Menghemat uang kadang memang gak mudah, tapi juga gak sesusah yang kita kira. Salah satu triknya adalah dengan menekan hasrat belanja. Barang yang sebenarnya tak usah kamu beli, bisa kamu sewa. Nah, dengan menyewa barang, kamu bisa memangkas banyak anggaran dan uangmu bisa lebih aman mengisi tabungan.

Mungkin selama ini kamu rela memotong uang jajan hanya untuk membeli video games keluaran terbaru. Kamu pun rela bertahan dengan uang pas-pasan hanya untuk membeli tas yang sebenarnya hanya kamu pakai jika kondangan. Kabar baiknya, sekarang kamu bisa menyewa barang-barang ini di tempat rental. Mau tahu barang apa saja yang cocok untuk disewa? Hipwee berikan rekomendasinya di sini! 😀

1. Mencoba games baru memang candu. Tapi, menyewa alih-alih membeli game akan menyelamatkan uang jajanmu.

Video games, cukuplah sewa via venturebeat.com

Bagi sebagian orang, main games itu ibarat candu. Rasanya hidup belum lengkap jika belum coba permainan teranyar. Gak jarang kamu akan menghabiskan uang jajan untuk beli video games yang baru keluar. Nah, jika kamu ingin lebih berhemat, maka  sewa adalah solusi yang tepat. Jika dihitung-hitung harga satu jenis games orisinal kadang bisa mencapai 700.000-an. Itupun kamu masih harus tergoda dengan games teranyar lain yang bakal keluar beberapa bulan kedepan. Nah, tanpa harus kehabisan uang di akhir pekan, sekarang kamu bisa menyewa dengan biaya mulai dari 40.000 per games. Dengan cara ini, kamu bisa puas menjajal permainan konsol terbaru tanpa harus takut kecewa jika ternyata game itu tidak seasyik bayanganmu.

2. Tak perlu susah menabung untukbeli peralatan olahraga mahal. Di usiamu yang sekarang, cukup sewa alat fitness di pusat kebugaran.

Cukuplah sewa alat fitnes via housing.uiowa.edu

Advertisement

Kamu ingin punya badan yang fit tapi malas untuk melakukan kegiatan luar ruangan? Maka latihan dengan alat fitness bisa menjadi solusi yang tepat. Tanpa perlu menunggu kaya raya untuk membeli alat yang sangat mahal harganya, sekarang kamu bisa menemukan persewaan alat fitness di berbagai penjuru kota. Biayanya? Cukup dari 25.000 per jam, kok. Lebih murah lagi jika kamu berlangganan per bulan atau per tahun. Dengan cara ini juga, kamu bisa menyewa instruktur yang berpengalaman atau kenalan baru. Mau nambah semangat? Ajak pacarmu untuk pergi ke gym bareng-bareng!

3. Kebaya seindah apapun tetap tak akan kamu pakai setiap hari. Karena itu, pertimbangkan untuk menyewa daripada menjahit atau membeli.

Kebaya, kamu sewa saja via www.cahwadon.com

Acara-acara khusus seperti Kartinian atau Agustusan sering menuntutmu menggunakan baju formal. Kamu pun akan merelakan sejumlah uang — yang bisa sampai lebih dari Rp. 1.000.000 — untuk membeli pakaian khusus seperti kebaya. Setelah acara kelar, sayangnya, pakaian itu harus kamu museumkan. Satu-satunya harapanmu mengenakan baju itu lagi adalah acara yang sama di tahun depan atau kondangan yang hanya terjadi beberapa kali setahun. Itupun… kalau berat badanmu tidak berubah. Kalau kebaya itu sudah tidak pas di badan? Siap-siap deh bikin yang baru dari awal. Hal seperti ini nih yang membuat penggunaan uangmu tidak tepat sasaran.

Nah, jika kamu ingin lebih berhemat dan efektif dalam penggunaan uang, cobalah untuk menyewa pakaian formal. Dengan mulai uang 200.000-an kamu sudah bisa tampil apik saat acara Kartinian atau kondangan. Tak perlu membobol uang makan, kamu sudah bisa menjadi pusat perhatian. Nilai plusnya? Kamu juga bisa ganti-ganti gaya setiap tahunnya!

4. Hobi naik gunung menjadikanmu individu yang cool. Tapi, kesibukan menahanmu untuk pergi setiap tahun. Jadi tak usah beli peralatan outdoor — sewa saja.

