Salah satu hal yang menjadi kendala saat seseorang ingin membuka sebuah usaha adalah keterbatasan modal yang dimiliki. Apalagi jika usaha yang tengah dibangun memerlukan modal yang nggak sedikit. Hal ini membuat para calon wirausahawan mencari pinjaman dana demi mewujudkan rencananya tersebut.

“Pinjam duit di bank aja coba!”, kata seorang teman…

Mayoritas bank memang menyediakan fasilitas pinjaman dana bagi nasabahnya. Ada yang mensyaratkan jaminan, ada pula yang tanpa jaminan. Terlepas dari ada atau nggaknya jaminan, tetap ada persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh si peminjam dana. Bukan untuk mempersulit, namun untuk memastikan bahwa kamu sanggup mengangsur dan melunasi pinjaman, sehingga menghindari jeratan masalah finansial selama proses pengangsuran. Nah, jika kamu adalah salah satu yang berencana untuk meminjam dana di bank, pastikan dulu kamu sudah mempersiapkan syarat-syarat berikut ini.

1. Persyaratan paling utama yang harus dipenuhi adalah fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan menetap di wilayah Negara Indonesia

Syarat utama punya KTP via www.kilasdepok.com

Persyaratan utama ini hukumnya wajib untuk kamu penuhi. Yup, rasanya identitas diri memang dibutuhkan sebagai syarat untuk melengkapi pengajuan apapun, termasuk pinjaman dana di bank. Alamat yang tercantum di dalam KTP harus sesuai dengan alamat tinggal yang sekarang. Jika ternyata berbeda, maka kamu harus mencantumkan surat keterangan tinggal dari pihak kelurahan wilayahmu. Buatmu yang sudah menikah, maka kamu perlu mencantumkan KTP-mu dan istri (atau suami) sehingga pihak bank mengetahui bahwa pinjaman dana ini telah diketahui oleh dua belah pihak.

2. Jika kamu sudah menikah, siapkan juga fotokopi akta nikah sebagai bukti bahwa harta yang digunakan milik bersama

Advertisement

Biar jelas kalau hartanya dipakai kalian berdua via www.datangya.com

Pihak bank sebagai pihak peminjam dana akan meminta fotokopi akta nikah buatmu yang berstatus sudah menikah. Akta nikah ini digunakan sebagai jaminan bahwa pihak bank mengetahui harta atau barang yang digunakan merupakan harta bersama. Tentu saja, harta bersama ini perlu diketahui oleh kedua belah pihak, baik suami-istri, maupun pihak peminjam. Supaya ketika ada masalah dan beberapa hal yang berkaitan dengan pinjaman dana, maka konfirmasi akan berjalan dengan lancar.

3. Syarat yang harus disiapkan berikutnya adalah fotokopi Kartu Keluarga (KK). Ini juga penting!

Bank perlu tahu tanggungan anggota keluargamu via www.dukcapilpsp.com

Persyaratan berupa KK ini diperlukan agar pihak bank mengetahui berapa banyak beban anggota keluarga yang perlu ditanggung olehmu sebagai calon peminjam. Dengan ini, pihak bank dapat memperkirakan kesanggupanmu untuk membayar cicilan tagihan. Karena jika tanggungan anggota keluargamu terlampau banyak, maka nggak jarang pihak bank akan ragu memberikan pinjaman dana dengan asumsi kamu akan keberatan untuk melunasi tagihan karena beban keluarga yang juga harus dipenuhi.

4. Tentu saja, buku tabungan juga perlu disertakan sebagai persyaratan peminjaman dana. Kelihatan deh kemampuan finansialmu dari sini

Biar ketahuan mutasi rekeningmu via obralobrol.riftom.com

Dengan adanya mutasi buku tabungan selama 3 bulan terakhir, maka kemampuanmu secara finansial dapat dilihat secara jelas. Besaran saldo yang tertanam dalam rekening tabungan juga menandakan kesanggupanmu untuk mengganti pinjaman yang telah diberikan oleh pihak bank nantinya. Ini berlaku bagi syarat peminjaman uang di bank manapun di Indonesia. Jadi, pastikan saldo yang kamu punya lebih dari cukup untuk bisa meminjam dana, ya!

5. Untuk mengetahui kemampuan finansialmu berikutnya, pihak bank memerlukan informasi mengenai slip gajimu juga

Persyaratan inilah hal yang paling dipertimbangkan oleh pihak bank kepada calon peminjam dana. Ketika pendapatan diperoleh dari sebuah instansi pemerintah maupun swasta diketahui nominalnya, maka akan memudahkan pihak bank untuk segera memberikan keputusan. Kemampuan finansial akan terlihat nyata dari pendapatan calon peminjam. Jika kamu ingin meminjam dana dengan nominal cukup besar sedangkan pendapatannya sedang-sedang saja, maka bisa diprediksi bahwa kemampuan untuk mengembalikan pinjaman agak kesulitan.

6. Bukti bahwa kamu nggak memiliki tanggungan cicilan atau kredit lainnya. Pertimbangkan soal syarat ini, ya!

Bebas hutang cicilan! via www.youtube.com

Pengajuan pinjaman pastinya akan diterima oleh pihak bank sebagai pemberi dana jika kamu sebagai pihak peminjam telah lolos syarat dengan tanpa memiliki cicilan di luar pinjaman (dan juga syarat lain yang diluluskan). Berbeda halnya jika masih memiliki kredit atau cicilan lain yang belum selesai. Permasalahan kredit yang belum dibereskan, akan memperkecil peluangmu untuk meminjam dana di bank. Karena dengan adanya tanggungan kredit ini, menandakan bahwa masih ada urusan pinjaman yang belum clear. Pihak bank tentu nggak akan ambil risiko untuk meminjamkan dana padamu.

Prinsip dasar dalam dunia perbankan adalah kepercayaan. Mengetahui syarat pengajuan pinjaman dengan lengkap dan mengerti seluruh proses di bank merupakan kunci sukses dari persetujuan kredit yang kamu ajukan. Kepercayaan ini dapat dimulai dari pengajuan berkas pinjaman yang akurat dan lengkap pada saat penyerahan ke bank. Selalu ikuti prosesnya dengan jujur agar pinjaman danamu juga bisa disetujui dan lancar.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya