Untuk orang punya kesibukan tinggi, waktu tidur seringkali menjadi barang langka. Tinggi-nya mobilitas dan schedule untuk melakukan ini dan itu, sering membuat mereka nggak punya waktu yang cukup untuk istirahat. Karena itu masing-masing orang punya cara sendiri untuk membuat diri nyaman, seperti bagaimana mendapatkan tidur yang berkualitas dalam waktu yang relatif singkat. Cara-cara unik untuk memanfaatkan waktu istirahat, dari 7 tokoh besar dunia di bawah ini bisa kamu jadikan bahan pertimbangan. Karena bagaimanapun juga, istirahat yang cukup adalah modal penting untuk bisa meraih kesuksesan. Tidak cuma bekerja keras, hidupmu baru bisa seimbang dan bahagia jika kamu mendapat waktu tidur yang berkualitas.

1. Pendiri surat kabar ternama dunia, Huffington Post, Arianna Huffington mengubah kamarnya menjadi gua pribadi. Terbebas dari segala gadget adalah syarat utamanya

Arianna Huffington via www.adweek.com

Di tahun 2007, CEO Huffington Post ini pernah mengalami kecelakaan akibat terlalu lelah dan hanya tidur beberapa jam di malam sebelumnya. Pasca kejadian itu, Arianna meyakini bahwa tidur adalah modal utama manusia untuk menjalani hari-hari. Karenanya dia segera merenovasi kamar tidurnya supaya bisa optimal untuk beristirahat. Dari memasang ranjang berkanopi sampai tirai-tirai tebal yang menghalangi cahaya, semua upaya dilakukan untuk mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.

Supaya lebih rileks sebelum tidur, salah satu CEO perempuan paling berpengaruh di dunia ini tak pernah lupa untuk mandi air hangat setelah bekerja seharian. Syarat lainnya, Arianna juga meninggalkan semua gadget untuk di-charge di luar kamar. Nah, kamu yang suka tidur sambil main HP yang lagi di-charge, ingat tubuhmu juga perlu di-charge dengan tidur pulas di waktu malam.

2. Tidur siang memang sangat bermanfaat. Bagi pemimpin era Perang Dunia II, Winston Churchil, tidur siang 2 jam setiap hari itu kewajiban

Winston Churchill via www.thrillist.com

Advertisement

Sebagai tokoh dunia, Winston Churchill ini terkenal dengan schedule tidur-nya yang random. Saking berantakannya, bahkan dia pernah memimpin sebuah rapat membahas perang dari kamar mandinya. Tapi Churchil punya kebiasaan yang tidak bisa diganggu gugat. Setiap sore menjelang pukul 5 Churchill akan minum sedikit soda dan whiskey, sebelum kemudian tidur siang selama 2 jam.

Setelah bangun, Churchill akan mandi dan bersiap untuk makan malam dan menyelesaikan semua pekerjaan. Menurut Perdana Menteri Inggris yang iconic ini, tidur siang singkat itu membuatnya bisa menyelesaikan beban pekerjaan untuk 1,5 hari setiap harinya.

3. Sastrawan Dunia penulis Oliver Twist dan David Copperfield, Charles Dickens selalu tidur menghadap ke arah utara. Percaya atau tidak, ini adalah rahasianya mengembangkan kreativitas

Charles Dickens via play.google.com

Kamu yang penggemar berat tulisan Charles Dickens, mungkin bertanya-tanya bagaimana imajinasi manusia bisa menghasilkan karya yang sedemikian hebatnya. Ternyata Dickens punya gaya nyentrik soal tidur yang konon sangat berpengaruh dengan kreativitasnya. Dickens terkenal mengidap insomnia yang membuatnya susah tidur di malam hari. Karena itu pula, Dickens selalu membawa kompas ke manapun dia pergi, untuk memastikan bahwa dia menulis dan tidur menghadap ke arah utara.

4. Bila Winston Churchil tidur siang selama 2 jam, pelukis kenamaan dunia Leonardo Da Vinci perlu tidur siang 20 menit setiap empat jam sekali

Leonardo Da Vinci via www.thefamouspeople.com

Bila Winston Churchill punya rutinitas tidur siang yang ‘ajeg’, berbeda dengan seniman di balik lukisan Monalisa dan karya-karya dunia lainnya. Leonardo Da Vinci adalah salah satu pelaku dari sistem tidur ‘Uberman Sleep Cycle’. Yaitu, sebuah pola tidur pengganti tidur malam yang panjang, dengan tidur siang selama 20 menit setiap empat jam sekali. Meskipun ini bisa menjadi solusi untuk kamu yang sering mengalami insomnia di malam hari supaya tetap bisa on di siang hari, tapi ‘Uberman Sleep Cycle’ tetap kurang bagus dari segi medis. Jadi kecuali kamu terpaksa banget, lebih baik kamu tidak menerapkan siklus tidur tidak konvensional ini.

