Masa-masa kuliah adalah momen emas untuk berkembang. Sayang bila hari-hari kamu habiskan dengan kuliah pulang. Di luar kelas, banyak kuliah yang bisa kamu ikuti. Di luar materi dari buku panduan, banyak ilmu yang bisa kamu kejar.

Bukan hanya nilai akademis saja yang harus kamu perhatikan. Penting hukumnya untuk aktif dalam kegiatan di luar kelas untuk membuka wawasan. Sebab nanti di dunia selepas sarjana, yang kamu butuhkan bukan hanya deretan angka yang A semua. Untuk menjadi pemimpin masa depan, kita butuh lebih banyak hal di luar prestasi akademik kan? Nah, ilmu yang ini bisa kamu gali sejak masa kuliah. Jadi agar nggak menyesal nanti, jangan tinggalkan bangku kuliah tanpa hal-hal ini.

1. Sebab ilmu bisa berasal dari mana saja, jangan lupa untuk belajar dari orang-orang hebat

Pelatihan dengan Rosiana Silalahi via www.djarumfoundation.org

Sayang sekali bila makna belajar disempitkan hanya soal menyimak kuliah dosen dan siap-siap ujian dengan sistem kebut semalam. Mumpung masih kuliah, carilah kesempatan untuk belajar dari orang-orang hebat. Serap ilmunya, pelajari semangatnya, dan ikuti jejaknya.

Orang hebat ini juga bukan sekadar dia yang karyanya diakui dunia lho. Kamu bisa menciptakan orang hebat versimu sendiri, dan mengelilingi dirimu dengan mereka-mereka yang bisa membuatmu terinspirasi.

2. Sebagai orang Indonesia, tentunya kita perlu untuk mengenal budaya dan jati diri bangsa

Pementasan malam Dharma Puruhita via djarumbeasiswaplus.org

Menjadi Indonesia, artinya menyadari bahwa kita adalah bagian dari bangsa yang besar dan kaya akan budaya yang mengagumkan. Sayangnya sebagian anak muda masa kini terlalu malas untuk mengenali negeri sendiri, dan justru lebih expert soal budaya bangsa lain. Nggak ada salahnya kok belajar budaya lain, asalkan budaya sendiri tetap dimengerti. Sebagai generasi muda, tentu kita perlu kenal bangsa kita luar dalam dong.

3. Jangan ragu-ragu untuk terlibat dalam diskusi. Kemampuan beropini dan berdebat adalah modal utama untuk bernegoisasi di dunia yang keras

pelatihan debat via djarumbeasiswaplus.org

Bicara di hadapan banyak orang memang banyak nervous-nya. Kalau salah bagaimana? Kalau dicecar bagaimana? Apa karena itu juga kamu dan kelompokmu sering lempar-lemparan tugas presentasi di kelas? Padahal belajar mempresentasikan sesuatu, berdiskusi, menjawab pertanyaan, dan beropini adalah ilmu yang sangat penting.

Di akhir kuliahmu nanti, kamu harus menghadapi sidang skripsi. Sedangkan di dunia setelah kelulusan nanti, kamu akan bertemu dengan atasan, klien, dan rekan kerja. Kalau komunikasimu nggak diasah mulai dari sekarang, terus kapan lagi?

4. Sebisa mungkin cari kesempatan untuk go internasional. Supaya pengalamanmu berkembang, hingga ke level mancanegara

Rome MUN 2017 via www.alphagamma.eu

Bila kamu semangat mencari, banyak kegiatan-kegiatan mahasiswa yang bisa membawamu ke level internasional. Mulai dari kompetisi, konferensi mahasiswa, sampai pertukaran pelajar. Di sana kamu berkesempatan untuk bertemu orang dari berbagai negara dan latar belakang. Adaptasinya tentu lebih sulit. Persaiangannya pun lebih ketat. Namun sekali kamu mengikutinya, ada banyak hal yang bisa kamu dapat. Seleksinya memang berat, tapi jangan ragu untuk mencoba ya!

5. Mumpung masih mahasiswa, perluas pergaulan dan ciptakan networking yang luas. Kelak kamu akan berterima kasih pada dirimu sendiri

Networking via www.kingston.ac.uk

Di dunia selepas sarjana nanti, networking adalah segalanya. Nah, networking bisa kamu pupuk mulai dari masa mahasiswa. Coba ikut organisasi. Jangan lupa ikut komunitas pengembangan hobi. Dan kalau bisa, perbanyak traveling mengunjungi tempat-tempat asing. Dengan memperbanyak link pertemanan, kelak kesempatanmu juga bertambah besar. Sayang kan kalau selama 4 tahun kuliah, yang kamu kenal cuma teman-teman sekelasmu doang?

6. Bukan cuma skills pribadi yang harus dikembangkan. Kemampuan untuk kerja sama dengan tim juga perlu kamu perhatikan

Character Building via djarumbeasiswaplus.org

Sekali waktu, ikutilah kelompok yang sifatnya back to nature. Misalnya: naik gunung bareng-bareng. Atau kamu juga bisa ikut pelatihan yang sifatnya kelompok. Banyak kok pelatihan pengembangan karakter semacam ini. Biasanya, selain dipandu dalam kegiatan-kegiatan indoor, juga ada kegiatan outbond. Selain bisa seru-seruan bareng, melalui kegiatan ini kamu juga bisa melatih banyak hal. Mulai dari melatih kecerdasan emosional baik pribadi ataupun sebagai bagian dari kelompok.

7. Bila ada kesempatan, cobalah terjun langsung ke masyarakat. Supaya ilmumu bisa langsung dipraktikkan

terjun langsung ke masyarakat via www.djarum.co.id

Tentunya kamu masih ingat dong tentang pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu dari tugas mahasiswa. Bukan hanya mempraktikan ilmu yang sudah didapat di kelas, terjun ke masyarakat juga akan membantumu mengenali pesoalan di lingkungan sekitar. Dan nggak lupa, ikut serta untuk mencarikan solusinya. Biasanya, hal ini bisa didapat melalui program KKN dari kampus. Tapi di luar itu, kamu bisa mengikuti atau membuat komunitas yang berfokus pada pengabdian masyarakat. Jadi teori dapat di kelas, praktiknya kamu dapat di luar. Keren kan?

Nah, buat kamu yang saat ini sedang dalam proses mengejar dan mewujudkan itu semua, Program Djarum Beasiswa Plus adalah sebuah pilihan yang wajib kamu jajal sebelum lulus dari bangku kuliah. Selain mendapatkan dana beasiswa, kamu juga akan mendapatkan berbagai pelatihan soft skills yang berguna untuk masa depan. Pelatihan ini meliputi Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, International Exposure, dan Community Empowerment.

Di sana kamu akan diajari banyak hal, mulai dari mengomunikasikan visi dan misi, membentuk karakter, sekaligus bagaimana bisa berperan jadi agen perubahan dan pemimpin masyarakat. Semua itu penting lho, karena kamu adalah generasa masa depan penerus bangsa. Kalau kamu mau tahu lebih lengkapnya, langsung saja deh cek ke laman www.djarumbeasiswaplus.org ini untuk cari tahu lebih banyak informasi. Kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman priceless yang nggak bisa dikonversikan dengan uang.

Yuk manfaatkan waktu emas saat di bangku kuliah. Jangan sampai menyesal di belakang ya!