Artikel ini adalah hasil partnership antara Hipwee dan Karir.com Expo.

Punya karir yang mapan kini jadi impian banyak anak muda berumur 20-an. Di usia ini kedewasaan sudah mulai terbentuk dengan baik, pilihan-pilihan hidup juga sudah bisa diambil dengan rasional.

Berbagai keputusan besar juga menanti untuk kamu ambil di umur ini, menentukan kemana arah hidupmu akan dibawa. Termasuk keputusan soal uang dan pekerjaan. Kali ini Hipwee dan Karir.com akan memberikan cara memilih karir yang baik dan menyiasati beban kerja, khusus buat kamu yang masih usia 20-an.

1. Pekerjaan pertama memang menentukan. Tapi kamu tidak harus jadi pemilih dalam pekerjaan

Walau menentukan, kamu tidak harus jadi pemilih dalam pekerjaan via tumblr.com

Di usia 20-an, beberapa dari kamu pasti sudah punya kesempatan untuk menghasilkan uang sendiri. Entah itu dari pekerjaan paruh waktu atau langsung menjejakkan kaki di dunia kerja purna waktu selepas lulus. Semua pilihan terbentang di depan mata, sampai kadang kamu bingung harus menjalani yang mana.

Satu yang pasti: bagi kamu yang baru menjajal pekerjaan pertama, jangan terlalu pilih-pilih. Pekerjaan pertamamu bisa jadi tidak langsung menawarkan penghasilan yang fantastis atau bonus berlimpah. Tapi dari situlah kamu bisa belajar soal usaha dari nol dan etos kerja yang akan membawamu ke kesuksesan.

Pekerjaan pertamamu adalah pintu awal unuk belajar jadi pribadi yang berkualitas dan layak dipertahankan. Ambil setiap kesempatan yang datang, tidak perlu pilih-pilih. Ini jauh lebih baik daripada menganggur dan melewatkan kesempatan belajar.

2. Kadang kesempatan karir datang dari hal yang tidak terduga. Mulai dari Karir.com Expo sampai ajakan teman semua bisa jadi alasan pintu terbuka

Masuki semua. Karena kamu bisa mendapat kesempatan dari mereka via tumblr.com

Di usia yang satu ini kesempatan karir sesungguhnya bisa datang dari mana saja. Mulai dari ajakan teman untuk mulai membuka usaha, Karir Expo yang kamu kunjungi selepas wisuda — semua bisa jadi pembuka awal segala kesempatan yang ada.

Mendatangi Karir.com Expo bisa jadi salah satu cara supaya kesempatan lebih cepat terbuka. Di Karir.com Expo macam yang diadakan oleh Karir.com kamu akan punya kesempatan mendatangi berbagai booth perusahaan ternama, memasukkan CV, dan bahkan langsung mengikuti walk in interview di sana. Dengan begini waktumu jelas lebih bisa dihemat, dan banyak kesempatan bisa didapat.

3. CV tidak perlu panjang dan berliku. Yang singkat tapi padat justru lebih bisa menggambarkan kemampuanmu

CV yang singkat dan padat malah menggambarkan hidupmu via tumblr.com

Kebanyakan pencari kerja merasa dengan CV yang panjang maka mereka lebih layak untuk diperhitungkan. Sepertinya CV yang panjang dan tebal adalah gambaran profesionalitas dan keseriusan. Padahal perusahaan justru malas membaca CV yang tidak ringkas dan bertele-tele.

Yang dicari perusahaan adalah CY yang compact dan benar-benar menggambarkan kehidupanmu. Menghighlight seluruh kelebihanmu. Buat kamu yang ingin tahu cara mengatur CV dengan atraktif, Hipwee pernah menulis cara menulis CV yang baik di sini.

4. Mau dapat pengalaman atau langsung gaji tinggi — sebenarnya semua tergantung prioritasmu

Pengalaman atau gaji? Your call! via tumblr.com

Ada 2 pertimbangan awal dalam mencari pekerjaan. Pertama, adalah pekerjaan yang memberimu pengalaman yang kaya. Pekerjaan yang membuatmu mengembangkan diri seluas-luasnya. Pekerjaan ini biasanya datang dengan tantangan dan keikhlasan untuk sementara menurunkan ego. Tidak berfokus pada gaji dulu, namun lebih ke pengembangan dirimu.

Untuk pekerjaan lain yang langsung menawarkan gaji tinggi biasanya kamu harus rela untuk mengikuti track yang sudah ada dalam perusahaanmu. Terkadang ini termasuk terikat dalam kontrak kerja yang panjang dan harus mengorbankan kepentingan pribadimu.

Oh iya, buat kamu yang tertarik aiming mendapatkan gaji tinggi kamu bisa melihat industri apa saja yang layak kamu masuki di artikel karir.com ini

5. Sebelum mulai melamar pekerjaan, aplikasi online layak kamu persiapkan. Karena dengan ini kamu akan lebih dilirik perusahaan

Aplikasi online membuatmu lebih dilirik perusahaan via tumblr.com

Aplikasi online itu seperti free pass ke berbagai lowongan pekerjaan. Speerti yang sudah diulas di sini aplikasi online akan membuat perusahaan lebih mudah melirikmu. Sebab seluruh pengalamanmu akan lebih mudah dilihat dan diamati dengan rapi.

Sistem aplikasi online yang mudah ini juga sudah disiapkan di Karir.com. Jadi kalau kamu datang ke Karir.com Expo Karir.com tidak lagi perlu menyiapkan CV dengan kertas berlapis-lapis. Tinggal isi data lewat Karir.com, dan biarkan perusahaan melirikmu.

Jadi gimana? Sudah siap mempersiapkan karir impianmu? Kamu bisa memulainya dengan datang ke Karir.com Expo yang diadakan oleh Karir.com tanggal 4-5 November ini di Balai Kartini, Jakarta ya!