Setelah mengirim sejumlah lamaran pekerjaan, ada beberapa perusahaan yang menelpon untuk panggilan wawancara. Perasaanmu senang tapi sekaligus bingung. Senang karena itu tandanya sebentar lagi kamu akan memasuki dunia kerja, namun bingung untuk memilih tawaran dari perusahaan mana yang sebaiknya kamu ambil.

Nah, untuk kamu yang baru saja lulus, ada baiknya memulai bekerja di perusahaan besar yang sudah mapan. Daripada bekerja di perusahaan yang baru dirintis, bisa jadi lebih banyak manfaat yang akan kamu dapat jika memilih bekerja di perusahaan besar. Kenapa sih perusahaan yang sudah punya nama lebih cocok untuk kalian yang baru pertama kalinya menjejak dunia kerja? Yuk, simak!

1. Kamu butuh bimbingan saat terjun ke dunia kerja untuk pertama kalinya. Di perusahaan besar, ada banyak senior yang akan siap membantumu kapan saja

Dengan senang hati, mereka yang sudah senior akan membimbingmu via platinumadvertisingllc.com

Kamu yang baru saja lulus, belum memiliki pengalaman yang cukup di dunia kerja. Untuk itu, kamu butuh banyak bimbingan agar benar-benar mengenal seluk-beluk bidang pekerjaanmu sekaligus menemukan ritme kerja yang tepat. Kamu pun butuh banyak masukan dari orang yang lebih lama menekuni bidang pekerjaan yang sekarang kamu jalani.

Di perusahaan besar yang sudah mapan, kamu akan bertemu orang-orang yang lebih senior dan cukup makan asam garam di profesi yang ingin kamu geluti. Jangan segan-segan untuk mengakrabkan diri dengan senior-senior karena mereka tentu akan sangat membantumu menapaki karir yang baru.

2. Bisa bekerja di perusahaan ternama pasti membuatmu bangga. Kamu pun akan semakin terpacu meningkatkan kemampuan demi bisa bersaing di sana

Advertisement

Persaingan masuk perusahan besar sangat ketat. Kamu beruntung bisa mendapatkannya. via news.okezone.com

Ada ratusan orang yang melamar di perusahaan besar. Seleksi dan persaingannya cukup ketat. Dari sekian banyak pelamar tersebut kamu adalah salah satu orang yang terpilih untuk berkesempatan bekerja di sana. Tak dipungkiri hal tersebut sangatlah membanggakan. Kamu menjadi bagian dari perusahaan besar yang jadi impian anak muda lain seusiamu. Ketika kamu bertemu teman-teman lama, kamu pun bisa bercerita bagaimana lingkungan pekerjaanmu dengan bangga pada mereka.

Namun lebih dari itu, kamu pun terpacu untuk terus menunjukkan kinerja yang baik. Kamu tidak ingin posisimu digantikan oleh orang lain. Gengsi dan persaingan membuat kamu bersemangat untuk semakin maju.

3. Rata-rata perusahaan besar sudah memiliki sistem kepegawaian yang rapi. Tak hanya soal gaji, kamu punya kesempatan menapaki jenjang karir yang lebih tinggi

Perusahaan besar telah memiliki standart gaji dan jenjang karir yang jelas. via www.kaskus.co.id

Salah satu ciri perusahaan yang telah mapan adalah memiliki sistem kepegawaian yang terstruktur. Perusahaan besar diharuskan memberikan gaji yang layak dan jaminan-jaminan untuk karyawannya. Oleh sebab itu, kamu yang memilih bekerja di perusahaan besar sebagai kantor pertamamu berkesempatan mengetahui tata cara pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik. Kamu tahu berapa standart gaji yang sesuai dengan Upah Minimum Regional (UMR) dan latar belakang pendidikanmu. Selain gaji, kamu juga mendapatkan uang operasional lainnya seperti uang makan, transport, dan komunikasi. Kamu juga bisa mendapatkan jaminan kesehatan baik bagi dirimu sendiri, maupun keluarga jika kamu sudah menikah.

Selain masalah kesejahteraan, kamu juga bakal memiliki jenjang karir yang jelas. Perusahaan besar tentu sudah menyiapkan jenjang karir untuk karyawannya. Kamu yang sudah nyaman bekerja di situ pun punya kemungkinan besar untuk meneruskan karir hingga jangka waktu yang panjang.

4. Bekerja di perusahaan besar memungkinkanmu memperluas jariangan koneksi dan menemukan peluang kerja baru

Relasi perusahan juga bisa menjadi relasi barumu via www.parent-zone.com

Perusahaan besar yang telah berdiri cukup lama tentu memiliki relasi yang luas. Bukan tidak mungkin kamu sebagai pekerja di sana diberi tugas untuk berinteraksi dengan perusahaan relasi. Kesempatan ini bisa kamu gunakan untuk memperluas jaringanmu.

Kamu punya kesempatan berhubungan dengan perusahaan-perusahaan besar lainnya. Semakin luas relasimu, semakin banyak pula pengalamanmu dalam berkarir. Bukan tidak mungkin juga kamu akan direkrut perusahaan relasi dengan gaji dan posisi yang jauh lebih tinggi.

5. Saat ingin menjajal pekerjaan yang baru, surat rekomendasi dari kantor lamamu ibarat senjata ampuh yang bisa membuatmu diterima

Banyak perusahaan besar lain yang mengincarmu via www.gravitateonline.com

Beberapa tahun setelah bekerja di kantor pertamamu, kamu mungkin ingin mencari tantangan baru di perusahaan yang lain. Dengan pengalamanmu yang cukup di perusahaan yang sudah ternama, bukan tidak mungkin banyak perusahaan lain mau menerimamu dengan sangat terbuka.

Ketika mengajukan resign, perusahaanmu bisa jadi akan memberi surat rekomendasi yang bisa kamu gunakan untuk melamar di berbagai perusahaan lain yang diinginkan. Surat dari kantor lamamu yang sudah cukup punya nama pasti cukup “sakti” untuk dijadikan “senjatamu”.

6. Ketika bosan jadi pegawai kantoran dan ingin membuka usaha sendiri, pengalaman dan jaringan relasi yang kamu miliki adalah bekal yang mumpuni

Dengan pengalaman yang kamu miliki, bisa saja kamu berubah haluan membuka perusahaan sendiri via under30ceo.com

Sudah cukup lama menjadi pekerja kantoran, kamu pun mulai jenuh dan butuh tantangan yang baru. Kamu ingin mencoba memulai membuat perusahaanmu sendiri. Ini pun sangat mungkin ketika kamu memiliki pengalaman yang cukup dari perusahaan lamamu yang memang terbilang mapan.

Kamu punya kesempatan membuka usaha sendiri lantaran berbagai pengalaman yang kamu miliki, pengamatan pengelolaan perusahaan, dan relasi-relasi yang sudah kamu bangun dengan kuat. Mungkin kamu justru bisa membuat sistem perusahaan yang lebih baik dari kantormu yang sekarang, karena sebagai karyawan kamu juga merasakan sistem mana yang kurang tepat dan mana yang baik untuk diterapkan.

7. Tak cuma bikin hidupmu lebih sejatera, bekerja di perusahaan yang sudah punya nama menjadikanmu terlihat lebih keren di mata keluarga dan calon mertua

Kamu terlihat keren di mata calon mertua via under30ceo.com

Tak bisa dipungkiri, bekerja di perusahaan besar yang sudah mapan membuat terlihat lebih keren. Orang tuamu hingga calon mertuamu sudah pasti akan ikut merasa bangga. Kamu yang bekerja di perusahaan ternama pasti mendapat penilaian lebih dari calon mertua. Mereka akan menilai bahwa kamu juga sudah mapan dan memiliki masa depan yang tak perlu dipertanyakan. Hehehe.

Setiap perusahaan tentu memberikan penawaran yang beragam. Di perusahaan besar yang sudah mapan kamu akan mendapat banyak pengalaman berharga dan berbagai kelebihan dibanding sekadar bekerja di perusahaan yang masih merintis.