“Hayo, seberapa sering kamu lembur dalam seminggu?”

Memang terkadang karena banyaknya tuntutan yang harus dijalani, kita jadi bekerja lebih dari 8 jam per hari. Hal ini tentu saja baik karena artinya kamu berdedikasi tinggi dan mau menyelesaikan tanggung jawab pekerjaan hingga benar-benar tuntas. Namun jika terlalu kerap dilakoni, lama kelamaan hal ini juga tak akan sehat untuk kehidupanmu.

Waktu yang terlalu banyak tersedot untuk urusan kantor akan mengorbankan kehidupan pribadi. Pada akhirnya, kamu justru banyak mengorbankan kesenangan diri sendiri karena terlalu mendewakan pekerjaan. Sebelum hal itu terjadi, lakukan 7 hal ini supaya kamu bisa pulang tepat waktu tiap hari.

Jika ingin pulang tepat, kamu juga harus datang pagi. Makin baik lagi jika kamu bisa datang lebih awal sehingga punya waktu untuk persiapan menghadapi hari.

pulang kerja tepat waktu via stylemeupt.wordpress.com

Jika kamu ingin pulang tepat waktu setiap hari, maka kamu juga harus berkomitmen pada diri sendiri untuk selalu datang pagi. Paling tidak tiba di kantor setengah jam sebelum jam kerja dimulai. Kelebihan waktu yang kamu miliki ini bisa digunakan untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Misalnya saja membuat jadwal dan agenda, menghubungi beberapa kolega, hingga sarapan maupun menyempatkan diri untuk membuat secangkir kopi.

Advertisement

Kamu pun juga bisa bersantai dengan berselancar di dunia maya atau membawa koran pagi. Hitung-hitung memperkaya diri sebelum menghadapi hari. Bahkan, kebiasaan selalu datang lebih awal di kantor akan membuatmu merasa memiliki lebih banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan.

Membuat jadwal dan to-do list patut dilakoni. Ini cara sederhana supaya kamu langsung tahu apa yang harus dikerjakan mulai pagi hari.

pulang kerja tepat waktu via www.ce.org

Tak cukup hanya datang lebih awal ke tempat kerja saja. Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menyusun jadwal harian dan membuat to-do list. Jadwal serta to-do list ini tak bisa dipandang sebelah mata. Karena sebenarnya kehadiran merekalah yang membantu kegiatan harianmu makin terarah.

Buat jadwal harianmu dari pagi hingga malam hari. Dengan begini, kamu pun jadi tahu bahwa kamu harus meninggalkan kantor pada pukul 5 karena ada kegiatan lain yang juga harus kamu lakukan. Selalu berdisiplin mematuhi jadwal yang telah kamu buat ini akan membuatmu selalu bisa pulang kerja tiap waktu.

Tetapkan target yang jelas supaya pekerjaanmu mudah terselesaikan, misalnya satu pekerjaan harus selesai sebelum jam 12 siang.

pulang kerja tepat waktu via trends.corbisimages.com

Berdisiplin pada diri sendiri tak hanya dilakukan ketika kamu menepati jadwal harianmu saja. Kamu juga perlu menetapkan target pribadi yang harus dicapai tiap harinya. Misalnya saja kamu membuat target bahwa kamu harus mampu menyelesaikan 1 pekerjaan sebelum jam makan siang. Kemudian pekerjaan kedua harus selesai tepat pada pukul 3 sore dan pekerjaan terakhir pada pukul 5 sore. Dengan mengingatkan diri sendiri pada jam target yang telah kamu buat, kamu pun bisa memangkas rasa malas dan menjadi makin terpacu untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada.

Prioritaskan pekerjaan yang lebih sulit untuk pertama kali diselesaikan, ini membuat beban kerjamu di sisa hari terasa lebih ringan.

pulang kerja tepat waktu via alltopstartups.com

Ketika membuat to-do list pastikan kamu menempatkan pekerjaan yang memiliki bobot terberat di peringkat teratas. Hal ini karena di jam-jam awal kamu bekerja, kamu masih memiliki daya fokus, semangat, serta produktivitas yang tinggi. Sehingga kamu bisa memanfaatkannya untuk menyelesaikan pekerjaan dengan porsi kesulitan yang lebih tinggi juga. Hal ini akan membuat sisa harimu terasa ringan, karena ketika produktivitas menurun maka hanya tinggal pekerjaan ‘mudah’ saja yang tersisa yang harus diselesaikan.

Tiap kali memiliki waktu luang di kantor jangan lantas malas-malasan dan cepat berpuas diri. Gunakan waktu yang ada untuk menyicil pekerjaan esok hari.

pulang kerja tepat waktu via footage.framepool.com

Terkadang ketika produktivitas sedang tinggi-tingginya, pekerjaan yang ditargetkan bisa selesai sebelum tenggat waktu yang kamu buat. Dengan begini kamu pun jadi memiliki waktu luang yang lebih banyak. Namun, jangan lantas hal ini membuatmu bermalas-malasan dan cepat berpuas diri. Selagi produktivitas sedang tinggi-tingginya, manfaatkanlah untuk menyicil pekerjaanmu esok hari. Dengan begini waktu yang ada tak terbuang percuma dan pekerjaanmu esok hari bisa terasa makin ringan.

Apabila ada pekerjaan yang dimandatkan padamu, langsung selesaikan saat itu juga. Jangan terbiasa untuk menunda!

pulang kerja tepat waktu via www.wsj.com

Cara jitu lainnya supaya pekerjaanmu cepat selesai adalah dengan tidak menunda-nunda pekerjaan. Selalu segera selesaikan pekerjaan yang diberikan padamu saat itu juga. Karena kebiasaan menunda pekerjaan yang diberikan padamu lama kelamaan bisa menjadi penyakit yang merugikan. Makin sering menundanya, makin malas pula kamu mengerjakannya. Maka dari itu sebisa mungkin kerjakan segala tugas yang diberikan padamu saat itu juga supaya pekerjaanmu tak makin menumpuk dan memberatkan.

Gunakan waktu istirahat sebaik-baiknya, namun jangan terlalu lama karena ini akan memangkas waktu produktif yang dipunya.

pulang kerja tepat waktu via www.wsj.com

Waktu istirahat tentu sangat penting supaya kamu tak terlalu kelelahan ketika dihadapkan dengan banyak beban pekerjaan. Namun, tetap ingatkan pada diri sendiri bahwa kamu harus menggunakan waktu istirahat dengan sebaik-baiknya. Jangan karena ingin menyelesaikan pekerjaan lantas kamu membawa makan siang di meja kerjamu.

Stop kebiasaan ini sekarang juga! Jam istirahat merupakan waktu yang paling tepat digunakan untuk bercengkerama bersama dengan teman sekantor. Cara ini pun dipercaya ampuh untuk menghilangkan stress karena beban kerja. Namun, kamu juga jangan sampai terlalu lama menggunakan waktu istirahat yang dipunya karena hal ini bisa memangkas produktivitas yang kamu miliki. Satu jam istirahat merupakan waktu ideal yang bisa kamu gunakan untuk menyegarkan pikiran, sehingga pekerjaan bisa selesai tepat waktu dan kamu tak perlu lembur lagi.

Apakah kamu punya tips lain selain di atas? Jika iya, bagikan di kolom komentar dong!