Jamur merupakan salah satu bahan masakan yang memiliki cita rasa khas, unik, dan nikmat. Tentu saja, bergantung bagaimana kita mampu mengolahnya. Hanya mengenal jamur goreng crispy saja? Ah kamu kurang kekinian. Jamur itu ada banyak macamnya, ada jamur tiram, jamur merang, jamur shitake, jamur kuping, jamur hioko dan masih banyak lagi.

Cara memasaknya? Banyak! Selain digoreng, ditumis pun juga oke, dipepes, dioseng, dan aneka cara memasak lainnya. Jadi, yuk mari berkreasi mengolah jamur dengan cita rasa masa kini. Simak yuk beberapa jenis jamur yang dapat diolah dengan beragam cara ini!

1. Jamur tiram jangan cuma digoreng, bisa nih kamu bikin sate-satean

sate jamur via static.pulsk.com

Jenis jamur yang satu ini sangat banyak dijual di pasaran. Warnanya yang putih, dengan bentuk yang lebar dan bergerombol pasti sudah banyak yang familiar. Sudah terlalu mainstream kalau kamu hanya mengolah jamur tiram menjadi jamur crispy yang renyah dan gurih saja. Lebih dari itu, kamu bisa campurin bumbu kacang dan menjadikannya nampak seperti sate ayam yang bikin siapapun tergiur. Coba yuk!

Bahan-bahan :

Advertisement
    " data-mobile-editor="ingredients">
  1. 500 gram jamur tiram
  2. 100 gram kacang tanah (goreng)
  3. 3 buah cabai merah (goreng)
  4. 1 siung bawang putih (goreng)
  5. 2 butir kemiri (goreng)
  6. 1/2 balok gula merah
  7. 3 sdm kecap manis
  8. 3 buah cabai rawit
  9. 3 siung bawang merah
  10. secukupnya garam

Langkah yang kudu kamu lakukan :

  1. Rebus jamur sebentar di air mendidih, tiriskan, lalu suwir-suwir kasar
  2. Haluskan kacang dan semua bumbu yang telah disiapkan, tambahkan air, masak hingga mengental, dan tambahkan kecap sesuai selera jika suka. Setelahnya, jangan lupa cicipi dulu bumbu yang kamu ciptakan itu

  3. Celup jamur yang telah ditusukke dalam bumbu kacang, lalu bakar hingga matang sambil dioleskan tambahan kecap

  4. Sajikan dengan irisan cabai rawit dan bawang merah mentah untuk menggugah selera

2. Kata siapa jamur kuping cuma bisa hadir dalam sup saja. Resep bakso ikan jamur pun bisa kamu jajal

hmmm yummy via www.royco.co.id

Meski warnanya coklat dan nampak basah, namun jangan salah, rasa jamur kuping pun nggak kalah enak dari jamur tiram. Bentuknya tipis dan kenyal dan biasanya dijual dalam dua bentuk, basah ataupun kering. Jamur kuping kering memiliki bentuk yang lebih menyusut dan keras. Jamur ini bermanfaat untuk mengurangi panas dalam lho… Coba bikin bakso ikan yuk, pasti deh diminati dari anak-anak sampai dewasa.

Bahan-bahan :

    " data-mobile-editor="ingredients">
  1. 500 gram ikan tengiri
  2. 1 buah wortel, parut
  3. 3 siung bawang putih, cincang halus
  4. Daun seledri, cincang halus
  5. 3 sdt garam
  6. 1 sdt bawang putih bubuk
  7. 4 buah jamur kuping, cincang halus
  8. 1 sdt minyak wijen
  9. 1 gelas air dingin
  10. 2 sdm tepung sagu

Langkah yang kudu kamu lakukan :

  1. Blender semua bahan, kecuali tepung sagu. Blender sampai halus ya..
  2. Tambahkan tepung sagu, uleni hingga rata
  3. Setelahnya, bentuk bulat dengan bantuan dua sendok. Jika sudah, masukkan dalam air panas hingga mengapung
  4. Angkat dan dinginkan. Bakso ikan siap untuk dihidangkan! (Bisa dimasak lebih lanjut sih, mau dibuat sup, cah, mie goreng, atau bahkan cemilan)

3. Jamur shitake bisa juga lho kamu kombinasikan dengan brokoli, untuk akumulasi nilai gizi yang tinggi

brokoli nih via img.sndimg.com

Jamur shitake banyak digunakan dalam masakan Jepang seperti udon seafood misalnya. Namun untuk mengonsumsi jamur satu ini, kamu perlu hati-hati alias waspada. Sebab, jamur ini mirip dengan jamur beracun ‘‘Omphalotus guepiniformis’‘. Jadi bila kamu ingin membeli jamur shitake, sebaiknya lebih teliti karena kedua jamur ini sangat mirip. Tapi dibalik itu semua, jamur shitake juga kaya akan serat dan protein. Kombinasiin sama brokoli yuk..

