Harganya yang terjangkau dan konsepnya yang unik. Itulah resep usaha yang ramai dan populer di kalangan anak muda. Jangan anggap ramah segmen ini karena anak muda di Indonesia mencapai lebih dari 50% total penduduknya. Sehingga jika bisnismu sukses di segmen ini, omzet yang bisa kamu dapatkan bisa lebih dari lumayan. Apalagi kamu tak memerlukan modal yang terlalu besar untuk mendirikan usaha pertama. Yang paling penting adalah konsep yang kreatif agar usahamu bisa diterima oleh para anak muda.

Agar kamu punya gambaran tentang konsep yang kiranya bisa kamu kembangkan, coba lihat daftar bidang usaha yang selalu laku di kalangan anak muda ini. Semoga bisa membantu langkahmu jadi wirausahawan sejati!

1. Produk kuliner yang diterima anak muda sebenarnya ada polanya. Selain pola, jangan lupa pasang harga yang waras dan aktif di sosial media.

Martabak yang sedang hits via twicsy.com

Produk kuliner yang bisa diterima dengan baik di kalangan anak muda sebenarnya ada polanya:

Tahun 2010 – 2012 : Keripik (tradisional) + bubuk cabe pedas aneka level (unik)

Tahun 2014 – sekarang : Martabak (tradisional) + cokelat merek tertentu atau green tea (unik)

Advertisement

Intinya, kamu perlu kreatif menggabungkan dua “unsur” yang kelihatannya kurang nyambung. Pastikan juga salah satu unsurnya adalah unsur yang tradisional, seperti keripik, martabak, atau nasi goreng dan bubur ayam. Sementara unsur yang satunya boleh modern atau bahkan “aneh”, asal kreatif. Jangan lupa testing dulu sebelum melakukan produksi massal agar kamu bisa menemukan rasa dan metode pembuatan produk yang paling tepat.

Kamu tahu usahamu sukses ketika mulai banyak pengekornya. Saat usaha keripik pedas asal Bandung itu booming, misalnya, muncullah banyak tempat makan yang menjual rasa pedas dengan berbagai level. Mulai dari mie pedas, ayam pedas, nasi goreng pedas, dan banyak lagi. Sama juga dengan tren kue cubit dan martabak manis yang di-upgrade dengan cokelat dan bubuk matcha. Bermula dari satu penjual saja, kini sudah banyak yang menjual produk yang sama. Oh iya: untuk memastikan idemu diterima, jangan lupa aktivasi di sosial media, ya.

2. Usaha kaos dan kemeja memang kompetitif. Tapi kamu tetap bisa sukses di dalamnya, asal kreatif.

Butik fashion untuk anak muda via jogjakonveksi.com

Kamu yang tertarik dengan dunia fashion juga bisa meluncurkan usaha pakaian dengan segmen anak muda. Saat ini cukup banyak usaha fashion yang target pasarnya anak muda. Untuk itu, jika kamu ingin membuka usaha di bidang ini kamu perlu membuat sesuatu yang benar-benar berbeda. Tentunya, kamu harus memiliki pasar yang lebih fokus lagi. Target pasar utamamu jelas untuk anak muda. Tapi anak muda yang seperti apa, bisa dibuat lebih spesifik lagi. Untuk anak muda laki-laki atau perempuan? Kelas menengah atau menengah-atas?

Brand fashion yang kamu luncurkan juga harus mampu menjadi simbol identitas tertentu.

Identitas di sini tak hanya soal gender atau kemampuan ekonomi, tapi juga kota asal atau kota tempat tinggalnya sekarang — atau bahkan musik atau film favorit kegeramannya. Misalnya saja, butik pakaian secondhand pria yang di-display secara elegan akan cocok bagi mahasiswa atau pelajar yang gemar musik jazz, film-film Hitchcock, dan gaya ala jentelman di tahun 50-an. Dengan tahu identitas apa yang disimbolkan produkmu, kamu jadi bisa lebih tepat arah dalam memasarkan produk itu.

3. Internet rumah yang sering lelet sebenarnya adalah peluang usaha. Kamu bisa membuka tempat nongkrong khusus anak muda yang supercepat koneksi internetnya.

