Tak bisa dipungkiri bahwa terkadang bidang pekerjaan yang sekarang kita geluti ini melenceng dari jurusan sewaktu kuliah dulu. Kecemasan akan ilmu yang tak terpakai pun sering muncul. Kamu cemas bila ilmu yang telah didapat menguap begitu saja.

Percayalah, sebenarnya kamu tak perlu lagi merasa rugi. Karena justru ada banyak manfaat yang akan kamu dapatkan suatu hari nanti. Jika rasa cemas masih sering menghantui, berikut akan Hipwee jabarkan 6 alasan yang dapat meyakinkanmu.

Tak ada salahnya bekerja di bidang yang sangat berbeda sekali. Secara tak langsung kondisi ini akan memperuncing kemampuanmu beradaptasi.

bekerja tak sesuai jurusan via www.middlemarketcenter.org

Bekerja di tempat yang sangat berbeda dengan duniamu sebelumnya merupakan salah satu contoh nyata bahwa kamu telah keluar dari zona nyaman. Ini bukan merupakan hal yang harus dirutuki, sebaliknya ini adalah salah satu hal baik yang patut disyukuri. Dengan berani melangkahkan kaki keluar dari zona nyaman, serta merta akan mempertebal nyali dan memperuncing kemampuanmu untuk beradaptasi.

Memulai serta mempelajari segalanya dari nol akan membantumu beradaptasi menyerap ilmu yang baru. Tuntutan supaya bisa bekerja secara profesional pun menggiringmu supaya kamu bisa beradaptasi lebih cepat lagi. Nantinya, secara tanpa disadari kamu tak akan kesulitan ketika harus beradaptasi di tempat yang baru lagi.

Tak hanya mendapat ilmu dari bangku kuliah saja. Bekerja di bidang berbeda memungkinkanmu punya deretan ilmu baru yang berbeda.

Advertisement

bekerja tak sesuai jurusan via turbotax.tumblr.com

Berkecimpung di dalam dunia yang sangat berbeda justru akan memaksamu untuk belajar. Selain beradaptasi, kamu juga belajar mengenai hal baru. Tak hanya ilmu yang sudah didapat selama berkuliah saja yang tertanam di kepala, namun ilmu asing yang kamu pelajari di tempat kerja juga akan turut menambah saldo wawasan.

Sungguh, kamu harus menghapus ketakutan bahwa ilmu yang kamu miliki akan menguap begitu saja. Justru dengan bekerja di tempat yang tak sesuai jurusan kuliah ada banyak pula wawasan lain yang akan mengendap di kepala.

Ibarat keluar dari zona nyaman, kamu yang bekerja tak sesuai jurusan punya kesempatan menggali potensi lebih dalam.

bekerja tak sesuai jurusan via www.entrepreneur.com

Keluar dari zona nyaman tak hanya akan membuatmu belajar ilmu baru. Dengan dipaksa belajar dari awal, kamu pun jadi bisa menggali potensi yang terpendam. Ketika berada di dalam zona nyaman kamu terbiasa melakukan segala hal sesuai dengan kebiasaan. Bisa dikatakan bahwa rutinitas yang terjadi kemudian akan monoton dan membuatmu tak lagi melakukan hal yang baru.

Berbeda halnya ketika kamu berani melangkahkan kaki ke zona yang sama sekali berbeda. Tantangan akan menghampiri menunggu untuk dituntaskan. Dari sini kamu bisa melakukan segala cara yang belum pernah dicoba sebelumnya. Dan tanpa disadari akan pula menguak potensi yang selama ini bersembunyi di dalam diri.

Selain ilmu-ilmu baru yang akan kamu dapati, bekerja di bidang yang tak sesuai jurusan berarti mengasah skill baru bagi dirimu sendiri.

bekerja tak sesuai jurusan

Tak hanya potensi baru yang juga akan tergali, kamu pun jadi akan mendapatkan skill baru. Skill baru ini akan terlihat ketika kamu mengerahkan seluruh kemampuan ketika bekerja di tempat yang sungguh berbeda. Kamu akan dipaksa untuk bisa beradaptasi dengan hal baru sehingga akan memunculkan skill yang baru pula.

Berkecimpung di dunia kerja berarti memperluas jaringan. Kamu beruntung karena bertemu banyak orang dengan beragam keahlian.

bekerja tak sesuai jurusan via www.huffingtonpost.ca

Bekerja di tempat yang berlatar belakang berbeda dengan disiplin ilmu yang kamu punya juga akan memperluas jaringan pertemanan. Dengan melebarkan sayap di bidang yang berbeda kamu justru akan banyak mengenal orang baru yang memiliki keahlian berbeda.

Bukankah hal ini justru akan bermanfaat untukmu? Kamu tak hanya mengenal orang-orang yang memiliki keahlian yang sama denganmu, namun juga mengenal dengan baik mereka yang memiliki keahlian di bidang yang berbeda. Dengan begini kamu bisa belajar banyak dari mereka demi memperluas wawasan.

Tak hanya mengandalkan satu pekerjaan, kamu bisa memanfaatkan ilmu yang didapat dari bangku kuliah untuk mencari pekerjaan sampingan.

bekerja tak sesuai jurusan via bits.blogs.nytimes.com

Bekerja di jurusan yang sama sekali berbeda dengan pekerjaan yang sekarang digeluti sebenarnya memiliki keuntungan untukmu. Kamu tak hanya akan terjebak di dalam satu pekerjaan saja, namun kamu bisa memanfaatkan pekerjaan sesuai jurusan kuliah sebagai pekerjaan sampingan.

Semisal saja kamu berprofesi sebagai karyawan kantor dari pagi hingga senja, maka kamu manfaatkanlah waktu luang di luar jam kerja untuk menggeluti pekerjaan sampingan. Semisal kamu sarjana pendidikan, maka kamu bisa membuka les privat di sore hari. Atau jika kamu adalah mahasiswa sastra, maka kamu bisa mulai menulis draft novel atau pun bekerja sebagai kontributor. Tak hanya memiliki pendapatan tambahan, ilmu yang kamu miliki pun tak akan menguap begitu saja.

Sungguh, tak ada sesuatu yang sia-sia. Syukuri saja dimanapun kamu bekerja sekarang ini, karena banyak juga keuntungan yang akan kamu dapatkan.