Siapa bilang kalau sukses itu cuma milik mereka para orang tua atau yang udah bekerja puluhan tahun. Percaya nggak kalau remaja bernama Erik Finman ini udah punya perusahaan sendiri di usianya yang ke-15?

Bahkan, Finman kabarnya lebih suka homeschooling dan nggak mau kuliah, lho! Yuk, simak kisah suksesnya di sini!

sukses Finman berawal dari Bitcoin via bitcoinmagazine.com

Yup, cerita berawal ketika Finman dapat uang $1000 dari neneknya di tahun 2012. Lalu, dia menginvestasikan uang itu di Bitcoin dengan nilai $100.000.

Tepat satu setengah tahun, Finman akhirnya sukses jadi entrepeneur muda setelah menjual investasinya dan menggunakan uang itu untuk merilis perusahaannya sendiri yang diberi nama Botangle.

Advertisement

Botangle, layanan online tutorial via video chat via www.scoop.it

Botangle adalah layanan tutorial secara online melalui video chat. Website milik Finman yang dirilis pada Mei lalu ini memungkinkan para penggunanya untuk belajar berbagai mata pelajaran, mulai dari memprogram komputer, bikin robot, belajar menari dan seni, sampai belajar bahasa Prancis.

Sistem belajar online dan privat ini memungkinkan para murid buat menentukan jadwal belajar mereka sendiri, sekalipun guru-guru di Botangle berasal dari negara lain. Menurut Finman, Botangle bukan website tutorial biasa lho, bahkan udah jadi sebuah institusi.

Finman ketika tampil di Stanford via twitter.com

Uniknya, Finman emang udah punya perjanjian sama ayah dan ibunya, bahwa jika sebelum usia 18 tahun dia bisa menghasilkan jutaan dollar, maka dia nggak perlu masuk kuliah.

Well, Finman berhasil menjawab tantangan kedua orang tuanya. Dia sekarang belajar di rumah alias homescholing, bahkan menyusun materi pendidikan SMA- nya sendiri. Yang pasti, dia sih nggak punya niat buat masuk kuliah, guys!

Finman nggak mau kuliah via twitter.com

Kisah dibalik rilisnya Botangle emang terbilang unik. Finman mengaku mendedikasikan perusahaan ini untuk dirinya sendiri dan untuk anak-anak yang emang punya niat meninggalkan sekolah formal. Dia pengen anak-anak lain bisa mengerjakan seperti apa yang udah dia buat.

Faktanya nih, Finman emang sering punya masalah sama guru-guru di sekolahnya dulu. Dia merasa sering diremehkan. Pernah suatu kali seorang guru mengatakan bahwa dirinya nggak bisa sukses dan hanya akan menghabiskan seumur hidup bekerja di restoran cepat saji.

Alexis Ohanian, inspirator buat Finman via www.linkedin.com

Dibalik sukses remaja asal Idaho, Amerika Serikat ini ternyata ada nama Alexis Ohanian pendiri Reddit dan Peter Thiel dari PayPal. Yup, mereka adalah sumber inspirasi buat Finman.

Setelah membaca “How the 21st Century Will Be Made, Not Managed” karangan Ohadian, Finman memutuskan mengambil langkah dan siap membuat sesuatu yang besar.

Sekarang, Finman bisa bilang “look at me now!” karena start-up yang dia bangun udah bisa menggaji 20 karyawan, termasuk programmer, designer, dan animator. Ada lebih dari 100 pengguna aktif di layanan milik Finman. Sekalipun masih dalam skala kecil, perusahaan itu terus bertumbuh. Finman juga muncul di Reddit dan berbagi tips tentang bagaimana memulai sebuah start up dan sukses dengan Bitcoin.

Peter Thiel pendiri PayPal, inspirator Finman via www.forbes.com

Apa yang dilakukan Finman pastinya nggak bisa dibilang mudah ya, guys! Selain nggak boleh lelah belajar, juga harus punya keyakinan yang kuat tentang apa yang lagi dikerjakan. Intinya, yakin kalau bisa sukses. Nah, salah satu yang menguatkan Finman adalah apa yang diungkapkan Peter Thiel dari PayPal,

Berapa pun umurmu, kamu bisa merubah dunia. Tidak hanya membuat sesuatu yang biasa, tapi yang benar-benar baru dan luar biasa. Dari angka 0 dan menjadi angka 1.

Yup, Finman membuktikan hal itu melalui Internet. “Tua atau muda, kamu bisa membuat apapun yang kamu inginkan dan nggak ada batasan untuk memasuki dunia internet,” ungkapnya.

Hmm.. belajar dari kisah Finman yang pasti bikin pengen, kapan nih kamu punya perusahaanmu sendiri?