Banyak orang yang berlomba-lomba mendaftarkan dirinya di perusahaan impian atau menjadi pegawai negeri. Demi karir dan masa depan yang lebih stabil, mereka pun rela bersaing dengan ribuan bahkan jutaan pendaftar lain di luar sana. Kalau lolos sih pasti senang dan bangga, tapi gimana kalau gagal? Pasti kecewa.

Berangkat dari fakta tadi, Hipwee pun ingin memberikanmu sedikit pencerahan mengenai ide-ide usaha yang siapa tahu bisa dicoba. Melihat peluang sebagai pengusaha di bidang food & beverage semakin terbuka lebar, berikut ini adalah daftar bisnis atau usaha kuliner yang cocok untuk anak muda sepertimu coba. Percaya deh, kalau dilakoni dengan tekun, usaha sederhana ini bisa membawamu kepada predikat JUTAWAN!

1. Manfaatkan pola hidup sehat dan diet yang lagi marak sekarang. Usaha katering diet mayo wajib kamu coba; simpel dan bisa bikin orang sehat!

Siapa sih yang nggak pengen hidup sehat, apalagi di era modern seperti sekarang ini? Apalagi buat mereka yang aktivitasnya segudang, tapi jarang olahraga dan makan makanan sehat. Yup, inilah fakta lapangan yang ada.

Dari sini, kenapa kamu nggak putar otak dengan membangun bisnis katering diet mayo? Bisnis yang kini banyak ditekuni di perkotaan ini terbukti mampu membawa keuntungan besar jika kamu tahu pangsa pasarnya. Kamu hanya perlu survei tentang menu-menu diet mayo yang banyak disukai para pekerja kantoran, ibu rumah tangga atau bahkan mahasiswa yang beniat hidup sehat tapi ogah terlalu ribet.

Advertisement

Jangan lupa, sediakan juga jasa antar sampai ke lokasi supaya bisnismu makin dikenal banyak orang. Pssst, promosi lewat sosial media pun harus kamu gencarkan, ya!

2. Angkringan, bisnis kuliner yang nggak akan ada matinya! Pasarnya luas sih…

Angkringan via banana-inn.com

Kalau kamu perhatikan, bisnis angkringan memang semakin menjamur di kota-kota besar seperti Yogyakarta, Surabaya, Semarang dan bahkan Bandung hingga Jakarta. Selain memanjakan lidah para perantaunya, bisnis satu ini juga digemari masyarakat sekitar seperti bapak-bapak atau pemuda yang tiap malam memiliki hobi nongkrong sambil minum kopi.

Nah, kenapa kamu nggak memanfaatkan momen ini sebagai ajang untuk meraih untung banyak? Kamu bisa lho mendirikan gerobak angkringan di dekat kampus, perkantoran atau sekolah ketika siang hari, di jam di mana banyak orang mencari makan atau sekadar ngemil.

3. Jualan mi instan dengan cara yang nggak biasa. Wah, gimana tuh ya?

Mi Instan Aneka Topping via jateng.tirbunnews.com

Daripada uang 10 atau 20 jutamu habis untuk foya-foya, bukankah lebih baik kalau dipakai buat hal bermanfaat seperti mendirikan usaha? Perkara untung atau rugi sudah risiko, tapi setidaknya kamu sudah berusaha dan mau memperbaiki kualitas hidup bukan?

Sama halnya dengan bisnis kuliner kafe mi instan dengan cara yang nggak biasa, yakni membedakan topping dan rasanya kepada calon pembeli. Usaha upgrade mie instan ini lagi hits lho belakangan. Misalnya, kamu bisa menjual mi instan yang biasanya ditambah telur dan sawi, kini upgrade tampilannya dengan menambahkan keju, sosis, kaldu atau bahkan seafood. Sajikan seunik mungkin agar pelangganmu nanti bisa mengabadikannya di sosial media mereka, sehingga kamu mendapat promosi gratis namun menjanjikan!

Pssstt, sekadar tips, kamu bisa mulai jualan upgrade mie instan ini di simPATI KickFest XI Yogyakarta, lho. Dimulai dari event, siapa tahu jadi gerai besar ‘kan?

4. Manjakan selera kuliner generasi 90’an dengan menjual camilan jadul, yuk!

Jajanan Jadul via kemanaajaboleeh.com

Mi lidi, makaroni pedas, telur gulung dan lain sebagainya adalah daftar camilan jadul namun masih banyak diburu hingga kini. Harganya yang murah namun enak rasanya menjadikan snack ini sebagai primadona, terlebih di lingkungan sekolah dan kampus.

Kabar gembiranya, kamu bisa kok mendapatkan keuntungan besar dari bisnis kuliner jadul ini dengan menjajakannya di kantin sekolah atau kampus, bahkan kafe-kafe yang biasa menjadi tempat nongkrong anak muda. Bisnis yang memanfaatkan hal-hal nostalgia begini biasanya besarnya mudah. Wah, peluang bagus banget nih!

5. Pengen beda dan kekinian? Bikin saja bisnis kuliner cupcake anti mainstream!

Cupcakes via pexels.com

“Bro, cewek gue ulang tahun nih besok, kasih apa ya enaknya?”

“Surprise-in pakai cupcake kekinian aja, Bro. Dia pasti suka deh!”

Permintaan pasar akan sesuatu yang unik dan anti mainstream semakin menggila saja. Mikir belakangan soal rasa, banyak orang yang mementingkan penampilan luarnya saja. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membangun bisnis kuliner cupcake kekinian dengan sistem PO sehingga meminimalisir kerugian, serta makin mudah menaksir keuntungannya. Promosikan di sosial media dan teman-temanmu, agar bisnis menjanjikan ini makin populer!

 

Nah kalau kamu masih pusing nyari inspirasi ide bisnis, jangan khawatir! Dateng aja ke simPATI KickFest yang akan diselenggarakan pada tanggal 29 September – 1 Oktober 2017 di JEC Yogyakarta. Kamu yang lagi pengin belanja kaus unik, langsung datang saja. Ada banyak distro dan local brand yang bisa kamu pilih dan pilah sesuai selera.

Nggak cuma ada clothing expo, di simPATI KickFest bakal ada konser musik hingga bazar makanan! Di sini kamu juga bisa mengikut-sertakan bisnis kulinermu (kalau sudah ada) agar bisa dinikmati orang banyak. Lumayan untuk ajang promosi ‘kan? Nggak cuma bisa hangout sama teman-teman, simPATI KickFest juga kaya akan hiburan kreatif. Siapa tahu kan kamu nemu ide buat bisnismu di sana!

Nggak perlu berbasa-basi, kamu bisa mendapatkan informasi lengkapnya di simPATI KickFest, ya!

Hayoo, siapa di sini yang sudah siap jadi pengusaha kuliner dengan untung jutaan tiap bulannya?