5. CEO Yahoo! yang terkenal workaholic, Marissa Mayer memang selalu kekurangan jam tidur. Karena itu cuti seminggu penuh setiap 4 bulan sekali wajib untuk menggantikan waktu tidur

Marissa Mayer via www.inc.com

Kamu yang merasa sudah sangat sibuk karena sering lembur satu atau dua jam setiap harinya, mungkin tidak akan bisa membayangkan kehidupan Marissa Mayer yang sering bekerja 130 jam per minggu saat masih bekerja di Google. Dan saat sudah memimpin Yahoo!, meskipun banyak yang mengritisi gaya kepemimpinannya, namun semua mengakui bahwa Marissa bekerja 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

Bagaimana caranya dia bisa hidup seperti itu? Pertama, Marissa, membiasakan diri untuk tidur di sela-sela kerja. Kedua, Marissa selalu mengambil cuti seminggu full untuk liburan setiap empat bulan sekali. Kamu yang super hectic, mungkin bisa meniru cara Marissa Mayer supaya tetap sehat dan waras.

6. Salah satu penulis misteri paling terkenal di dunia, Stephen king harus selalu melakukan ritual ‘bersih-bersih’ dulu sebelum tidur. Supaya tidurnya berkualitas dan nyaman

Stephen King via www.huffingtonpost.com

Mungkin setiap penulis memang memiliki kebiasaan yang nyentrik. Tak jauh beda dengan Charles Dickens, penulis misteri Stephen King juga punya ritual yang aneh menjelang tidur. Dia akan memulai dengan ritual bersih-bersih normal seperti sikat gigi dan cuci tangan. Selanjutnya, anehnya peletakan bantal juga tidak boleh sembarangan. Bagian sarung bantal yag terbuka harus menghadap ke sisi tempat tidur yang lain. Baru dengan begitu tidurnya akan nyenyak. Nah, kamu pun boleh punya kebiasaan tidur yang aneh-aneh. Asal nyaman dan bikin nyenyak, ya.

7. Presiden Terpilih Amerika, Donald Trump, hanya tidur 3-4 jam sehari supaya bisa cepat bangun untuk melakukan kegiatan favoritnya, yakni mencari namanya di headline koran pagi

Donald Trump via bgr.com

Yang tak kalah membuat kita penasaran tentu saja gaya hidup Presiden Terpilih Amerika yang baru, Donald Trump. Seiring kesibukannya mengelola bisnis yang sedemikian besarnya dan nanti akan mengelola Amerika, kira-kira bagaimana Trump bisa tidur nyenyak setiap malam? Ternyata, selama ini Trump hanya tidur sekitar 3-4 jam setiap harinya. Tak jarang juga waktu tidurnya hanya 90 menit saja. Trump terbiasa bangun pagi-pagi pukul 6 atau 6.30, lalu mulai memeriksa koran pagi dan mengeliping berita-berita tentangnya. Keliping yang tidak pernah dibaca ini hanyalah semacam kumpulan penghargaan dan pengakuan bagi Trump. Melihat namanya di koran, konon akan membuatnya tetap fokus dan tetap tegar menghadapi hari-hari.

Seperti kata Arianna Huffington, kesalahan besar adalah kita sering berpikir bahwa tidur adalah aktivitas sia-sia karena tidak menghasilkan apa-apa. Padahal tidur adalah waktu di mana otak melakukan serangkaian sistem yang dikenal dengan ‘Lymphatic System’. Ibarat komputer, di momen ini otak sedang menghapus semua virus-virus yang datang mengganggu supaya esok hari bisa bekerja dengan maksimal.

Tidur terlalu lama juga tidak bagus untuk kesehatan. Yang terpenting dari tidur tentu adalah kualitasnya. Meski tak bisa selalu 8 jam, yang penting nyenyak dan nyaman. Jadi kamu bisa bangun dalam kondisi bugar, siap menghajar hari-hari yang berat itu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya