Libur telah tiba! Hore!

Sekarang memang sedang musim liburan. Liburan sekolah disusul dengan perayaan Maulid Nabi, yang kemudian disambung dengan Natal, dan berujung pada tahun baru. Banyak orang mengagendakan liburan bersama dengan teman maupun keluarga. Yang lainnya mungkin pilih di rumah saja dan memanjakan diri dengan berbelanja.

Namun, pastikan jangan sampai kalap membelanjakan uang. Mengalokasikan dana untuk berlibur atau beli ini itu tentu boleh saja. Tapi jangan melebihi budget yang tersedia. Coba deh aplikasikan saja 7 cara sederhana ini supaya keuanganmu tetap aman selama musim liburan.

1. Bikin list keperluan selama liburan. Bedakan mana kebutuhan yang harus dicukupi dan keinginan yang menuntut untuk dipenuhi.

Bikin list kebutuhan via womenmarketingideas.com

Menentukan budget serta membuat list perlu dilakukan supaya perekonomianmu tetap aman. List yang dibuat ini bisa dijadikan kompas pemandu sekaligus pengingat ketika kamu berbelanja nantinya. Kamu bisa membuat 2 kolom berbeda. Kolom pertama berisi hal-hal yang memang penting dan wajib memiliki anggaran. Misalnya saja tiket pulang.

Advertisement

Selanjutnya di kolom kedua, isilah hal-hal yang sifatnya sekunder. Contoh : beli sepatu baru, baju baru, gadget baru. Kamu pun bisa memilah mana yang lebih penting dan benar-benar dibutuhkan. Misalnya saja beli baju baru di garage sale, jika gadget lama masih bisa dipakai kenapa harus beli lagi? Cantumkan juga harga-harga yang dibutuhkan, jumlahkan semua sehingga kamu tahu berapa uang yang harus dikeluarkan. Jika melebihi budget, kamu bisa memangkas kebutuhan yang dirasa kurang penting.

2. Tentukan berapa uang yang boleh dibelanjakan dan selalu bawa cash secukupnya di dompetmu.

Bawa cash didompet via kidslovethisstuff.com

Membawa uang cash secukupnya bisa jadi cara sederhana untuk mengerem keinginan berboros ria. Misalnya saja kamu akan pergi ke mall untuk membeli sepotong baju baru. Bawa saja uang cash yang kurang lebih senilai harga baju itu. Dengan begini, mau tak mau kamu gak akan membeli barang-barang lain yang gak ada di daftar list belanjamu.

3. Gak usah bawa kartu atm dan tinggalkan di rumah aja. Ini bisa jadi cara jitu biar kamu gak ada alasan narik uang seenaknya.

Gak usah bawa kartu atm via kozepsuli.hu

Selain membawa uang cash, meninggalkan atm di rumah juga merupakan langkah berani yang bisa dicoba. Karena sudah membawa uang cash senilai yang dibutuhkan, kamu tak membawa serta kartu atm. Karena keinginan untuk gesek sana sini dan tarik uang seenaknya bisa terbendung jika kamu gak membawa kartu atm di dompet.

4. Semaksimal mungkin hindari berhutang. Jika memang kepepet untuk meminjam, langsung lunasi begitu kamu ada uang.

Hindari berhutang via www.rolereboot.org

Terkadang berhutang memang sering dijadikan kebiasaan. Jika kamu gak ingin uangmu ludes tanpa makna, stop kebiasaan ini sekarang juga! Berhutang hanya akan membuatmu kehilangan uang dengan cepat. Jika memang tak memiliki pilihan selain meminjam, usahakan untuk selalu melunasinya begitu kamu ada uang sebelum hutangmu makin tertimbun.

5. Kalau mau belanja, jangan lupa manfaatkan diskon akhir tahun atau midnight sale. Gak perlu malu juga untuk berburu promo yang tersedia.

Manfaatkan promo yang ada via lookandfashion.hola.com

Menjelang akhir tahun adalah musim belanja. Untuk makin menghemat dana, kamu bisa memanfaatkan promo yang tersedia. Jangan malu untuk ikut berkerumun di box diskon atau rela menunggu saat midnight sale tiba. Selain itu, cari juga info di dunia maya, biasanya ada beberapa situs website yang bagi-bagi voucher diskon dan memberikan potongan harga.

6. Ajak teman yang punya sifat irit pas belanja. Biar dia bisa ngerem dan kamu gak menghabiskan uang seenaknya.

Ajak teman yang punya sifat irit via www.newilyichevka.ru

Salah satu langkah mudah agar kamu tak kalap belanja adalah ajak teman maupun saudara yang punya sifat irit. Teman atau saudaramu ini bisa dijadikan pengerem saat kamu kehilangan kendali untuk memenuhi hasrat belanjamu. Mereka bisa menjadi pengingat sekaligus penasihat. Sehingga pada akhirnya dompetmu tetap aman karena ada mereka yang sedia mengingatkan.

7. Selalu ingat bahwa setelah liburan usai, masih ada kebutuhan lainnya yang harus dipenuhi. Jadi pikir matang-matang sebelum membelanjakan uang hasil keringat sendiri.

Masih ada kebutuhan lain yang perlu dipenuhi via www.cosmopolitan.com.hk

Liburan di akhir tahun bukan akhir dari segalanya. Memang, mungkin kamu mendapat uang bonus ekstra atau THR dari tempatmu bekerja. Namun, tetap saja kamu tak memiliki kewajiban untuk menghabiskannya saat itu juga. Selalu ingat bahwa setelah liburan ini berakhir kamu akan kembali ke rutinitas biasanya.

Dan bukankah akan lebih bermanfaat jika kamu menabung 20-50% uang bonus yang didapatkan di akhir tahun? Percaya deh, uang yang mengendap di rekening tabungan bakal lebih bermanfaat daripada uang yang habis dibelanjakan.

Jadi, sudah siap melakukan 7 cara itu mulai sekarang?