Lingkungan kerja adalah tempat dimana kamu harus selalu menjaga profesionalitas. Kamu gak bisa bertingkah semaunya, seperti saat sedang di rumah atau sekolah. Di kantor, ada target yang tiap harinya harus dicapai. Untuk mencapai target itu, lingkungan kerja tidak hanya harus efektif dan efisien, tapi juga nyaman. Nah, kenyamanannya sendiri sangat bergantung pada orang-orang yang bekerja di sana.

Sadarilah bahwa profesionalitas tiap karyawan sangat menentukan performa perusahaan atau institusi secara keseluruhan. Jadi, disini Hipwee akan memberikan tips-tips yang bisa kamu ikuti supaya kamu bisa lebih profesional di kantor. Catat baik-baik ya.

1. “Kencangkanlah” Jam Karetmu. Datanglah Tepat Waktu Jika Tidak Ingin Lembur!

Berangkat pagi ke kantor bareng-bareng teman bisa jadi motivasi via i.huffpost.com

Kesan profesional pertama yang bisa kamu buat di kantor adalah datang tepat waktu. Memang susah untuk selalu datang pagi, apalagi kalau jalanan rawan macet. Tapi jangan jadikan alasan itu justifikasi. Ketika kamu menerima pekerjaan, kamu sudah teken kontrak untuk memenuhi semua tanggung jawab pekerjaanmu. Termasuk soal jam kerjanya.

Datanglah tepat waktu, sehingga kamu memiliki waktu yang cukup untuk menyelesaikan beban kerjamu hari itu. Kalau sudah begitu, ‘kan kamu juga bisa menghindari jam lembur gara-gara tugas yang numpuk. Atasanmu pun akan lebih gak enak memintamu lembur kalau kamu rajin dan selalu tepat waktu.

2. Kenalilah Lawan Bicaramu. Posisi Berbeda Butuh Perlakuan yang Berbeda Pula.

Advertisement

Posturmu pasti beda kalau lagi menghadap Ratu Inggris via i.dailymail.co.uk

Dalam lingkungan kerja, penting untuk benar-benar mengenali siapa yang sedang kamu ajak bicara. Jangan lupa untuk selalu menyapa atau memperkenalkan dirimu dengan baik terlebih dahulu. Lalu ingatlah siapa lawan bicaramu: apakah dia atasan, klien, rekan kerja, atau bawahanmu? Ingatlah untuk tetap sopan dan bersahabat dengan tiap orang. Tapi, gunakan pendekatan yang berbeda-beda dengan mereka.

Pastikan atasan atau klienmu tahu bahwa kamu adalah orang yang bisa dipercaya dan diandalkan. Jangan lupa, berikan bawahanmu alasan yang kuat untuk bisa menghormatimu.

3. Jangan Pernah Malu Mengutarakan Pendapatmu

Inilah kesempatanmu untuk berbicara via www.feroniaproject.org

Kamu diterima karena perusahaan menganggapmu punya kemampuan. Kamu juga pasti telah melalui serangkaian tes untuk mendapatkan pekerjaan itu. Jadi, jangan pernah merasa minder di lingkungan kerjamu. Justru kamu harus bisa menunjukkan kalau keputusan mereka untuk menerimamu adalah keputusan yang tepat.

Selalu utarakan pendapatmu dengan percaya diri dan meyakinkan. Jangan pernah malu mengemukakan pendapatmu dalam rapat atau memberikan usulan kepada atasan. Ingat, kamu dipekerjakan karena dianggap bisa berkontribusi.

4. Hormatilah Ruang Kerja Masing-Masing

Yang penting bisa konsentrasi via 41.media.tumblr.com

Berbagi ruang kerja dengan belasan sampai puluhan orang adalah hal yang pasti kamu hadapi dalam pekerjaan. Mau dapat ruangan sendiri atau bagi meja besar untuk 10 orang, penting artinya untuk punya dan tahu ruang kerja masing-masing. Tiap orang butuh ruang sendiri untuk bisa fokus dan berkonsentrasi menyelesaikan pekerjaannya. Makanya kamu harus tahu ruang kerjamu dan selalu menghormati ruang kerja orang lain.

Ha ini terutama krusial ketika ruang kerjamu hanya dibatasi kotak-kotak tipis. Jangan pernah menelepon dengan suara keras sampai rekan sebelahmu terganggu. Ingat, kamu gak kerja sendirian di kantor itu. Pastikan semua orang bisa bekerja dengan tenang dan fokus.

5. Berpakaianlah dengan Sesuai

Kalau rapatnya duduk mungkin gak ketahuan kali ya via s3-ec.buzzfed.com

Caramu berpakaian adalah salah satu cara paling sederhana untuk menunjukan profesionalismemu. Berpakaianlah sesuai dengan tuntutan kerjamu. Jangan justru menonjol di kantor karena alasan-alasan yang salah.

Di samping rekan kerja yang bersama kamu sehari-hari, pasti banyak kesempatan dimana kamu harus bertemu klien atau orang baru untuk pekerjaanmu. Pastikan kamu merepresentasikan tempatmu bekerja dengan baik. Ingat, kalau untuk urusan pekerjaan, caramu berpakaian tidak hanya untuk kamu sebagai pribadi tapi juga bawa nama perusahaan atau institusi yang mempekerjakanmu.

6. Buatlah Tempat Kerjamu Kondusif

Jadikanlah pekerjaanmu menyenangkan via i.huffpost.com

Profesionalisme tidak melulu harus bersikap kaku. Kamu juga bisa menunjukan profesionalismemu dengan berusaha menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pekerjaan. Lingkungan yang nyaman dan bersahabat sudah seringkali terbukti dapat meningkatkan performa pekerja di kantor.

Jangan lupa untuk selalu menyapa rekan kerjamu dengan bersahabat di pagi hari. Jangan lupa juga untuk membawa buah tangan ketika habis bepergian. Atasanmu sudah dengan baik hati memberikan cuti, ‘kan?

7. Bersosialisasilah pada Jam Makan Siang

Kamu jadi lebih dekat waktu makan siang via richsinglemomma.com

Waktu makan siang adalah waktu yang penting dalam lingkungan kerja. Ini adalah kesempatan untuk bisa berinteraksi dengan rekan-rekan kantor dengan santai. Kalau kamu anak baru, kamu bisa lebih cepat dekat dengan seniormu. Kalau kamu anak lama, kamu bisa lebih gampang minta cuti sama bos-mu. Manfaatkan kesempatan ini untuk membangun lingkungan kerja yang lebih erat dan bersahabat.

8. Jangan Pernah Menyalakan HP dengan Nada Dering Sewaktu Rapat

Angkat telepon di luar saja, ya. via i.huffpost.com

Biasakanlah untuk selalu memasang mode silent di HP-mu di kantor. Terutama di saat-saat yang membutuhkan perhatian khusus, seperti misalnya rapat. Jangan sampai kamu jadi pemecah konsentrasi semua orang di rapat penting gara-gara dapat telepon tawaran kartu kredit dari bank. Orang yang menganggu pekerjaan atau jalannya rapat akan dicap sebagai orang yang gak profesional!

Nah, itu tadi prinsip-prinsip yang bisa kamu terapkan di dunia kerja demi menjadi lebih profesional. Kamu punya tips yang lainnya? Tambahkan saja di kolom komentar. Yuk, sama-sama belajar!