Belajar Bahasa Inggris itu gampang-gampang susah. Rasanya ingin sekali lancar berkomunikasi dengan bahasa internasional ini. Namun berbagai tantangan sering kali membuat nyali belajarmu ciut tak terkendali. Tenses, grammar, dan vocab adalah sekelumit perangkat yang mau nggak mau perlu kamu pahami ketika mempelajari bahasa Inggris. Karena sudah terlanjut dianggap susah, ketiga hal ini kadang bikin kamu jadi males buat belajar Bahasa Inggris.

Sebenarnya, bukan Bahasa Inggrisnya yang sulit, tapi mungkin cara belajarmu aja yang membosankan. Nah, biar belajar bahasa Inggris jadi terasa lebih menyenangkan, kamu bisa mempelajarinya melalui film. Seperti belajar di ruang kelas, belajar bahasa dari film pun ada metodenya. Agar kalimat-kalimat film yang kamu tonton nggak cuma masuk telinga kiri dan keluar telinga kanan, simak trik-trik berikut ini ya!

1. Tentukan dulu bagian mana dari bahasa Inggris yang ingin kamu dalami. Kosakata atau pelafalannya nih?

Kamu bisa belajar dari percakapan tokoh-tokohnya. via www.tumblr.com

Jika tujuanmu untuk memperkaya perbendaharaan kata a.k.a vocabulary, maka kamu harus memperhatikan dengan betul percakapan antar tokoh dalam film yang kamu tonton. Sebab dari dialog-dialog tersebut kamu jadi mengetahui kata-kata baru yang sebelumnya belum kamu ketahui. Sementara jika kamu ingin lebih jago dalam hal pengucapannya, kamu harus jeli memperhatikan bagaimana tokoh-tokohnya berbicara. Seperti misalnya bagaimana Judy Hopps dalam Zootopia melafalkan kata savage. Dari menonton film, sedikit banyak kamu terlatih untuk fasih berbicara bahasa Inggris.

2. Mulailah dari film kartun yang ceritanya dekat dengan kehidupanmu sehari-hari, karena dialognya jadi gampang untuk kamu pahami

Up bisa banget jadi pilihan. via www.worldculturepictorial.com

Advertisement

Untuk mempelajari bahasa Inggris, film kartun sangat direkomendasikan. Buat kamu yang bingung ingin menonton film apa, Up, How To Train Your Dragon, Frozen, hingga Zootopia bisa jadi pilihanmu di awal. Lho? Kenapa harus diawali dengan film kartun terlebih dahulu? Karena kalimat yang digunakan dalam dialognya masih terbilang sederhana dan ditujukan untuk anak-anak. Cocok banget buat kamu yang masih level pemula. Nah, kalau udah cukup mahir, kamu bisa lanjut belajar dari film agak berat sedikit. Misalnya The Danish Girl atau bahkan Dallas Buyers Club. Jadi nggak sabar buat cepet-cepet nonton, ‘kaaan?

3. Sambil menonton, pastikan subtitle Bahasa Inggrisnya tersedia di layar kaca. Sekalian cantumkan juga subtitle bahasa Indonesianya

Nah, kaya gini nih dual subtitle. via teknonesia.com

Nah, subtitle Bahasa Inggris berguna untuk menyamakan antara kalimat yang diucapkan oleh tokohnya dengan subtitle-nya. Dengan begitu, secara bersamaan kamu belajar caranya melafalkan kata dalam bahasa Inggris dan juga cara penulisannya. Yup, speaking dan reading sekaligus. Lebih bagus lagi kalau kamu menyertakan juga subtitle Bahasa Indonesianya agar bisa mengetahui terjemahan dari subtitle Bahasa Inggrisnya. Bagaimana caranya? Tinggal kamu atur saja di pengaturannya. Untuk mengetahui caranya, kamu bisa klik di sini.

