Menyambut pergantian tahun, biasanya kamu dipusingkan oleh banyak hal. Mulai dari pekerjaan yang belum selesai, hingga hal-hal yang tak pernah dijamah sekalipun sukses memenuhi pikiran. Kamu yang sebelumnya masih santai menjalani hari, kini menjelang pergantian tahun jadi semrawut. Beragam resolusi hidup pun mulai dibuat, walau tak tahu harus yang seperti apa dan mulai dari mana.

Nggak perlu muluk-muluk dan terlalu lebay bikin resolusi, ada baiknya kamu banyak-banyak berpikir dan menyiapkan diri. Menyiapkan diri untuk menjadi lebih baik lagi, atau menata segalanya supaya nggak menjadi sebatas ekspektasi.

Tapi, jangan cuma banyak bicara, mari simak ke-7 tindakan nyata yang bisa kamu lakukan dari sekarang yang sudah Hipwee Sukses siapkan berikut ini!

1. Pergilah ke sebuah taman, ruang kosong atau comfort place-mu untuk bermeditasi. Di sinilah, kamu akan mulai menata pikiran dan hati

bermeditasi via pcwallart.com

Sebelum tahun berganti nggak ada salahnya kamu mencoba bermeditasi agar segala problematika hidup bisa diminimalisir. Masalah-masalah yang pernah terjadi tak lagi mengganggu pikiranmu, sehingga di kemudian hari dapat dijalankan dengan santai.

Advertisement

Luangkan paling tidak 30 menit sampai 1 jam waktumu untuk bermeditasi. Terserah mau kapan waktunya, asalkan tak ada tekanan atau kamu merasa terpaksa. Pikirkan baik-baik apa saja yang sudah kamu lalui setahun belakangan, lalu berkomitmen lah bahwa kamu kan lebih baik lagi di tahun depan.

2. Kesalahan banyak orang adalah, punya resolusi tanpa adanya aksi. Kalau kamu, coba deh catat semua keinginanmu supaya lebih termotivasi

pikirkan resolusimu via www.lifehack.org

Resolusi merupakan hal wajib yang nggak boleh terlewatkan. Memang sih resolusi identik dengan omongan belaka saja, namun usia yang makin bertambah juga harus kamu imbangi dengan resolusi matang. Coba kumpulkan dulu, lalu pilih mana saja yang bisa diwujudkan.

Jadilah anti mainstream dengan membuat catatan berisi keinginan atau resolusimu untuk tahun depan. Simpan atau jika perlu, tempelkan di tempat yang mudah terjangkau dan kamu melihatnya setiap saat. Hasilnya, kamu pun akan lebih termotivasi.

3. Jika malas menyendiri, luangkan juga waktumu yang berharga dengan mereka; sahabat, pacar atau keluarga

have fun via www.playbuzz.com

Selain resolusi, satu hal yang pasti dilakukan yaitu menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat. Nah, dari sekarang coba rencanakan kegiatan apa saja yang dapat kamu lakukan bersama mereka. Jika mau pergi ke luar kota, kalian harus rencanakan dengan matang acaranya seperti apa dan mengambil lokasi di mana, ditambah lagi budget yang diperlukan. Tapi, kamu juga bisa kok adakan kegiatan seru dengan kesederhanaan. Bahkan, kehangatan kalian pun tetap terjaga satu sama lain. Camping atau pergi ke pantai misalnya.

Hal ini sangat wajar, toh selama setahun kalian aktivitas kalian cukup padat dan jadi jarang bertemu.

4. Mengerem perbuatan kurang baik dari sekarang. Misalnya, mengurangi mengeluh atau kata-kata umpatan

menyambut awal tahun via www.pexels.com

Ketika kamu sedang bermeditasi, salah satu hal yang perlu terpikirkan adalah perbuatan kurang baik dalam dirimu selama ini. Misalnya saja di akhir tahun kamu coba berlatih untuk mengurangi kata-kata umpatan atau keluhan. Meski sulit merealisasikannya, nggak ada salahnya kamu coba dari sekarang. Siapa tahu di tahun depan malah jadi terbiasa dan hal-hal negatif memang berkurang.

5. Rayakan juga akhir tahunmu dengan menonton film-film favorit yang selama ini belum terealisasikan. Stres hilang, bahagia pun datang

me time via tricksforums.com

Kesibukkan yang menderamu selama setahun belakangan membuatmu absen ‘me time’ atau sekadar mengurusi hobi. Jika sebelumnya kamu adalah penonton film atau pembaca novel yang setia, kamu tak pernah sempat karena kesibukan selalu mendera.

Dua kali seminggu, cobalah untuk memanjakan dirimu dengan menonton film atau maraton membaca novel yang selama ini kamu gandrungi. Habiskan juga akhir tahunmu dengan membayangkan aktor-aktor tampan atau isi novel bacaanmu yang menjadi kenyataan. Menyenangkan bukan?

6. Selagi bisa, selesaikan laporan atau pekerjaanmu yang sempat tertunda. Biarkan tahun baru nanti dilewati tanpa beban derita

kerjakan apa yang belum selesai via likesuccess.com

Mentang-mentang tahun akan segera berganti, lantas semua pekerjaanmu ditunda dulu. Padahal, hal itu justru salah selama masih ada pekerjaan yang belum selesai. Untuk itu, jangan kesampingkan kewajibanmu ini agar kamu bisa terbebas dengan tuntutan tugas kuliah atau kantor.

Toh, jelas lebih nyaman jika tugasmu selesai sebelum pergantian tahun dibanding menundanya, ‘kan?

7. Buang semua nota, catatan atau history chat yang selama ini memenuhi isi otakmu. Come on, jadilah pribadi yang baru!

bikin resolusi via www.pexels.com

Sadar nggak kalau nota bekas belanja, catatan atau chat lama bisa membuat mood-mu memburuk tiap harinya?

Berhubung tinggal menghitung hari menjadi pergantian tahun, nggak ada salahnya kamu membuang alias melupakan segalanya, lalu segera ganti dengan yang baru. Bukan berarti menjadi pirbadi yang arogan, tujuannya cuma agar kamu tak memiliki beban.

Alangkah baiknya, sambutlah pergantian tahun dengan penuh semangat, pikiran positif dan terbebas dari beban yang membelenggu. Jangan biarkan hidup yang cuma sekali ini menjadi sia-sia tanpa arti, sedangkan kamu sendiri sebenarnya masih punya potensi! 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya