A : “Eh, nongkrong yuk di cafe sebelah kampus sambil ngerjain tugas!”

B : “Oke!”

Seberapa sering kamu menerima ajakan nongkrong dari teman saban harinya? Kegiatan nongkrong hampir mendarah daging bagi sebagian kaum muda masa kini. Namun, terkadang kebiasaan ini bisa menjadi sumber utama keborosan. Bila tak lihai mengaturnya, uang saku yang dimiliki bisa ludes seketika hanya karena terlalu sering nongkrong bersama teman.

Sebenarnya ada beberapa kiat sederhana kok yang bisa kamu praktekan supaya kamu tetap bisa nongkrong meski uang saku maupun gaji yang kamu miliki tergolong pas-pasan. Penasaran apa rahasianya? Yuk, intip di artikel Hipwee berikut ini!

1. Anggarkan dana tersendiri untuk nongkrong tiap bulan, ini merupakan cara jitu supaya acara nongkrongmu tak terlalu menyedot banyak uang.

anggarkan dana sendiri via www.marketplace.org

Supaya bisa hemat namun tetap senang-senang, kamu harus mengencangkan ikat pinggang terhadap pengeluaran bulanan. Biasakan untuk selalu mengategorikan uang yang kamu miliki sesuai kebutuhan. Misalnya saja 20% dari gaji wajib ditabung, 50% untuk memenuhi kebutuhan, 20% lainnya untuk iuran asuransi kesehatan, dan 10% sisanya bisa untuk senang-senang.

Advertisement

Dengan membuat skema keuangan sendiri, kamu jadi tahu seberapa besar dana yang boleh dihabiskan untuk bersenang. Bahkan, kamu pun jadi akan lebih mudah mengaturnya. Pilih 4x nongkrong dalam sebulan maupun 2x seminggu, semuanya terserah padamu yang penting tak melebihi dari budget yang kamu sediakan.

2. Sebelum mulai nongkrong, kamu bisa mengganjal perutmu dengan makanan. Jadi uang yang kamu keluarkan tak terlalu menguras dompet.

makan dulu sebelum nongkrong via krabjiem.lv

Setelah mengatur skema keuangan dan menetapkan budget, langkah selanjutnya adalah biasakan untuk mengganjal perut dengan makanan sebelum mulai nongkrong. Misalnya saja kamu berencana nongkrong bersama kawan di kafe mahal, sebelumnya kamu bisa makan terlebih dahulu dengan menu sederhana. Sehingga nantinya kamu hanya perlu memesan minum dan camilan yang harganya lebih murah. Cara ini terbukti ampuh untuk menghemat pengeluaran.

3. Bawa air putih sebagai bekal bisa dijadikan cara hemat supaya kamu gak jajan minuman. Kalau kepepet, pilih es teh atau air mineral aja yang harganya lebih aman.

pesen es teh via pignfrog.wordpress.com

Tak hanya mengganjal perut dengan makanan sesaat sebelum mulai nongkrong, kamu juga bisa membawa bekal minuman kemana-mana. Nanti saat nongkrong dan minuman yang kamu pesan sudah habis, kamu tak perlu mengeluarkan uang untuk memesan minuman lagi. Namun, jika kafe tempatmu nongkrong tidak mengijnkan makanan atau minuman dari luar, kamu tetap bisa menyiasatinya kok. Pesan saja air mineral atau es teh yang harganya lebih terjangkau.

4. Boleh saja mengagendakan nongkrong tiap pekan, namun kamu juga harus mau makan seadanya tiap sebelum atau setelah acara nongkrongmu ini.

makan di warung seadanya via it.avatar-nusantara.com

Kamu bebas mau berapa kali mengagendakan waktu nongkrong dalam satu minggu. Yang diperlukan hanyalah strategi supaya dompetmu tetap aman. Misalnya saja pekan ini kamu akan nongkrong pada hari jumat hingga minggu, maka pastikan di hari senin-kamis kamu harus sehemat mungkin. Jangan segan untuk makan di warteg atau bahkan masak nasi sendiri di kos, hindari jajan yang tak perlu juga supaya kondisi keuanganmu tak besar pasak daripada tiang.

5. Gak usah malu berburu promo di cafe atau restoran yang baru buka hingga datang ke kafe tempat temanmu bekerja. Itung-itung ini cara supaya menghemat dana.

berburu promo via weheartit.com

Berburu potongan harga dan diskon juga bisa dijadikan langkah jitu selanjutnya. Sering-seringlah menjelajah dunia maya demi mengumpulkan informasi mengenai kafe atau restoran mana yang sedang mengadakan promo. Dengan mengandalkan potongan harga dan diskon, kamu bisa menghemat pengeluaran.

Selain itu, manfaatkan juga temanmu yang bekerja partime di resto atau kafe tertentu. Bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan harga khusus yang diberikan oleh mereka.

6. Boleh nongkrong di tempat mahal hampir tiap hari, tapi bawa laptop terus nongkrong seharian biar gak rugi!

wifi gratis via www.medanbisnisdaily.com

Nongkrong setiap hari tentu boleh saja kamu lakoni, namun kamu juga harus manfaatkan acara nongkrongmu semaksimal mungkin. Misalnya saja tak sekedar nongkrong dan makan siang, kamu bisa memanfaatkan internet gratis yang tersedia. Selain itu, cari tahu juga kafe mana yang menyediakan gratis refill air minum karena kamu juga akan jadi lebih untung. Tak hanya memanfaatkan hotspot yang ada, kamu pun jadi gratis nambah minum tanpa kena biaya.

7. Baik-baik sama barista atau pelayan kafe langganan. Kadang dari mereka kamu bisa dapet gratisan.

baik-baik pada pelayan dan baristanya via www.rdu.com

Memiliki kafe maupun restoran langganan tentu ada baiknya. Hubungan yang terjalin antara dirimu dengan barista maupun pelayan kafe tersebut bisa memberikan banyak manfaat. Terkadang mereka akan dengan senang hati memberikan potongan harga maupun gratisan bagi para pelanggan setia.

8. Cari teman yang memiliki kondisi finansial sama sepertimu. Tak hanya bisa diajak patungan, mereka juga dengan mudah akan memahami kondisimu.

cari temen yang kondisi ekonominya sama sepertimu via www.bisnisfun.com

Lingkar pertemanan juga harus diperhatikan. Biasanya kamu akan ikut boros ketika teman-teman sepergaulanmu juga memiliki hobi menghamburkan uang. Untuk mengantisipasinya, cari teman yang memiliki kondisi finansial sama sepertimu. Jangan ragu juga untuk jujur dan terbuka kepada mereka. Mereka pasti akan memahami dan tak memaksakan kok. Bahkan, bisa jadi acara nongkrongmu lebih hemat karena mereka bersedia diajak patungan!

Jika kamu punya strategi penghematan lainnya, bagikan di kolom komentar ya!