Tempat nongkrong dengan internet tentu digemari anak muda via www.lokasiasik.com

Kebutuhan tertier anak muda: pacar, pelukan saat hujan datang

Kebutuhan sekunder: buku diktat kuliah, makanan layak, baju bagus, kamar kost standar

Kebutuhan primer: sinyal WiFi

Internet saat ini sudah menjadi bagian hidup anak muda. Baik mengerjakan tugas maupun mencari hiburan, mereka selalu mengandalkan internet untuk mendapatkannya. Untuk itu tempat nongkrong yang memiliki akses internet bagus sudah jadi kebutuhan primer bagi mereka . Tujuan mereka nongkrong adalah untuk mencari internet, jadi tidak perlu ada banyak menu yang kamu tawarkan. Menu-menu seperti menu warung saja sudah cukup.

Kalau kamu takut mereka akan nongkrong lama dan hanya pesan sedikit makanan, kamu bisa membuat paket-paket yang memudahkan mereka namun juga tetap menguntungkan usahamu.

 

4. Biar sudah bertahun-tahun berjalan, usaha game online sebenarnya masih banyak peminatnya

Game online masih menjadi idola via www.gamexeon.com

Sejak internet ditemukan, usaha rental game online mulai berkembang. Berbeda dengan usaha warnet yang perlahan tumbang, sampai saat ini usaha game online ini masih tetap ramai dan diminati banyak anak muda. Para pecinta game online pun memiliki komunitas sendiri. Jika kamu ingin mencoba bisnis game online, kamu harus bisa masuk ke komunitas tersebut dan membuat mereka tertarik untuk bermain di tempatmu. Agar tempatmu semakin dikenal, kamu bisa membuat perlombaan sederhana satu minggu sekali. Dengan ini mereka akan lebih nyaman menjadikan game center-mu tempat untuk menghabiskan waktu.

5. Bisnis karaoke adalah peluang yang lainnya. Walau sudah banyak karaoke yang ada saat ini, belum satupun yang benar-benar khusus menyasar anak muda.

Karaoke jadi gaya hidup baru saat ini via www.rantlifestyle.com

Kalau dulu hiburan anak muda hanya seputar nonton bioskop atau nongkrong, saat ini tempat hiburan untuk anak muda sudah sangat beragam. Beberapa tahun ini karaoke menjadi salah satu hiburan yang banyak diminati anak muda. Tempat-tempat karaoke pun semakin banyak bermunculan karena besarnya minat masyarakat. Pada malam minggu atau hari libur, tempat karaoke selalu ramai. Tak sedikit artis yang memilih membuka tempat karaoke sebagai usaha sampingannya.

Walau begitu, belum ada satupun tempat karaoke yang benar-benar menyasar anak muda. Kebanyakan bisnis yang sudah ada ditujukan untuk keluarga atau semua kalangan usia. Akibatnya, susah sekali buatmu menemukan lagu dari band indie favorit di tempat karaoke. Belum lagi konsep ruangan yang sebenarnya bukan “kamu banget”.

Nah, karena kamu paling tahu apa yang belum bisa dihadirkan karaoke yang ada saat ini untuk pelanggan-pelanggan seusiamu, kenapa tidak patungan dengan beberapa teman untuk mendirikan bisnis karaoke baru?

6. Persewaan tempat olahraga juga menjadi tempat hangout baru buat anak muda. Pastikan pusat kebugaranmu punya konsep yang unik dan berbeda.

Nge Gym via 2.bp.blogspot.com

Selain karaoke, tempat-tempat olah raga juga menjadi gaya hidup baru bagi anak muda. Tak sedikit anak muda saat ini yang mengisi waktu luang dengan berolahraga di pusat kebugaran atau bermain futsal. Maraknya tren ini tentu juga membuat banyak tempat olah raga bermunculan.

Kalau kamu tertarik membuka bisnis ini, carilah lokasi di kawasan sekitar kampus atau perkantoran. Umumnya, waktu yang dimiliki masyarakat sekarang untuk berolahraga tidak banyak. Jadi mereka butuh tempat olah raga yang dekat sehingga sebelum pulang ke rumah, dan sambil menunggu jam macet, mereka bisa menggunakannya untuk olahraga. Di samping itu fasilitas lengkap seperti tempat ganti dan mandi juga menambah daya tarik agar setelahnya dapat melanjutkan aktivitas yang lain.

Akan bertambah oke kalau kamu punya konsep yang berbeda dari pusat-pusat kebugaran lainnya. Misalnya saja kamu bisa membentuk suatu komunitas pecinta kebugaran dari para pelanggan gym-mu. Atau mungkin kamu ingin membuka gym khusus muslimah?

Sudah terbukti, ada banyak sekali peluang usaha yang bisa kamu jajal sebagai calon wirausahawan muda. Jadi, masih ada alasan buat malas-malasan?