Mencari ide datang dengan sendirinya bukanlah hal yang mudah. Kami perlu melakukan sebuah atau bahkan banyak inisiatif buat bisa mengundang ide itu datang. Ide itu nggak mandiri dan bisa datang sendiri, harus dijemput.

Daripada pusing dalam diam karena susah dapet ide, coba gerakin badanmu dikit aja. Sering kali nggak disadari, ternyata dengan hal sesederhana berpose gegoleran dan santai di mana pun itu, bisa jadi sebuah inisiatif biar ide datang kapan aja. Wah, jadi nggak bete lagi buat cari ide!

1. Sambil memangku wajah dan melihat ke depan. Diem bentar sambil lihat sekitar, wah jadi kepikiran

Bukan malas kok via www.pinterest.com

Memangku wajah seringkali diasosiasikan dengan bermalas-malasan. Sambil melihat ke depan, kamu kelihatan seperti sedang nggak ada pikiran. Padahal dengan berpose itu, kamu memang menjadi lebih santai. Dari situ, kamu bisa membebaskan pikiranmu untuk mengeksplor ide apa saja. Berpangku tangan di bawah pohon sambil menikmati sore sendu, wah tunggu saja ada ide apa yang akan kamu dapatkan.

2. Bersandar lemes ke kursi. Coba lihat langit-langit, siapa tahu ada ide baru terbesit

Senderan dulu via www.mirror.co.uk

Saat badan lagi capek-capeknya dan kamu sedang dituntut untuk punya ide yang berbeda dari sebelumnya, ada satu pose sederhana yang bisa kamu lakukan. Sandarkan kepala dan badanmu di kursi sembari melihat ke langit-langit. Secara nggak langsung, bisa meregangkan ototmu yang tegang. Coba deh relaksasi buat dirimu dulu di tengah hectic dan membayangkan hal-hal liar dan asik dari langit-langit putih ruanganmu. Siapa tahu ada maha karya yang tercipta dari tanganmu.

Mind Walker Series oleh Kurniawan Ramadhan via www.goaheadpeople.com

Karya yang menyiratkan banyak arti seperti Mind Walker Series dari Kurniawan Ramadhan untuk Go Ahead Challenge 2016 siapa tahu bisa tercipta pula darimu. Jika kamu perhatikan dengan seksama, hasil karya seninya ini menyiratkan tentang penyatuan antara sesama makhluk hidup. Terlebih lagi tentang alam dan manusia. Wah, lihat langit-langit putih saja ada banyak ide yang nggak biasa dan bisa bikin bangga!

3. Di atas kasur dan terlentang santai dan dengerin lagu. Ambil kertas biar ide nggak kabur

Berleha-leha di kamar, lebih tepatnya di atas kasur memang jadi pendongkrak ide yang bisa diandalkan. Terlentang di kasur dalam keadaan tanpa banyak beban, coba mulai membayangkan sesuatu. Ditambah lagi dengan mendengarkan musik, wah makin merasuk mood-nya buat cari ide. Ide yang absurd tak apa, karena kamu bebas mendapat ide dari banyak sumber. Bahkan, dari lemari pakaianmu, bisa jadi ada sumber yang menginspirasimu membuat sebuah outfit yang lebih unik!

Sesilia Fajar Handayani via www.goaheadpeople.com

Salah satu finalis dari Go Ahead Challenge yang punya karya yang membanggakan dan terdapat dalam bentuk jaket serbaguna. Sesilia Fajar Handayani yang memang sudah punya ketertarikan di fashion, mengembangkan aspek di dalam jaket buatannya tersebut. Kenyamanan dan keserbagunaan bikin jaket ini juga bisa dipakai sebagai tas. Wah, nggak sempat kepikiran ya buat bikin karya unik ini~

4. Tengkurap di atas matras yoga. Kalem dan tenant akan bawa keuntungan

Kayak gini boleh lah via papasemar.com

Santaikan pikiranmu dengan tengkurap di atas matras. Memang kamu nggak bisa yoga, tapi istirahat sejenak di atas matras yoga tak ada yang melarang. Lemaskan badanmu di sana, dan biarkan ide mendatangimu saat lagi tenang-tenangnya. Pejamkan matamu, bayangkan hal-hal baru yang sebelumnya nggak kamu pikirkan. Sembari bikin badan lebih seger karena pose yang cukup rumit, otakmu bisa makin berusaha buat cari ide baru.

5. Pose telungkup kayak gaya batu. Sambil kedip-kedip, siapa tahu ada ide brilian lewat

Kayak keong via loveizlyf.blogspot.co.id

“Eh, ngapain kamu telungkup gitu? Niruin keong? Gaya batu?”
“Cari inspirasi, cuy.”
“HAHAHAHAHA!”

Karena cara tiap orang buat dapetin ide berbeda-beda, sudah, tak usah hiraukan tawa mereka. Kadang, kamu perlu melakukan hal baru. Mencoba pose-pose baru yang unik misalnya dengan telungkup kayak gayang batu saat berenang, kasih kesempatan buat dipraktikkan. Mengumpulkan energi buat hal ini, bisa mengundang ide-ide datang tiba-tiba. Siapa yang tahu, kan?

6. Duduk dan miringkan kepala ke kanan atau kiri sambil santai. Ah, ditinggal main hape eh dateng sendiri

Biar ga lelah via www.tumblr.com

Terlalu lama menghadap laptop, terkadang bikin kepalamu capek. Coba hilangkan ketegangan itu dengan memiringkan kepala ke kanan atau ke kiri secara bergantian. Biarkan sebentaran sambil liat layar hapemu. Siapa tahu dengan gaya miring-miring ini, hal-hal jenius lainnya bisa muncul dari anganmu.

Oleh Okyviane Liunic via www.goaheadpeople.com

Ilustrasi yang menonjolkan keunikan yang nggak dimiliki karya milik orang lain, Okyviane Liunic atau yang akrab dipanggil Owie, adalah salah satu finalis dari ajang pamer karya paling bergengsi Go Ahead Challenge layak kamu jadikan panutan. Karya yang bertajuk “Current”-nya, punya sentuhan garis tipis pink dan biru, benar-benar bisa menggambarkan visualisasi yang berbeda dari lainnya.

Sebagai wadah yang tepat untuk menujukkan beberapa karya terbaikmu, Go Ahead Challenge bisa saling menginspirasi. Untukmu yang butuh inspirasi tentang karya orisinil dan out of the box atau menunjukkan karya, inilah tempatnya. Dari proses seleksi yang cukup ketat, akhirnya terpilihlah 12 orang finalis dari 50 yang mengirimkan karya terbaiknya dalam fotografi, style, musik, dan visual art.

Keduabelas finalis ini berkesempatan untuk memamerkan karyanya untuk dinikmati oleh publik. Siapa yang tak bangga jika hasil karya tangan dan pikirannya bisa diapresiasi oleh para penikmat seni?

Pada Artwarding Night, akan diumumkan siapa lima pemenang favorit dari 12 finalis yang memenangkan hasil voting terbanyak. Untuk kamu yang mau tahu siapa saja insan berbakat di dunia seni ini, tetap cari tahu update terbarunya di Go Ahead People, guys!

Setelah mempraktikkan pose-pose aneh tapi penuh manfaat ini, apakah kamu udah mendapatkan inspirasi dengan derasnya, guys? Selamat mencoba!