Anak muda sekarang ini memang sedang gemar-gemarnya menjajal bisnis sendiri. Dari mulai bisnis pakaian, kafe, hingga makanan. Memang dari sekian banyak bisnis yang ada, bisnis kuliner termasuk yang menggiurkan. Memiliki pangsa pasar hampir segala usia membuat bisnis makanan lebih mudah untuk menggaet pelanggan.

Tak usah ragu lagi untuk memantapkan langkahmu menggeluti bisnis kuliner. Jika ditekuni dengan sepenuh hati dan dibarengi dengan 8 cara ini, dijamin usaha kuliner yang akan kamu geluti bisa makin sukses ke depannya!

1. Kreativitas itu mahal harganya. Mulailah bisnis kulinermu dengan memadupadankan cita rasa kekinian dengan resep yang sudah ada.

bisnis kuliner anak muda via instagram.com

Memang untuk bisa sukses di bidangnya, kamu harus memutar otak untuk menghasilkan ide baru. Ide yang dihasilkan pun harus benar-benar unik dan beda. Dengan mengusung ide bisnis yang tak sama dengan lainnya, dijamin produkmu akan lebih diterima dan minim pesaing.

Tengok saja makanan yang sekarang ini sedang naik daun padahal sebenarnya biasa saja, misalnya saja martabak dan kue cubit dengan berbagai rasa. Kamu bisa juga kok berkreasi dengan resep lainnya. Jajal saja untuk mengusung makanan atau minuman yang memang sudah populer di masyarakat kemudian mengembangkannya dengan berbagai pilihan rasa.

2. Tanpa perlu menyewa tempat usaha, kamu bisa memanfaatkan teras rumah atau mobil untuk berjualan sementara.

Advertisement

bisnis kuliner anak muda via mondomulia.overblog.com

Untuk menggeluti bisnis ini, kamu tak perlu menyewa kios dengan harga mahal. Manfaatkan saja teras rumah untuk menggelar lapakmu. Selain berjualan di teras rumah, kamu juga bisa menitipkan dagangan ke warung makan hingga toko kue. Jika kamu tak ingin repot-repot mencari kedai yang bersedia dititipi barang dagangan, kamu bisa berjualan dengan mobil dan mangkal di spot-spot yang memang ramai pembeli.

3. Jangan lupa kabarkan bisnismu pada kawan dan keluarga, siapa tahu mereka bakal jadi pelanggan utama!

bisnis kuliner anak muda via www.houstonpress.com

Setelah matang menentukan jenis kudapan dan mulai memproduksinya, kamu bisa mulai menyebarkannya ke orang terdekat. Dari mulai keluarga, kawan, hingga kenalan. Jika perlu bawa produkmu ketika kamu sedang berkumpul bersama dengan mereka. Berikan juga tester secara cuma-cuma supaya mereka bisa mencoba dan langsung membeli. Siapa tahu merekalah yang akan menjadi pelanggan utama.

4. Pasarkan lewat Instagram dan gencarlah beriklan. Terapkan pula strategi endorse artis ternama demi mendongkrak penjualan.

bisnis kuliner anak muda via instagram.com

Media sosial memang bisa dijadikan kendaraan ampuh untuk membawa bisnismu menuju kesuksesan. Manfaatkan aplikasi gratis seperti Facebook, Twitter, dan Instagram untuk mengembangkan usahamu. Bahkan kamu juga bisa membuat website khusus supaya produkmu makin terlihat terpercaya.

Untuk meningkatkan penjualan, kamu bisa mengendorse artis ternama. Selain itu, perhatikan juga teknik pengambilan gambar supaya produkmu terlihat lebih menggiurkan. Kamu bisa kok intip tipsnya di artikel Hipwee yang ini.

5. Cara mengemas dagangan juga wajib diperhatikan. Buat packaging yang menarik mata supaya calon pembeli tergiur untuk mencoba.

bisnis kuliner anak muda via www.theonlinecentral.com

Pepatah “Don’t judge by its cover” tidak berlaku ketika kamu menjadi seorang pengusaha di bidang makanan. Supaya penjualan produkmu naik tajam, kamu harus memperhatikan betul kemasan dagangan. Kreasikan desain produk jualanmu seunik mungkin supaya calon pelanggan berkeinginan untuk mencoba karena sudah jatuh cinta pada bungkusnya. Untuk referensi desain kemasan, kamu bisa mengintipnya di sini.

6. Tak perlu memaksa pasang tarif mahal. Meski keuntungan per produk satuan lebih sedikit, keuntunganmu bisa jadi tinggi jika pembeli sudah mulai ramai mengantri.

bisnis kuliner anak muda via img.over-blog-kiwi.com

Di awal menggeluti bisnis ini, kamu tak perlu memasang harga mahal untuk meraup untung tinggi. Walaupun keuntungan per produk hanya sedikit, namun jika permintaan tinggi maka kamu juga akan mengantongi keuntungan yang banyak. Jaga rasa dan mutu dari produkmu serta gencarkan saja beriklan demi menarik pelanggan, dengan begini permintaanmu juga akan meninggi.

7. Bisnis kuliner harus dijalani dengan konsisten. Jangan terbiasa buka-tutup-buka agar kamu tak kehilangan pelanggan setia.

bisnis kuliner anak muda via img.over-blog-kiwi.com

Memang di awal merintis bisnis makanan, produkmu tak akan langsung laku keras. Segalanya butuh perjuangan supaya kamu bisa menjerat banyak pelanggan. Yang terpenting tetaplah konsisten untuk memproduksi supaya usahamu tetap bisa berjalan ke depan. Supaya nantinya ketika ada permintaan kamu tetap bisa memenuhi, hal ini pun akan mencegahmu kehilangan pelanggan.

8. Demi bisnis yang terus berjalan, modal utamamu haruslah keuletan. Supaya jualanmu lebih maju lagi, jangan berhenti membuat inovasi.

bisnis kuliner anak muda via studentmindskitchen.wordpress.com

Untuk menggeluti usaha di bidang kuliner, kamu memang harus rajin-rajin untuk mengembangkan produk jualanmu. Hal ini supaya bisnismu tak hanya jalan di tempat saja. Dengan selalu berinovasi akan membuat pembeli selalu tertarik mencoba dan akan menjadikan bisnismu makin sukses ke depannya.

Jadi gimana, sudah siap merintis bisnis kuliner sendiri? Jika kamu punya tips lainnya, bagikan di kolom komentar dong!