Dunia bisnis sepertinya menjadi opsi utama bagi kaum muda, yang enggan terus bekerja di bawah kepemimpinan orang lain. Tawaran untuk punya waktu yang lebih banyak, kemapanan finansial serta kebebasan untuk mengembangkan diri jadi daya tariknya.

Tidak terkecuali artis-artis yang sering menghiasi layar kacamu setiap harinya. Sadar bahwa kehidupan di dunia entertainment tidak bisa ditebak mereka sudah mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari.

Tapi status public figure yang sudah dikenal banyak orang tidak serta merta mempermudah perjuangan. Usaha artis-artis ini juga harus dimulai dari bisnis rintisan. Atau yang sering disebut startup. Ingin tahu perjuangan mereka yang juga bisa menginspirasimu? Di sini Hipwee sudah kumpulkan beberapa perjuangannya.

1. Christian Sugiono nggak hanya modal tampang. malesbanget.com-nya sukses menghibur dan menjadi inspirasi anak muda.

Christian Sugiono via www.vidio.com

Ganteng? Centang. Jago akting? Centang. Istri cantik? Centang. Anak lucu? Centang. Mungkin kamu bertanya-tanya apa kurangnya seorang Christian Sugiono. Tapi seperti yang sudah diketahui oleh semua orang, suami Titi Kamal ini tidak hanya modal ganteng, tapi juga kelihaian melihat kesempatan untuk membangun bisnisl. Malesbanget.com adalah media anak muda yang didirikan oleh Tian dan kedua temanny, yaitu Aryo dan Aji.

Advertisement

Malesbanget berdiri sudah sejak tahun 2006 lho, hanya saja sempat vakum dan aktif kembali di tahun 2011. Selain Malesbange.com atau MBDC ini, Tian dan Aryo juga pernah membuat perusahaan IT dengan nama Subtude Studio. Duh, jadi iri nggak sih sama Titi Kamal?

2. Sudah tahu belum kalau Nidji punya bisnis online media?

Giring Ganesha via antiketombe.clear.co.id

Masih ingat dengan sountrack film Laskar Pelangi? Yap, suara khas Giring Nidji ini pasti susah dilupakan. Meski kini Nidji tidak sesering dulu muncul di televisi, tapi kalau mendengar nama Nidji, pasti kamu langsung terbayang lagu-lagu dan suaranya yang khas.

Ternyata Giring, sang vokalis, tidak hanya jago nyanyi, tapi juga jago bisnis. Giring mulai membangun Kincir.com di tahun 2013, sebuah online media yang menjadi tempat bertemunya penggemar dan idonya. Semacam fanbase, gitu. Kincir.com ini dibangun Giring bekerja sama dengan Djarum Group yaitu GDP Venture. Selain bisa keep in touch dengan idolamu, di kincir.com kamu juga bisa baca artikel-artikel tentang kabar hits terbaru.

3. Berkali-kali gagal tidak membuat Daniel Mananta mundur dari dunia usaha. Kini dia sukses dengan brand DAMN I LOVE INDONESIA!

Daniel Mananta via www.youtube.com

Pemandangan anak muda memakai kaus putih dengan tulisan DAMN I LOVE INDONESIA pasti bukan sekali atau dua kali kamu temui. Tapi apakah kamu sudah tahu kalau brand tersebut dilahirkan oleh Daniel Mananta atau juga dikenal dengan VJ Daniel?

Di dunia bisnis, Daniel bukan anak baru lagi. Dia sudah memulai sejak masih SMA dengan mengikuti bisnis MLM (Multi Level Marketing), dengan modal yang dia dapatkan dengan bekerja di sebuah rumah makan. Sebelumnya, Daniel membuka toko untuk baju dengan style Jepang, tapi respon dari pasar kurang positif.

Gagal satu, Danil mencoba Damn Black Label, sebuah brand baju dan kaus warna hitam dengan gambar tentang dunia musik. Usaha ini cukup sukses. Di tahun 2008, barulah Daniel mencoba menggabungkan fashion dan nasionalismenya yang tinggi dalam brand DAMN I Love Indonesia. By the way, konon DAMN diambil dari nama panjangnya: Daniel Mananta.

4. Pasti kamu nggak asing dengan Mantan Putri Indonesia Zivanna Letisha ini. Tapi apa kamu sudah tahu bisnisnya di skin.co.id?

Zivanna Letisha via www.youtube.com

Berkolaborasi dengan Denny Santoso, seorang pembawa berita, Zizi mendirikan skin.co.id, sebuah platform di mana kamu bisa mengakses artikel-artikel kecantikan, dan membeli produk-produk kecantikan dari brand ternama di dunia.

Skin.co.id yang juga merupakan pivot dari BeautyPlan memungkinkanmu membaca berkontribusi menulis artikel. Si cantik yang juga pernah meluncurkan buku Cewek Juara ini ternyata tidak hanya cantik dan cerdas, Tapi juga piawai berbisnis.

5. Artis senior Elma Theana kini juga sibuk mengurus bisnis Wedding Organizernya yang diberi nama Madeena

Elma Theana via www.kapanlagi.com

Artis senior Elma Theana tentu tidak mau kalah dengan artis-artis juniornya. Karena mengaku sudah berbakat mengurusi event-event sejak kecil, Elma Theana membuka bisnis Wedding Organizer bersama kedua temannya yaitu Liv Vhiena dan Dian Komalasari. Namanya Madeena. Uniknya, Elma Theana mengusung konsep syariah, selain karena kini dirinya telah berhijab, juga karena ada nilai dakwahnya. Kini Madeena sudah mulai berkembang. Meski mengaku sering pusing memberikan jasa yang maksimal, Elma Theana tetap hepi kok menjalani bisnisnya.

6. Siapa yang tidak tahu bisnis istri dari Hanung Bramantyo? Brand Meccanism-nya Zaskia Mecca sudah tersebar ke mana-mana

Pastinya kamu sudah tidak asing dengan brand fashion muslim Meccanism. Brand fashion yang dimiliki oleh Zaskia Adya Mecca ini memang sudah tenar ke mana-mana. Dengan model-model yang hits, mulai dari yang kasual sampai yang glamour, Zaskia berusaha memenuhi permintaan pasar akan pakaian yang nyaman namun tetap modus.

Menurut pengakuan Zaskia, keinginannya menjadi pengusaha muncul setelah dia menikah. Karena ingin fokus mengurus suami dan anak, tapi tetap berkarya dan punya penghasilan sendiri, akhirnya lahirlah Meccanism yang sekarang kamu gandrungi itu.

Dunia entertainment memang tidak tertebak peruntungannya. Tapi kalaupun tidak tampil di layar kaca, artis-artis tadi bisa bertahan di ruang bisnis dengan segala kreativitas dan kegigihannya. Itu membuktikan bahwa mereka tidak modal tampang yang cantik dan tampan saja. Seluruh peluang sudah tersedia, asalkan kamu mau rajin-rajin menggali kesempatan dalam pasar. Yuk belajar dari mereka!

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!