Membuka bisnis dan mengembangkan usaha sendiri kini jadi pilihan yang banyak dijalani oleh anak muda Indonesia. Menjadi wirausaha memang menjanjikan kesempatan dan keuntungan besar. Pasar Indonesia yang masih berkembang pesat, sifat konsumtif masyarakatnya, serta kemudahan dalam membuka badan usaha baru jadi hal yang menggoda untuk dijajal.

Apakah kamu salah satu orang yang merasa mampu jadi seorang wirausahawan sukses? Yakin sudah punya apa yang kamu butuhkan? Sebelum bertindak dan mengeksekusi rencanamu, coba cek dulu deh apa kamu memiliki sifat-sifat yang selalu dimiliki para pengusaha sukses ini?

1. Para Pengusaha Sukses Selalu Berorientasi Pada Aksi

Selalu berorientasi pada aksi via under30ceo.com

Seorang calon pengusaha sukses tidak akan hanya duduk diam sembari menunggu impiannya terwujud. Saat ia menginginkan sesuatu ia akan bekerja keras dan berusaha hingga hal itu bisa tercapai. Terkadang dibutuhkan waktu lama hingga ide bisnisnya terwujud, namun seorang pengusaha sukses tidak akan putus asa — ia akan berusaha mencari cara untuk terus menggerakkan tangannya.

Kamu punya ide untuk memulai usaha personal shopper buku dan merasa kalau usaha itu bisa sukses? Kalau kamu mau berhasil, lakukan! Eksekusi dari sekarang. Jangan menunggu hingga nanti sampai idemu basi dan diambil orang. Karakteristik selalu berorientasi pada hasil ini juga dirasa penting oleh startup guru, Peter Daisyme:

Advertisement

“Merintis sebuah usaha memerlukan kerja keras. Kamu perlu bekerja keras, hingga tulangmu terasa ngilu setiap harinya agar bisa sukses di dunia bisnis yang keras ini.”

2. Mereka Mengembangkan Usaha Untuk Membuat Orang Lain Bahagia, Bukan Hanya Demi Mencari Keuntungan

Membangun bisnis demi kebahagiaan konsumen via www.starbucksblog.es

Satu karakteristik penting yang dimiliki oleh pengusaha sukses adalah empati kepada para konsumennya. Ia tidak hanya ingin meraup keuntungan sebanyak-banyaknya, namun juga berusaha menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi orang yang menggunakannya. Bukan hanya keuntungan yang dicari, mereka juga berfokus untuk memuaskan konsumennya.

Bisnis yang sukses membutuhkan campuran tepat antara keinginan meraup profit dan niat untuk memuaskan konsumen. Kedua hal ini harus berjalan beriringan. Sebuah bisnis yang peduli pada konsumennya akan mendapatkan konsumen yang loyal, bisnis macam ini pula yang akan lebih bertahan lama.

Kesuksesan pebisnis yang benar-benar ingin membahagiakan konsumennya bisa dilihat dalam kasus gerai kopi Starbucks. Gerai kopi ternama yang memiliki filosofi “Menjadikan pembeli kopi seperti teman” itu memiliki pelanggan setia di seluruh dunia karena filosofi yang dipegangnya ini.

3. Pebisnis yang Sukses Selalu Berusaha Untuk Jujur

Berusaha jujur pada siapapun via www.brainspores.com

Seorang wirausahawan sukses akan berusaha selalu terbuka dalam setiap situasi. Ia menghargai klien dan rekan-rekan satu timnya dengan cara mengatakan kebenaran pada mereka. Saat ia tidak bisa memenuhi tenggat waktu, tidak mampu memenuhi target, atau tidak bisa memenuhi keinginan pasar — ia akan mengatakan kegagalan ini dengan jujur.

Dunia bisnis adalah dunia yang luas, namun sebenarnya sempit. Pemain di dalamnya akan sangat mungkin kembali saling bertemu di kesempatan lain. Karena itu, penting untuk menjaga kepercayaan klien dan rekan bisnis demi hubungan yang tetap terjalin dengan baik.

4. Mereka Sadar Pentingnya Membangun Sebuah Tim yang Solid

Berusaha membangun tim yang solid via www.sharpyx.com

Sehebat apapun ide yang ia miliki, seorang pengusaha sukses sadar bahwa ini bukanlah pertunjukan tunggal yang bisa ia menangkan sendiri. Ia akan berusaha mencari orang-orang terbaik untuk bergabung sebagai rekan satu tim-nya. Wirausahawan sukses menyadari bahwa ia bukanlah manusia super yang tidak punya kekurangan, karena itu ia membutuhkan orang lain untuk mengisi celah dalam dirinya.

Tidak hanya berhenti pada mencari orang terbaik, wirausahawan sukses juga akan memperlakukan mereka dengan baik. Rekan satu tim akan ia anggap sebagai partner yang bisa memberikan nilai tambah dan masukan yang berarti bagi perusahaan yang sedang dibangun.

5. Waktu, Adalah Mata Uang yang Sangat Mereka Hargai

Berusaha terus menghargai waktu via under30ceo.com

Pebisnis sukses benar-benar memperlakukan waktu seperti uang. Mereka tidak ingin kehilangan dan menyia-nyiakannya. Hal ini akan tercermin pada kebiasaan dan pilihan hidup yang ia lakukan sehari-hari. Pengusaha sukses selalu bangun pagi, ia tidak ingin menyia-nyiakan awal hari yang berharga demi bermalas-malasan di tempat tidur.

Seorang calon wirausahawan yang bisa sukses besar juga selalu menghargai waktu. Ia akan berusaha menepati janjinya hingga ke satuan menit. Ia menghargai orang lain yang telah meluangkan waktu untuk bertemu dengannya, dan juga menghargai dirinya sendiri dengan tidak menyia-nyiakan waktu terbatas yang ia miliki.

Dari 5 karakteristik tadi, kamu punya yang mana nih? Kalau memang membangun bisnis adalah impianmu, Hipwee doakan semoga kamu berhasil ya!