Rental outdoor gear via equipped.outdoors.org

Sekarang ini naik gunung memang sudah menjadi olahraga yang sedang banyak digandrungi kaum muda. Baik cewek maupun cowok ingin terus menjajal kegiatan ini. Namun sayang, kesibukan pekerjaan atau kuliah membuat tidak mungkin untuk naik gunung sesering yang mereka mau.

Nah, jika kamu termasuk orang yang terlalu sibuk untuk menjadikan naik gunung kegiatan rutin, sewa saja semua perlengkapan di tempat rental. Harganya tidak terlalu menguras kantong kok. Tas keril 60 liter, yang harga produk barunya bisa mencapai 400.000-an, bisa kamu sewa dengan harga 18.000 per hari. Tenda berkapasitas 4 orang yang harganya mulai 500.000-an bisa kamu sewa dengan harga 30.000 perhari. Nah, cukup efektif ‘kan?

5. Berhentilah Memakai Barang KW. Jauh Lebih Baik dan Anggun Jika Kamu Menyewa Tas Branded Secara Mingguan.

Sewa tas branded via theworldofjoyce.com

Tas Hermes, Chanel, Louis Vuitton, maupun Gucci adalah tas yang mungkin baru bisa kamu beli dengan segepok uang puluhan juta. Gak jarang kamu butuh waktu menabung bertahun-tahun untuk membeli satu item. Namun, sekarang bukan menjadi hal yang mustahil lagi untuk membawanya pulang dengan harga yang paling tidak bisa dijangkau. Tanpa perlu menunggu punya uang puluhan juta rupiah, kamu sudah bisa menyewanya untuk tampil anggun saat kondangan.

Dengan uang Rp. 500.000, kamu bisa membawa pulang tas Gucci seharga Rp. 15.000.000 untuk jangka waktu seminggu. Sementara dengan uang Rp. 1.500.000, kamu sudah bisa memakai tas Channel seharga 50.000.000 untuk acara pesta. Nah, harga sewanya cukup menjanjikan ‘kan? Tanpa perlu mengeluarkan banyak uang, kamu sudah bisa tampil mewah dengan tas branded original.

6. Tak perlu malu untuk sewa gawai terbaru. Ini justru bisa menghindarkanmu dari rasa kecewa ketika sudah membelinya dan ternyata kamu tak suka.

Sewa gadget via www.blogtyo.com

Mungkin kamu sedang mupeng dengan gawai terbaru. Mungkin juga, kamu sedang bepergian ke suatu tempat untuk liburan tapi justru nggak sengaja meninggalkan gawaimu di rumah. Jika ini kasusnya, sewa hawai teranyar di tempat persewaan bisa menjadi solusi yang tepat. Mungkin kamu sedang mengincar iPad paling canggih yang akan kamu beli beberapa bulan lagi, maka sewa sehari bisa membuatmu tambah yakin dengan pilihanmu nanti. Jika ingin tahu performa sebuah smartphone yang baru saja dirilis, kamu pun bisa mengandalkan tempat rental untuk memberikanmu kesempatan “mengujicobanya”.

Macbook Air yang harus dibeli dengan uang lebih sekitar Rp. 12.000.000-an, sekarang kamu bisa sewa dengan Rp. 250.000/hari. Imac yang harganya bisa mencapai Rp. 27.000.000 bisa kamu sewa dengan uang Rp. 350.000. Nah, dibanding dengan harga barang. Biaya sewa gak terlalu mahal ‘kan?

7. Tidak ingin terjerat biaya taksi yang mahal, tapi malas jalan kaki yang melelahkan? Nah, sewa motor saat traveling bisa menjadi jawaban.

Sewa motor via www.jogjabiz.com

Ketika sedang berada di luar kota, gak jarang biaya yang kamu keluarkan akan membengkak karena masalah transportasi. Misalnya, mungkin kamu butuh beberapa kali naik taksi untuk mencapai tempat tujuan. Alternatifnya pun tak lebih menyenangkan, karena kamu harus berjalan kaki.

Nah, jika kamu ingin lebih irit tapi tak “patah kaki”, maka sewa motor bisa menjadi solusi yang cukup baik. Mulai dengan Rp. 50.000/hari/motor, kamu tidak perlu khawatir untuk bepergian kemana saja. Dengan cara ini kamu bisa lebih bebas kemana saja kamu suka. Asal ada peta di gawaimu, kamu sudah bisa berjalan ke mana saja!

Untuk menghemat uang memang tak selalu susah — kamu hanya perlu selektif dalam membeli barang. Jika barang itu hanya kamu butuhkan sebentar, maka cukup sewa barang bisa menjadi solusi untuk menghemat uang. Nah, dengan cara ini tabunganmu tidak akan kebobolan. Mau coba?