Usia yang masih muda adalah saat yang tepat bagimu untuk memiliki beragam mimpi. Di usia ini, mungkin kamu juga mengalami perubahan cita-cita yang sejak dulu dimiliki. Waktu kecil ingin jadi dokter, eh tau-tau ingin jadi artis misalnya. Hal itu terjadi lantaran kamu telah mengalami perjalanan hidup yang membuat pengetahuanmu bertambah. Namun efek negatifnya adalah kamu jadi kurang fokus menjalani cita-citamu sebenarnya.

Karena impian masa depan inginnya dicapai dengan penuh keberhasilan, kamu perlu mengikuti dan mempelajari hal-hal apa saja yang membuat orang bisa mencapai kesuksesan.

Untuk itu, kali ini Hipwee Sukses telah merangkum langkah-langkah yang harus kamu miliki agar kehidupan di masa depan penuh keberhasilan, khususnya bagi kamu generasi milenial. Karena untuk mencapai kesuksesan nggak bisa dicapai dengan menunggu dan berdoa saja, kamu harus mau lakukan 9 hal ini ya.

1. Punya passion yang jelas itu perlu. Biar kamu tahu rencana seperti apa untuk meraih cita-cita

ketahui passion kamu via www.smallbusinessup.com

Biar masa depanmu terjamin dan lebih tertata, satu hal yang pasti kamu harus tahu adalah passion-mu apa. Hal ini untuk memudahkanmu mengetahui apa yang sebenarnya kamu idam-idamkan untuk jadi patokan hidup ke depannya. Dengan begitu, kamu jadi tahu hal-hal apa saja yang bisa dipersiapkan secara jelas dan pasti.

Advertisement

Dengan mengetahui passion-mu, kamu jadi selangkah lebih maju untuk meraihnya.

2. Tak perlu takut saat berbeda pendapat. Bukankah perbedaan itu menunjukkan kekayaan akan pengetahuan setiap orang?

perbedaan itu menyenangkan via www.ewa.org

Orang sukses itu nggak mempermasalahkan perbedaan, terutama berbeda pendapat. Baginya, itu akan semakin memperkaya diri karena perbedaan mampu menambah pola pikir setiap orang dari sudut pandang tak sama. Lantas, jika ingin sukses, kamu pun harus mau membuang rasa takut atau menyingkirkan sifat pemalu kamu.

3. Jangan pernah setengah-setengah melakukan suatu hal. Coba belajar untuk bertanggung jawab menyelesaikan apapun yang telah dimulai

selesaikan yang telah dimulai via www.usnews.com

Untuk menjadi orang sukses, kamu nggak boleh setengah-setengah dalam bekerja. Kamu harus mau menyelesaikan apapun yang telah kamu mulai. Walau saat itu bosan misalnya, kamu nggak boleh patah arang menyelesaikannya. Tetaplah mengerjakan dan selesaikan pada waktunya.

Percayalah kalau godaan-godaan itu akan selalu ada. Tinggal bagaimana kamu menghadapinya nanti: tetap berjuang atau malah loyo ke depannya?

4. Kamu tentu nggak boleh gampang menyerah. Sikap selalu mau belajar harus ditanamkan dari sekarang

selalu mau belajar via studyinthestates.dhs.gov

Saat sedang mengalami gagal melakukan suatu hal, kamu seringnya menjadi down dan sulit untuk bangkit lagi. Seolah-olah tak ada semangat seperti dulu yang menggebu-gebu melakukannya. Atau pekerjaan yang kamu lakukan ternyata sulit, dan kamu mau nggak mau harus bisa melaluinya. Namun, coba deh kamu kembali pada niat awal bahwa tujuan melakukan hal-hal tersebut itu apa. Dengan mengetahuinya, kamu jadi bersemangat lagi untuk mengerjakan.

5. Sesibuk-sibuknya orang sukses, mereka selalu memprioritaskan kesehatan

istirahat itu penting via studyinthestates.dhs.gov

Karena mereka percaya bahwa ‘Kesuksesan tak akan berarti apa-apa jika tak ditunjang oleh badan dan pikiran yang sehat’.

Orang sukses bisa dibilang penuh kesibukkan. Tapi, bukan berarti mereka nggak beristirahat sama sekali. Karena pada kenyataannya, mereka tetap meluangkan waktu untuk beristirahat dan memenuhi asupan tubuh. Hal ini karena mereka yakin jika aktivitas mereka tak didukung oleh tubuh yang kuat dan sehat, maka pekerjaan yang dilakukan akan sia-sia. Kesuksesan yang diraih pun jadi nggak berarti.

6. Kesuksesan orang lain nggak membuatnya iri, tapi sebagai pelecut untuk mencapai kesuksesan diri

ikut bahagia via www.zimbio.com

Rasa iri boleh jadi akan muncul ketika ada orang lain yang berhasil meraih cita-cita maupun hal membanggakan lainnya. Nah, orang yang sukses sih pasti akan mengubah rasa iri itu dengan rasa bahagia terhadap kesuksesan orang lain. Dan hal gembira itu mereka jadikan sebagai pelecut untuk lebih semangat dalam berusaha mengerjakan berbagai hal.

7. Orang sukses nggak betah berlama-lama dalam zona nyaman, mereka kemungkinan besar akan melakukan hal baru. Tidak harus di bidang yang berbeda, kemungkinan caranya yang berbeda

coba sesuatu yang baru, jadi relawan misalnya via www.zimbio.com

Bukannya tidak bersyukur, namun orang yang berbakat sukses selalu nggak betah berlama-lama dalam zona nyaman. Ketika apa yang mereka inginkan telah diraih, mereka akan mencari hal baru yang membuatnya jadi belajar. Hal baru tersebut memang belum tentu untuk diseriusi sekali, tetapi mereka akan dengan senang mempelajarinya.

Hal ini pun selaras dengan cara berpikirnya yang luas dan terbuka. Dengan begitu, pengetahuan mereka jadi semakin bertambah dan makin kaya pola pikirnya.

8. Fokus itu sangat perlu. Biar pekerjaanmu nggak melenceng ke mana-mana

fokus via verdemedia.com

Fokus terhadap suatu hal itu memang nggak gampang, tapi percayalah dengan fokus kamu jadi lebih tahu step by step yang dilakukan. Kegiatanmu jadi lebih terarah dan tertata, sehingga nggak mudah terdistraksi dengan hal-hal lain yang mengganggu.

9. Keinginan yang kuat untuk mendisiplinkan sendiri itu sangat dibutuhkan. Kalau bukan dari dalam diri, lalu siapa lagi?

kamu harus disiplin via footage.framepool.com

Jika bukan dari diri sendiri yang mendisiplinkan diri, maka kata “sukses” sulit kamu dapatkan di masa depan. Orang-orang sukses yang berhasil meraih cita-citanya selalu menanamkan kedisplinan diri yang kuat. Mereka berani berkata tidak kepada diri sendiri saat ada godaan datang. Hal ini dilakukan demi cita-citanya bisa tercapai.

Karena kesuksesan itu nggak mudah diraih, maka kamu harus pahami hal-hal apa saja yang membuat kamu bisa berhasil. Dengan begitu, kamu bisa mencapai cita-cita yang diinginkan dan merasa enjoy menjalaninya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya