Artikel ini dipersembahkan oleh karir.com, situs info lowongan kerja terpercaya yang akan membantu kesuksesan kamu.

Selain mencari pengalaman, mengumpulkan pundi-pundi uang jadi salah satu tujuan kamu bekerja. Apalagi kamu yang baru saja menyelesaikan kuliah. Punya pekerjaan yang penghasilannya tinggi pasti jadi pencapain membanggakan. Setidaknya mumpung masih muda, mumpung belum ada tanggung jawab untuk menafkahkan, kamu bisa fokus menabungkan gajimu ini dengan nominal yang cukup besar.

Di sisi lain, pengalaman di dunia kerja bisa dibilang belum ada. Kamu sendiri masih kurang tahu pekerjaan apa yang bisa memberikan gaji cukup tinggi. Tapi jangan khawatir, Hipwee dan karir.com punya nih beberapa pilihan kerja yang sesuai dengan tujuanmu, yuk langsung disimak!

1.    Menjadi konsultan bisa jadi pilihan buat kamu yang memang jago memberi nasihat atau saran.

Kemampuanmu menjadi penasehat sudah terlihat semenjak masih kuliah. Kamu nggak hanya bisa memberi saran atau nasehat untuk urusan akademik tapi juga urusan pribadi teman-temanmu. Selain itu, kamu cerdas, punya IPK tinggi, berpengalaman dalam organisasi, dan rela bekerja lebih dari 8 jam per hari. Itu sih tandanya kamu sudah punya cukup bekal untuk menjadi konsultan.

Jika kamu bekerja sebagai konsultan di grup-grup besar, gaji pertamamu sudah bisa dua digit. Memang sih pekerjaanmu juga akan luar biasa berat. Tapi dijamin, karirmu akan berkembang seiring berkembangnya kedisiplinan dan kerja kerasmu.

2.    Nggak cuma anak Teknik, kamu dari jurusan lain pun bisa mencoba bekerja di sektor riil seperti tambang atau minyak.

Siapa bilang yang bisa kerja di pertambangan atau perminyakan cuma anak-anak Teknik saja?

Kamu yang berasal dari jurusan lain, juga punya kesempatan untuk mencoba kerja di bidang ini. Asal siap mental menerima penempatan di lapang yang mungkin saja di luar kota atau pedalaman. Kamu bisa segera membulatkan tekat untuk apply ke salah satu sektor ril itu. Lagipula mereka juga sering lho mencari HRD yang berasal dari semua jurusan.

3.    Gelar sarjanamu juga bisa jadi bekal untuk kerja di law firm.

Bekerja di law firm bebannya sama berat dengan menjadi konsultan. Tapi, kompensasinya pun sangat kompetitif. Gaji pokok penasihat hukum junior rata-rata memang ada di angka 4-5 juta, tapi    jangan lupa insentif yang ditawarkan jika berhasil memegang klien besar.

Kamu yang anak Hukum, bekerja di law firm ternama bisa kamu pertimbangkan selepas wisuda. Coba dengan magang dulu selama beberapa bulan di law firm, ikut ujian profesi advokat, sehingga semuda mungkin kamu bisa merintis karir dan menjadi associate.

4.    Punya kemampuan development? Kamu bisa loh mencoba melamar di bagian IT sebuah startup yang sudah established.

Era digital yang menghadirkan banyaknya media online atau e-commerce, memberi kesempatan yang cukup luas untuk kamu yang menekuni bidang informatika. Banyaknya startup yang bermunculan, udah pasti nggak akan membuat kamu khawatir mencari pekerjaan. Tapi, kamu juga nggak boleh gegabah dalam memilah-milah tempat untuk mengebangkan diri sebagai ahli Information Technology atau IT.

Kalau memang tujuan awal kamu bekerja tak hanya mencari pengalaman, tapi juga mengumpulkan pundi-pundi uang, kamu harus pastikan jika startup yang kamu pilih ini sudah memiliki sumber pendanaan yang jelas.

Oh iya, meski kamu bukan berasal dari jurusan Teknik Informatika, kamu yang punya kemampuan otodidak di bidang ini pun sah-sah aja untuk mencoba melamar. Selamat mencoba ya!

5.    Cukup sabar untuk menghadapi anak-anak, dan telaten menjelaskan sesuatu. Mencoba jadi guru di sekolah internasional pasti seru.

Guru di sekolah intenational via blogs.ibo.org

Jauh sebelum kuliah, kamu memang memiliki cita-cita untuk menjadi guru. Kamu nggak cuma punya kesabaran yang cukup untuk menghadapi murid-muridmu kelak. Tapi juga punya ketelatenan yang tinggi untuk menjelaskan sesuatu kepada mereka. Apalagi kalau kamu punya kemampuan beberapa bahasa asing yang cukup mumpuni. Jangan disia-siakan deh kesempatan untuk menjadi guru di sekolah internasional. Bukan cuma menawarkan keseruan, melainkan juga penghasilan yang menggiurkan. 🙂

6.    Suka serta jago dengan urusan berbau keuangan, kerja di perbankan pasti jadi salah satu pencapaian terindah buat kamu.

back office atau investment bank via kaltim.prokal.co

Mau kamu lulusan sosiologi, pertanian, biologi bahkan sastra, melamar di perbankan sah-sah aja lho untuk dicoba. Syaratnya udah pasti kamu harus suka dan jago untuk urusan berbau keuangan, supaya kamu tak cepat bosan dan tak perlu sulit untuk beradaptasi.

Tapi, kamu pun nggak boleh sembarangan apply ke salah satu posisi yang sedang ditawarkan. Kamu perlu tahu bahwa penghasilan yang cukup besar di bidang perbankan itu ada di posisi back office dan investment. Jadi ketika melamar di bank, perhatikan posisinya ya.

7.    Kerja sebagai PNS memang menjamin masa depan cerah, apalagi kalau kamu apply-nya ke bagian perpajakan.

Bekerja sebagi PNS bisa menjadi salah satu alternatif buat kamu. Sebab di balik tawaran kebanggaan, masa depan yang sudah terjamin cerah, serta waktu kerja yang cukup fleksibel, posisi yang ditawarkan pun bisa diperuntukkan untuk semua jurusan, meski ada beberapa juga yang memang khusus untuk jurusan tertentu.

Kamu bisa secara khusus memilih beberapa kementerian atau departemen yang gajinya memang lebih kompetitif. Misalnya Kementerian Keuangan, Dirjen Pajak, dan Imigrasi.

8.    Atau kamu masih bingung urusan passion serta jenjang karir? Yuk ikuti program Management Trainee di multinational company!

Management Trainee via coca-colaamatil.co.id

Baru lulus kuliah, kebingunganmu nggak cuma urusan menentukan passion tapi juga menentukan pekerjaan apa saja yang cukup menjanjikan. Mending kamu awali karir kamu dengan mengikuti program MT atau Management Trainee di multinational company. Program MT ini sendiri berfungsi untuk mencari mencari sumber daya manusia untuk jadi calon manajer atau pemimpin.

Program MT pun ada yang memang sudah dikhususkan untuk posisi khusus. Tapi ada juga yang terbuka untuk umum, penempatan posisi baru dilakukan setelah masa training dan sesuai dengan performamu.

Nah, kalau memang kamu tertarik untuk memulai karir sebagai MT, yuk melamar sekarang juga ke PT Coca Cola Amatil Indonesia! Multinational company yang berpusat di Australia ini sedang membuka program Management Trainee untuk Sales.

Dari program ini kamu akan mendapatkan pengembangan skill, gaji yang di atas pasaran, jenjang karir yang jelas, serta tantangan bekerja dalam budaya lokal dan internasional yang pastinya lebih menantang. Kamu pun akan dibimbing oleh profesional terbaik di bidangnya dan mendapatkan kesempatan bekerja dengan tim sales terbaik dunia.

Syarat utamanya yang perlu kamu penuhi adalah,

  • Lulusan S1/S2 dengan nilai IPK minimal 3.00.
  • Fresh Graduate atau memiliki pengalaman kerja maksimal 1 tahun
  • Memiliki kemampuan berbahasa Indonesia dan Inggris (lisan dan tulisan) yang baik
  • Bersedia untuk bepergian dan siap ditempatkan di seluruh Indonesia

Kamu bisa langsung mendaftar di laman khusus ini.  Masukkan semua berkas yang diperlukan. Sedangkan tes wawancaranya akan dilakukan di beberapa kampus: tanggal 26 Mei di Yayasan Administrasi Indonesia Jakarta Timur, 27 Mei di Universitas Trisakti, 30 Mei di Universitas Indonesia, 31 Mei di Institut Pertanian Bogor, 1 Juni di Universitas Gadjah Mada, dan 2 Juni di Prasetiya Mulya Business School.

Kesempatan ini bukan hanya untuk lulusan universitas-universitas yang disebutkan di atas, tapi terbuka untuk kamu semua yang berminat untuk berkarir menjadi juara!

Setelah mendaftar di laman registrasi di atas, kamu akan diajak mengenali bakat dan kemampuanmu melalui Tes Minat dan Gaya Komunikasi gratis. sehingga kamu tahu karir seperti apa yang cocok dengan kepribadianmu. Selain itu, kamu juga akan diberi kesempatan mengerjakan Tes Bahasa Inggris. Jika mampu mengerjakan ketiga tes dengan baik, kamu akan dihubungi lewat telepon dan email untuk mengikuti wawancara di kampus yang terdekat dengan lokasimu.

Supaya maksimal mengerjakan tes, klik link di atas dari desktop ya.

Bagaimana, sudah nggak bingung lagi kan mau melamar pekerjaan di mana? Selamat mencoba! 🙂