Bahan-bahan :

    " data-mobile-editor="ingredients">
  1. 2 buah brokoli ukuran sedang
  2. secukupnya jamur shitake
  3. 3 siung bawang putih
  4. 2 sdm minyak untuk menumis
  5. Kaldu ikan cakalang 2 sdt (bubuk), lalu larutkan di 100ml air hangat
  6. 1 sdmoyster sauce
  7. 1 sdt kecap ikan
  8. 1 sdt kecap asin
  9. 1 sdt gula
  10. 1 sdm tepung tapioka, larutkan pada sedikit air, gunanya untuk mengentalkan kuah saus

Langkah yang kudu kamu lakukan :

  1. Petik brokoli dulu, tapi jangan terlalu kecil. Lalu siangi atau rebus brokoli tadi setengah matang. Jangan terlalu matang, karena akan tidak renyah hasilnya saat dimakan, dan warna brokoli akan berubah.
  2. Tiriskan brokoli yang sudah direbus, siapkan pada piring saji untuk ditata.
  3. Cincang bawang putih, tumis hingga harum dan berubah warna.
  4. Iris tipis jamur shitake, masukkan bersama tumisan bawang putih, aduk hingga jamur layu.
  5. Tuangkan kaldu ikan cakalang yang sudah dilarutkan pada 100ml air hangat
  6. Masukkan oyster sauce, kecap ikan, kecap asin, dan gula.
  7. Tunggu hingga mendidih, tuangkan larutan tepung tapioka. Aduk rata sampai saus terlihat mulai mengental. Tadaaa… mushroom broccoli with oyster sauce sudah siap disajikan~~

4. Masak pedas jamur kancingmu yuk, lumayan bisa menghangatkan saat hujan

kamu mau nolak? via selerasa.com

Selain jamur tiram, jamur kancing juga termasuk yang paling mudah ditemui di supermarket. Bentuknya bulat mirip kancing dan sering digunakan sebagai isian lumpia atau aneka gorengan lainnya. Tapi jangan salah, jamur kancing juga bisa jadi menu utama dalam lauk pauk sajian makan siang atau malammu. Nggak percaya? Ini sih
buat kamu yang doyan pedas aja. Apalagi kalau flu, dijamin cepet sembuh~~~

Bahan-bahan :

    " data-mobile-editor="ingredients">
  1. 250 gr jamur kancing
  2. 1/4 buah bawang bombay
  3. 3/4 sdt garam
  4. 1/4 sdt gula pasir
  5. 2 sdm selera kecap manis
  6. 100 ml air
  7. 2 sdm bubuk cabe
    bumbu halus:
  8. 3 siung bawang putih
  9. 1/4 sdt merica butir
  10. 1 butir kemiri ukuran kecil
  11. 1/4 sdt ketumbar butir
  12. 3 buah cabe rawit

Langkah yang kudu kamu lakukan :

  1. Buang batang jamur. Iris memanjang dulu, lalu cuci bersih dan tiriskan
  2. Iris bawang bombay dan haluskan seluruh bahan untuk bumbu halus
  3. Lalu tumis keduanya dengan zaitun hingga harum
  4. Kemudian, masukkan jamur dan tumis hingga layu serta mengeluarkan air
  5. Selanjutnya, masukkan air matang
  6. Tambahkan garam, gula, kaldu bubuk, cabe bubuk, dan kecap manis
  7. Koreksi rasanya, masak hingga air mendidih.

5. Nasi tim ayam jamur bisa kamu bikin dengan jamur merang lho

adududuuuh~ via resepmasakankue.com

Jamur merang ini bentuknya menyerupai tiram, dan ukurannya cenderung besar-besar. Inilah mengapa orang kemudian menyebutnya jamur merang. Warnanya putih, rasanya kenyal hampir mirip seperti daging ayam. Umumnya tumbuh di kayu-kayu lapuk, di jerami, atau di ladang tebu, harganya pun nggak mahal kok. Biar hemat sis, bikin nasi tim ayam jamur aja yuk buat bekal makan siangmu di kantor.