4. Mencatat biar selalu ingat. Dedikasikan sebuah notes kecil untuk mencatat kosakata yang belum pernah kamu dengar sebelumnya

Jangan lupa untuk dicatat di note book ini yaaaa. via favim.com

Jangan lupa untuk menyiapkan notes kecil. Yup, notes ini digunakan untuk mencatat kata-kata sulit yang belum pernah kamu dengar sebelumnya. Supaya ingat terus dengan kosakata tersebut. Nah, kalau kamu menabung kosakata secara rutin, maka perbendaharaan katamu akan semakin banyak. Biasakan pula untuk selalu membawa catatanmu ini ketika kamu pergi. Waktu di perjalanan, duduk di bis, sampai menunggu antrean pun lebih bisa kamu jadikan lebih produktif. Bahasa Inggrismu pun bisa naik level!

5. Mengingat bagian punch line dari sebuah film juga bisa bikin bahasa Inggrismu naik level

Seperti punch line dari film The Lion King berikut ini… via quotesgram.com

Kalau aku biasanya sering mengingat punch line dari film yang aku suka. Otomatis menambah kosakata bahasa Inggrisku.

– Shofi-

Mungkin sebagian kamu ada yang secara nggak sengaja selalu mengingat punch line atau kata-kata sakti yang khas dari sebuah film berbahasa Inggris. Nah, pertahankan ya kalau kamu punya kebiasaan yang satu ini. Karena mengingat punch line dari sebuah film bisa sekaligus menambah perbendaharaan kosakatamu. Apalagi buat kamu yang hobi update status di media sosial. Punch line film bisa kamu jadikan status yang keren, tergantung kondisi hatimu. Biar nggak datar dan gitu-gitu aja isi media sosialmu.

6. The more the merrier! Nonton film asyiknya rame-rame, supaya setelahnya dibahas bareng teman-teman

Nonton bareng teman-teman asyiknya jadi diskusi. via bestoftens.com

Serunya menonton film bareng teman adalah kamu jadi punya partner untuk berdiskusi. Setelah menonton, kamu bisa membahas tentang tokoh, jalan cerita, pesan moral, latar, hingga soundtrack-nya bersama teman-temanmu. Jika ada bagian yang belum kamu pahami, pasti ada temanmu yang dengan senang hati menjelaskan. Begitu pula sebaliknya. Selain bertukar ilmu, proses belajarmu memahami bahasa lewat film juga semakin lancar dan menyenangkan. Asyik bukan?

7. Kamu bisa lho menonton ulang satu film favorit berkali-kali sampai kamu hapal dialognya. Baru deh setelahnya nonton tanpa subtitle-nya

Jangan lupa untuk menonton film tersebut berulang-ulang. via thepancakelife.com

Nah, salah satu resep untuk bisa meng-upgrade kemampuan Bahasa Inggrismu adalah dengan cara menonton berulang-ulang salah satu film favoritmu. Misalnya, kamu menonton film Up dengan menyertakan subtitle Bahasa Indonesia dan Inggrisnya. Putar berulang-ulang hingga kamu hapal semua dialognya. Barulah setelah kamu hapal semua dialog penting per adegannya, kamu bisa menonton film-film tersebut tanpa subtitle. Cara ini sedikit banyak membantumu untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu. Karena filmnya adalah yang paling kamu sukai, cara ini nggak bakal bikin kamu terbebani.

8. Buatlah timeline yang merangkum proses belajarmu. Setelah beragam film kamu habiskan, saatnya mengevaluasi perkembangan Bahasa Inggrismu

Evaluasi, biar makin jago bahasa Inggrismu. via redliptalk.com

Jika sudah sering menonton film dengan subtitle bahasa Inggris, jangan lewatkan untuk melaksanakan evaluasi dalam jangka waktu tertentu. Misalnya kamu menetapkan waktu evaluasi adalah setiap sebualan sekali. Teknik ini berguna untuk mengetahui sudah sejauh mana kamu memahami tenses, seberapa banyak vocab yang kamu ketahui, hingga tingkat kefasihanmu melafalkan kalimat dalam Bahasa Inggris.

Semoga metode belajar Bahasa Inggris lewat film tersebut bermanfaat buatmu. Selamat mencoba, dan selamat menonton film yang kamu suka! 🙂