudah dimulai. Karena masih permulaan, cobalah untuk memakai alat dan make-up yang terjangkau saja, hitung-hitung coba-coba.

Dengan modal awal Rp. 300.000, kamu dan teman-temanmu sudah bisa membeli sepaket make-up dan alatnya dengan kualitas lumayan.

Jangan takut bersaing, ya!

Itulah ke-5 ide usaha minim modal yang bisa kamu bangun bersama teman-temanmu. Ya walaupun terkesan mustahil, kenapa nggak langsung dieksekusi saja supaya tahu kemampuan kalian itu sampai mana? Ingat, pertemanan orang dewasa dan anak SMA itu berbeda. So, good luck!