Bahan-bahan :

    " data-mobile-editor="ingredients">
  1. 2 cup takar beras
  2. 1 lembar daun salam
  3. secukupnya garam
    Bahan isi:
  4. 3 potong fillet ayam
  5. 1 cup kecil jamur merang
  6. 1 buah bawang putih, cincang halus
  7. 1 batang daun bawang (ambil tangkai putihnya saja, iris halus)
  8. 3 sdm minyak wijen
  9. 1 lembar daun salam
  10. 2 sdm kecap manis
  11. sedikit kecap ikan untuk aroma
  12. secukupnya garam dan merica
  13. 150 ml air
    Bahan kaldu:
  14. 2 ceker ayam
  15. 500 ml air
  16. 1 ruas jahe dikeprek
  17. secukupnya garam dan merica
  18. 1 batang daun bawang (ambil yg bagian hijau saja, iris halus)

Langkah yang kudu kamu lakukan :

  1. Cuci beras hingga bersih. Tambahkan air secukupnya, beri 1 lembar daun salam dan sedikit garam. Masak nasi, sisihkan dulu.
  2. Buat bahan isi. Panaskan wajan, masukkan minyak wijen, lalu masukkan cincangan bawang putih, daun salam dan ayam. Masak sampai ayam matang.
  3. Tambahkan air, beri garam, merica, kecap manis, kecap ikan, jamur dan daun bawang. Cicipi dan biarkan sampai air mendidih. Matikan api. Sisihkan lagi.
  4. Buat kaldu. Didihkan air, masukkan ceker dan jahe. Bumbui dengan garam dan merica. Biarkan 10 menit di atas api kecil. Matikan api dan buang jahenya.
  5. Saatnya mencetak nasi tim. Oles bagian dalam mangkok melamin food grade atau mangkok tahan panas lainnya dengan minyak sayur. Isi 2 sdm bahan isian ke dalam mangkok.
  6. Tutup bahan isian dengan nasi yang telah dimasak di awal tadi hingga 3/4 bagian mangkok. Tambahkan 4 sdm kaldu.
  7. Kukus nasi tim sampai matang, kurang lebih 20 menit.
  8. Pindahkan nasi tim ke piring. Sajikan dengan kuah kaldu yang sudah diberi taburan daun bawang.

6. Jamur payung dibumbui saus tiram leh uga jadi pilihan santapan akhir pekan

yang ini gimana? via photos1.blogger.com

Jamur payung atau jamur hioko ini dikenal sebagai jamur yang cukup mahal harganya. Sebab, rasanya memang nikmat dan berkhasiat menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Ciri-cirinya, bentuknya seperti payung, warnanya kekuning-kuningan atau kecoklat-coklatan dengan tudung berdiameter 3-10 cm. Dibumbui saus tiram bisa jadi hidangan mewah menggugah gairah lho

Bahan-bahan :

  1. 250 gr jamur kuping
  2. 3 sdm saus tiram
  3. 3 sdm minyak sayur
  4. 2 sdt gula pasir
  5. 150 gr udang, kupas kulitnya
  6. 2 sdm tepung maizena, larutkan dengan 2 sdm air
  7. 200 ml air
  8. 150 gr wortel, potong-potong
  9. garam secukupnya

Bahan yang diiris-iris

  1. 3 buah cabe hijau besar
  2. 3 siung bawang putih
  3. 3 siung bawang merah
  4. 2 buah cabai hijau
  5. 2 buah bawang bombai
  6. 2 buah cabai merah

Langkah yang kudu kamu lakukan :

  1. Panaskan minyak goreng dalam wajan, dan tumis semua bawang serta cabai atau bahan yang telah diiris tadi.
  2. Kemudian aduk, serta masukkan udang, masak hingga matang atau berubah warna
  3. Masukkan saus tiram, tambahkan gula dan garam secukupya. Biarkan semua matang, aduk sesekali hingga kuah menjadi berkurang
  4. Terakhir, beri maizena yang telah dilarutkan ke dalam air tadi. Lalu, masak hingga mengental dan mendidih, baru angkat. Jamur kuping saus tiram siap disantap. Eits tunggu dingin dulu ya…

Jadi, gimana girls? Sudah siap berkreasi dengan aneka jamur mu? Dijamin, biar seminggu makan jamur mulu juga nggak bakal bosen, hihiii 😀