Biaya yang harus digelontorkan untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah tentu gak sedikit. Dari mulai uang pendaftaran, uang gedung, SKS, UKT, hingga biaya lainnya mengantri untuk dilunasi. Gak heran hal inilah yang menyebabkan tak semua orang bisa mencicipi pendidikan di universitas. Dan bagi mereka yang sedang menimba ilmu di bangku kuliah, harus berusaha sekuat tenaga untuk bisa melunasi biaya yang ada hingga waktunya meraih gelar sarjana.

Kamu yang bermimpi untuk bisa membiayai kuliah dengan uang sendiri tanpa merepotkan orangtua, Hipwee akan bagikan 10 rahasia supaya niat muliamu bisa diwujudkan dengan segera.

1. Kalau memang niat bayar kuliah sendiri sebaiknya cari kampus yang gak begitu jauh dari rumah. Jadi kamu gak perlu keluar uang untuk ngekos lagi.

cari kampus yang deket rumah via www.hercampus.com

Jika kamu ingin membiayai kuliah sendiri, kamu harus sebisa mungkin memangkas pengeluaran yang ada. Alih-alih melanjutkan pendidikan di luar kota dan harus keluar biaya untuk kos, lebih bijak jika kamu mencari universitas di dalam kota sehingga bisa hemat biaya. Uang yang seharusnya digunakan untuk membayar kos bisa dialokasikan untuk melunasi UKT maupun beberapa SKS.

2. Carilah kampus yang memiliki ikatan dinas. Biasanya uang kuliah akan dibiayai hingga lunas.

carilah kampus yang memiliki ikatan dinas via vk.com

Advertisement

Mencari universitas yang memiliki ikatan dinas dengan pemerintah juga bisa dijadikan cara jitu lainnya. Karena mendapatkan bantuan dari pemerintah, tentu saja biaya yang dipatok juga lebih terjangkau. Bahkan, ada beberapa universitas berikatan dinas yang gratis hingga kamu menjadi sarjana. Selain itu, setelah kamu lulus nanti kamu bisa disalurkan ke instansi yang membutuhkan atau diangkat jadi PNS. Cukup menarik kan?

3. Gak perlu malu jadi beasiswa hunter karena dari sini uang kuliahmu bisa tercover.

beasiswa hunter via txstateu.wordpress.com

Beasiswa bisa menjadi jalan keluar untukmu yang ingin mendapat keringanan biaya kuliah. Mulai dari beasiswa pemerintah hingga perusahaan swasta bisa dicoba. Biasanya mereka akan mengcover biaya beberapa semester atau bahkan mendanai seluruh biaya hingga kelulusan tiba. Oleh karena itu, jangan malas untuk mengecek informasi beasiswa mulai dari sekarang.

4. Jadi kuis hunter juga patut dilakukan, cari sample gratisan (mulai dari camilan sampai alat mandi) bisa memangkas pengeluaran selama sebulan.

jadi kuis hunter via www.camtutor.org

Selain pemburu beasiswa, kamu juga bisa jadi kuis hunter. Kamu bisa kok mencari sample produk gratisan via website tertentu. Biasanya sample gratis yang diberikan adalah camilan, sabun mandi, sabun cuci baju, shampoo, odol, dan lain sebagainya. Mungkin memang terlihat sepele, tapi cukup lumayanlah untuk memangkas pengeluaran belanja selama sebulan.

5. Ini waktunya berprestasi! Ikut lomba sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki, lumayan ‘kan hadiahnya untuk bayar SKS sendiri.

ikut berbagai lomba via www.fti.itb.ac.id

Sebagai mahasiswa kamu harus memanfaatkannya sebaik mungkin. Ikuti saja berbagai lomba sesuai bakatmu. Mulai dari lomba menulis, lomba desain, lomba gambar, lomba puisi, dan masih banyak lainnya. Biasanya hadiah yang diberikan berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Lumayan kan untuk bayar SKS sendiri?

6. Komitmen pada diri sendiri untuk menyisihkan 200 ribu dari uang saku bulanan. Setelah 6 bulan bisa untuk bayar UKT semester itu.

komitmen untuk menyisihkan 200 ribu per bulan via www.quickanddirtytips.com

Berkomitmenlah pada diri sendiri untuk menyisihkan 200 ribu dari uang saku yang didapat tiap bulan. Setelah terakumulasi selama 6 bulan akan cukup untuk melunasi UKT maupun sks semester itu. Dengan begini kamu tentu akan bisa meringankan beban orangtua.

7. Cari pekerjaan freelance yang gak terlalu memberatkan. Keseluruhan gajinya wajib disalurkan untuk bayar uang kuliah.

cari pekerjaan freelance via blog.pad-group.com

Mencari perkerjaan sampingan tentu bisa dilakoni. Namun, pastikan pekerjaanmu ini tidak terlalu menyedot waktu, tenaga, dan pikiran ya. Karena bisa jadi kuliahmu akan terbengkalai karena terlalu sibuk bekerja. Cari juga pekerjaan yang bisa menambah wawasan atau mengasah skillmu. Misalnya saja menjadi penulis lepas, penerjemah, penjaga perpustakaan, hingga guide untuk wisatawan asing.

8. Punya bisnis sampingan tentu bisa dijadikan solusi, laba yang didapatkan cukup untuk menambal pengeluaran di sana sini.

bisnis sampingan via www.dailymail.co.uk

Selain pekerjaan freelance, kamu juga bisa menjajal bisnis sampingan. Namun sekali lagi, pastikan bahwa bisnismu ini ringan dan tak terlalu menyita waktu dan tenaga. Coba saja untuk berbisnis online shop, kamu bisa memanagenya disela jam kuliah. Atau kamu juga bisa menjual ragam camilan di kampus maupun kos.

9. Jangan malu untuk ikut seminar yang ngasih gratis makan siang. Dari sini kamu justru bisa ngirit uang jajan.

ikut seminar via www.fti.itb.ac.id

Berbagai macam seminar tentu saja terbuka untuk diikuti oleh para mahasiswa. Bahkan, terkadang seminar sering memberikan banyak fasilitas bagi para pesertanya. Mulai dari merchandise, voucher gratis, snack, hingga makan siang. Gak hanya menambah wawasan dan juga relasi, kamu juga bisa ngirit uang jajan dari sini.

10. Sebisa mungkin nilaimu harus bagus dan jangan ada yang mengulang. Usaha membiayai kuliah ini gak gampang kan?

jangan sampai ada yang mengulang via www.collegebound.net

Salah satu cara untuk hemat biaya kuliah adalah dengan cara secepatnya lulus. Untuk mendapatkan kelulusan yang tepat waktu kamu pun dituntut untuk memiliki nilai bagus. Sehingga mulai sekarang usahakan untuk memiliki nilai memuaskan atau dalam batas aman supaya kamu gak mengulang mata kuliah tertentu (yang pastinya bakal keluar uang lagi untuk bayar SKS).

Kalau kamu punya cara lainnya, bagikan di kolom komentar dong! Semangat ya para mahasiswa!