Secinta-cintanya kamu dengan pekerjaanmu, pasti kamu pernah dan akan mengalami yang namanya kejenuhan kerja. Jenuh bekerja pun bisa diakibatkan oleh banyak hal mulai dari bosan karena pekerjaan yang monoton, pekerjaan yang menumpuk, dan sebagainya. Ketika kita jenuh dan capek, otak pun seakan berhenti bekerja. Kalau udah gitu sih lumayan ngerepotin juga ya, karena kerjaan kudu selesai namun kita tanpa daya. Tapi tenang, jika itu terjadi, banyak cara kok untuk kembali semangat dan produktif. Ini nih beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membasmi rasa jenuh bekerja tersebut!

1. Joget-joget bentar bikin tubuh dan otakmu kembali segar, thanks to hormon serotonin pada tubuh

Dance party untuk tambah produktivitas via static2.businessinsider.com

Tahu nggak sih, bahwa tubuh kita memiliki suatu hormon yang namanya serotonin. Hormon ini adalah suatu hormon yang menghasilkan rasa kalem dan kepuasan, yang kemudian akan memberikan asupan energi pada tubuh dan otak. Serotonin ini akan terproduksi oleh tubuh ketika kita melakukan sesuatu yang “enak-enak” seperti berdansa, bernyanyi, bahkan bercinta. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan sesuatu seperti joget ataupun peregangan ketika kamu ingin produktivitas kerjamu bertambah.

2. Mendengarkan musik favorit juga bisa bikin kamu segar lagi, asal jangan yang bikin kamu pengen nyanyi bareng saja…

Dengerin musik instrumental via www.smarthealthtoday.com

Penelitian membuktikan bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan laju kerja otak kita. Sehingga, ketika kita otak sedang buntu ketika bekerja, mungkin kamu hanya butuh mendengarkan musik saja. Tergantung orangnya sih, tapi tidak disarankan untuk mendengarkan musik yang liriknya kamu hafal sehingga membuatmu ingin ikut bernyanyi bersama lagunya. Yang ada, kamu justru semakin tidak produktif. Coba deh dengarkan genre musik orkestra, klasik, atau instrumental yang bikin produktivitas otak semakin bertambah.

3. Ketika produktivitas melemah, ingatkan dirimu pada goal atau tujuan utamamu bekerja. Pasti langsung semangat lagi deh

Advertisement

Punya fokus akan tujuan akhirmu bakal bikin kamu tambah semangat via www.stuff.co.nz

Duh kerjaan banyak banget, rasanya mau nyerah aja! Oiya, tapi kan nanti malam mau keluar sama si Abang sehabis kerja, mending aku selesaikan semua kerjaan sekarang deh!

Dengan memasang goal tertentu baik jangka pendek maupun jangka panjang, kamu pun jadi mempunyai tujuan dalam bekerja. Hal tersebut bisa kamu gunakan sebagai penyemangat ketika kamu sedang dilanda kegalauan hati ketika bekerja. Memasang goal bekerja nggak perlu yang besar-besar kok. Hal-hal kecil seperti keinginan untuk bersantai bersama pacar di akhir hari saja sudah cukup memotivasi. Lha yang nggak punya pacar? Tenang, bisa bersantai bersama guling. Hehe.

4. Atau sediakan kata-kata motivasi sebagai penyemangat ketika jenuh, tempel di meja kerjamu

Kalau perlu ditulis di tembok via www.pinterest.com

Teknik yang satu ini memang nggak selalu berhasil untuk semua orang sih. Tapi, kalau kamu adalah tipe orang yang puitis, romantis, berhati besar, berempati, dan tidak sombong, teknik yang satu ini pasti bisa diandalkan. Cari saja kata-kata yang memotivasi seperti pada gambar di atas dan pasang di meja kerja kamu sebagai penyemangat ketika lesu.

5. Jika semua tak berhasil, tandanya otakmu harus diistirahatkan. Pejamkan mata selama 15 menit dan kamu pun akan kembali segar

Istirahatkan otak biar bisa tambah cemerlang via i.huffpost.com

Jika semua cara-cara di atas tidak bisa membuat produktivitasmu semakin bertambah, mungkin kamu hanya butuh memejamkan mata sebentar saja. Tahu nggak sih bahwa dengan tidur siang selama 15 menit saja, badanmu akan kembali segar dengan cepat.

Tidur siang selama sepuluh hingga limabelas menit dalah waktu yang optimal untuk mengembalikan fungsi, performa, dan ketajaman otak. Hasil dari tidur siang tersebut pun akan bisa dipertahankan dua hingga tingga jam setelah tidur siang. – dilansir dari Bufferapp.com

Tuh, tidur limabelas menit saja bisa membuatmu segar kembali  dan siap untuk menyelesaikan pekerjaanmu. Yang penting, jangan sampai kebablasan ya!

Nah, sekarang kamu bisa mengembalikan performa dan produktivitas kerjamu dengan cepat ketika kamu sedang jenuh. Mari kita praktikan bersama-sama!

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!