Rasanya gak bakal ada deh pekerja yang gak pengen gajinya naik. Meskipun belum banyak prestasi, atau masa kerja masih belum lama, seperti kurang dari satu tahun, siapa yang gak mau gajinya naik?

Semakin sini, kebutuhan makin banyak. Entah buat kehidupan sehari-hari, buat tabungan, atau bahkan buat jatah kencan sama gebetan. Kenaikan gaji adalah dambaan setiap pekerja.

Dalam sebuah survei di Amerika Serikat, dikutip dari BBC, satu dari tiga orang bakal cari kerjaan baru kalau dalam 12 bulan mereka gak dapet kenaikan gaji. Di bawah ini ada beberapa contoh petikan obrolan yang bisa kamu pakai buat ngasih kode kalau pengen gajimu naik ke atasanmu.

Ketika kamu terus berprestasi dengan timmu. “Tim yang saya pimpin berhasil dapat klien lagi, Pak.”

Dipercaya perusahaan, dan keberhasilan sebagai jawabannya. via b-i.forbesimg.com

Kerja memang gak bisa lepas sama yang namanya target. Apalagi kalau kamu kerja di tempat yang salah satunya menjadikan klien sebagai indikator keberhasilan perusahaan. Kalau kamu dipercaya menjadi seorang pemimpin dari sebuah tim kecil untuk mencari klien dan pada akhirnya berhasil mendapatkan banyak klien, gak ada salahnya kamu coba ngajak ngobrol atasanmu dan kasih kode soal kenaikan gaji dengan bilang intinya, “Tim yang saya pimpin berhasil dapat klien lagi, Pak/Bu.”

“Bu, jobdesc saya kan makin banyak nih…. Apa ada pertimbangan dari perusahaan?”

Advertisement

Kerjaan nambah banyak, gaji tetep. Huft via www.tgchan.org

Ketika bekerja, kamu bisa merasakan seorang rekan kerja yang mengundurkan diri atau dipecat oleh perusahaan. Saat ia pergi, dan kondisi saat itu perusahaan belum mendapatkan penggantinya, bukan tak mungkin pekerjaan eks rekan kerjamu tadi dilimpahkan kepada kamu. Beban kerja pun bertambah. Kesempatan kamu buat mengajukan permohonan izin sangat ada. Dengan catatan, kamu mampu menyelesaikan tugas-tugasmu dengan baik. Ketuklah pintu manajermu, dan coba kasih kode dengan inti, “Pak, job desc saya kan makin banyak nih.”

Loyalitas punya harga. “Saya sudah lama mengabdi di sini, tapi …”

Kesel juga kalo ga naik-naik. via sunlark.com

Buat kamu yang telah mengabdi lebih dari satu tahun dan belum dinaikin gajinya, coba aja iseng-iseng di waktu yang santai, kamu ngobrol sama manajermu dengan bilang kalau kamu sudah mengabdi satu tahun di perusahaan. Bilang juga loyalitas kadang perlu dihargai lebih.

Cocok buat dipake setelah tahun baru. “Pak, tingkat inflasi tahun ini udah berubah. Apa ada kebijakan?”

Hmm taunnya udah berubah kan, Pak? via drdianehamilton.files.wordpress.com

Seperti yang udah ditulis sebelumnya, satu dari tiga pekerja bakal mencari pekerjaan baru kalau setelah satu tahun tidak ada kenaikan gaji. Satu tahun memang bukan waktu yang lama, tapi setidaknya kamu telah mengabdi selama satu tahun itu kepada perusahaan.

Agar lebih meyakinkan coba bandingkan Cobalah pake kutipan di atas buat jadi bahan kode buat ngobrol ke atasan kamu.

Buat kamu yang berprestasi secara personal.“Dalam beberapa bulan terakhir target kerja saya tercapai semua. Boleh ada insentif Pak?”

Target tercapai terus layak dapat penghargaan lebih. via www.tipr.co.uk

Perusahaan selalu mempunyai target untuk menjaga hidupnya. Dan untuk mencapai target-target tersebut, perusahaan banyak melimpahkan dan membagi targetnya tersebut para pekerja. Setiap pekerja pun diberi tanggung jawab untuk mencapai target. Kalau tak berhasil, rapor pekerja bisa merah. Namun jika kamu tau kalau pekerjaan kamu selalu berhasil mencapai target dan membuat perusahaan dalam kondisi sehat, cobalah narsis kepada atasanmu. Kamu layak mendapatkan penghargaan dari apa yang kamu capai.

“Harga kebutuhan udah naik semua Pak/Bu….”

Pusing nih harga kebutuhan sehari-hari naik terus.. via i.huffpost.com

BBM sekarang memang lebih murah dari tahun lalu. Tapi bukan berarti sembako dan biaya hidup turun kan? Kalau saran ini, sebagai keresahan yang mungkin saja semua orang alami. Tapi kalau kamu punya prestasi dan berhasil dengan target-target dari perusahaan, cobalah buat menyampaikan keluhan ini kepada atasan kamu. Sebisa mungkin dekati dulu secara kontinyu, jangan langsung tiba-tiba kamu muncul dengan bilang keresahan kamu.

Selamat menebar kode. Semoga segera naik gaji 🙂