Bisa diterima bekerja setelah melewati beberapa tahap seleksi (dan nggak cuma di satu perusahaan saja) adalah kenikmatan yang tiada terkira. Semua usaha dan jerih payah akhirnya terjawab saat panggilan kerja masuk lewat surat elektronik yang memberitahu bahwa mulai bulan depan sudah bisa aktif bekerja di suatu perusahaan. Banyak persiapan yang dilakukan, biasanya sih soal penampilan dan juga alat kerja seperti laptop dan segala perangkatnya.

Padahal kamu harus tahu betul bahwa masih ada masa probation atau masa percobaan yang harus dilalui agar bisa lolos jadi karyawan tetap. Pada dasarnya, ini seperti masa uji coba saja, tapi segala yang kamu lakukan masuk dalam penilaian. Nah, agar kamu bisa melewatinya dengan baik, yuk simak 6 tips yang sudah Hipwee Sukses siapkan untukmu.

1. Kenali dengan baik perusahaan tempatmu bekerja

Kenali perusahaan via numerex.com

Sebagai orang yang akan menjadi bagian dari perusahaan tersebut, kamu harus mengenali betul bagaimana seluk beluk perusahaan tempat kamu diterima kerja. Selain bisa browsing dan tanya ke sana-sini, seluruh peraturan serta tata tertib perusahaan bisa kamu pelajari saat sedang membicarakan kontrak kerja. Karena dengan mengenal baik perusahaan, akan muncul sense of belonging dari dirimu untuk perusahaan barumu nanti. Istilah tak kenal maka tak sayang sangat cocok untuk hal ini.

2. Haram hukumnya untuk berkata tidak, tidak tahu atau bahkan tidak mau

Duh, nggak tau ~ via diginomica.com

Advertisement

Sebenarnya, tidak hanya saat masa probation saja, untuk sebuah dedikasi dan penilaian yang baik, haram hukumnya untuk berkata tidak jika ditawarkan sebuah project. Mungkin itu memang hal baru buatmu di mana kamu sama sekali belum pernah dan bahkan tak tahu harus mulai dari mana mengerjakannya. Tapi, buru-buru mengatakan tidak membuat atasan akan menilai bahwa kamu adalah orang yang mudah menyerah dan tak mau belajar. Solusinya, katakan saja bahwa kamu menyanggupi meski ini adalah sesuatu yang belum pernah kamu kerjakan sebelumnya, dan akan mempelajari lebih dalam agar project tersebut bisa berjalan.

3. Buat target pribadi agar ada ‘sesuatu’ yang dikejar

Tentukan target via www.hipwee.com

Masa probation cuma 3 bulan. Dari situ kamu perlu menentukan target sendiri dari apa yang digariskan perusahaan untuk dikerjakan. Misalnya saja, mampu menyelesaikan tugas yang diberikan lebih cepat dari waktu yang ditenggatkan. Hal ini bertujuan agar perusahaan menilai bahwa kamu adalah seorang pekerja keras dan mempunyai tujuan akhir dalam bekerja, bukan mereka yang asal beres dalam menyelesaikan pekerjaan. Selain itu, kamu akan merasa puas saat akhirnya bisa mencapai target yang dibuat. Setidaknya itu digunakan sebagai tolak ukur keberhasilanmu sendiri.

4. Sebagai karyawan baru, jangan malu bertanya jika dirasa ada hal yang membingungkan

Duh, gimana nih? via employmentrightsireland.com

Wajar kalau kamu merasa masih ada yang membingungkan atau menemukan sesuatu yang kamu sendiri belum tahu bagaimana cara kerjanya. Untuk itu, jangan malu bertanya pada rekan kerja maupun atasan. Hal ini akan membantumu cepat beradaptasi serta keluar dari kebingungan yang sedang dihadapi. Namun, sebagai catatan, jangan kemudian semua hal ditanyakan. Kamu perlu mencoba dulu, jika masih belum paham, tanyakan dan lakukan sesuai petunjuk. Terlalu banyak bertanya juga akan membuat orang mengira bahwa kamu malas untuk mencoba dan mencari tahu lebih dulu.

5. Tunjukkan manajemen waktu yang baik. Usahakan untuk datang tepat waktu ya!

Manajemen waktu yang baik via elle.co.id

Waktu adalah hal yang sangat krusial dalam pekerjaan, terlebih buatmu sebagai karyawan baru. Tunjukkan bahwa kamu punya manajemen waktu yang baik dengan datang tepat waktu. Tidak hanya sampai di situ saja, namun juga tentang menghargai waktu dan bagaimana kamu mengatur waktumu. Semuanya akan terlihat saat jam datang dan pulang kantor, saat harus bertemu atasan di waktu yang sudah tentukan, saat waktu istirahat, pun saat kamu harus ijin meninggalkan pekerjaan karena suatu sebab.

6. Do your best. Tunjukkan kemampuan terbaikmu karena ini adalah masa penilaian

Do your best via elle.co.id

Di balik semua yang sudah dibahas pada poin-poin sebelumnya, tidak ada kata lain selain menunjukkan kemampuan terbaikmu saat sedang menjalani masa probation. Selama 3 bulan ini, kamu sedang dalam masa ‘ujian’ yang setelahnya ada hasil akhir sebagai pertimbangan bagaimana ‘nasib’mu selanjutnya. Untuk itu, lakukan semua yang menjadi pekerjaanmu semaksimal mungkin yang kamu bisa. Karena nggak ada hasil yang mengkhianati usaha.

Pada akhirnya, selamat menjalankan masa probation. Jangan terlalu tegang, tapi jalani saja apa adanya kamu dan jadilah diri sendiri. Semoga berhasil, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya