Sebagai pekerja muda, gaji memang sering jadi tantangan yang membuat kita harus memutar otak. Selepas lulus dari status mahasiswa dan mulai merintis karir jadi pekerja akhirnya kita sadar kalau semua baru bisa didapat lewat kerja keras.

Gaji, salah satunya. Bayangan soal hidup mapan selepas mulai bekerja nggak begitu saja bisa diwujudkan.

Kisaran 2-3 juta jadi kisaran wajar sebagai gaji awal kamu yang baru bekerja pertama kali. Dengan nominal segini tentu kamu harus pintar-pintar menyiasati dong ya? Nah, kali ini Hipwee punya cara belanja yang paling pas diterapkan. Buatmu yang gajinya masih 2 jutaan.

1. Anggarkan maksimal 30% dari penghasilanmu buat belanja. Bagi jadi 2 kali pemakaian. Di awal dan akhir bulan

Normalnya, penggunaan gaji untuk belanja kebutuhan sehari-hari hanya boleh sebesar 30% saja. Jadi kalau gajimu 2 juta kamu hanya boleh menggunakan Rp 600.000 untuk belanja. 

Agar kamu tetap tenang tidak kehabisan uang di tengah bulan, bagi dana ini jadi 2. 15% di awal bulan. Dan 15% di akhir bulan. Biar nggak kelimpungan~

2. Buat duit ‘jajan’, sisihkan barang 10-20 ribu di selipan dompet. Lalu tunggu sampai kamu temukan

Uang jajan-jajan lucu sering jadi penyebab utama hancurnya keuanganmu di tengah bulan. Tanpa sadar ratusan ribu menguap untuk beli milk tea atau kue cubit. Yeah, uang untuk senang-senang memang masih jarang kita anggarkan. Kalau udah begini masih sering bingung apa yang jadi penyebab utamamu kehabisan uang?

Untuk perkara jajan-jajan lucu sebenarnya ada cara oke yang bisa kamu praktekkan. Coba deh selipkan 10-20 ribu di dompet setiap ingat. Tinggalkan di sana. Lupakan. Kamu baru bisa jajan kalau uang itu sudah kamu temukan.

3. Percaya atau enggak uangmu paling banyak habis di urusan makan. Nah, menanak nasimu sendiri bisa jadi jawaban

Masak nasimu sendiri aja! via asya84.wordpress.com

Kalau dihitung lagi sebenarnya uangmu paling sering habis di urusan perut dan makan. Satu porsi makan bisa menyita 20-30 ribu uangmu. Kalikan 3, lalu kalian 30. Bisa habis 2 jutaan sendiri itu!

Demi penghematan nggak ada salahnya menambahkan beras setiap kali kamu belanja. Memasak nasi sendiri bisa menghemat 2-5 ribu uang makanmu.

5.000 x 3 x 30 = Rp 450.000,000

Lumayan. Bisa buat tambah-tambah tabungan~

4. Pegawai bergaji 2 juta haram hukumnya belanja tanpa survei. Mending capek dan modal bensin daripada beli barang yang kemahalan

Alkisah kamu jalan-jalan ke mall dan lihat ada barang yang lucu. Barcode di belakangnya menunjukkan harga 600 ribu. Oke lah buat mereka yang gajinya sudah 4 atau 5 juta harga 600 ribu bisa dianggap ringan. Tapi tentu beda dengan kamu.

Sebagai orang yang masih bergaji 2 jutaan proses belanja harus melibatkan proses yang panjang di baliknya. Kamu perlu survei dulu ke mana-mana. Nggak cuma ke toko offline lho. Manfaatkan toko-toko online juga sebagai pembandingnya. 

5. Mau belanja murah, hemat, dan malah kasih uang langsung ke rekeningmu? ShopBack-in aja!

ShopBack.co.id memberikan kamu tambahan cashback dari beragam toko online favorit misalnya Lazada, Zalora, Tokopedia, Bukalapak.com, Tiket.com, Agoda, dan masih ada 80 tempat belanja online lainnya dari fashion, lifestyle, travel, perlengkapan anak dan banyak lagi. Dengan belanja Lewat ShopBack.co.id kamu juga bisa mendapatkan kumpulan kumpulan promo terbaik dari berbagai toko online favorit kamu. Jadi nggak perlu lihatin websitenya satu persatu, tinggal pilih promo yang paling menarik di ShopBack.co.id, lalu belanja deh!

Tiap kali kamu belanja di toko favoritmu lewat ShopBack.co.id, kamu langsung diberikan cashback ke rekeningmu dalam bentuk tunai. Tinggal tunggu aja, deh. Asyiknya nih,  tanggal 4 Maret 2016 khusus buat pembaca Hipwee yang membuat akun di ShopBack.co.id akan mendapatkan promo cashback sampai 100% dan bonus langsung Rp70 ribu. Khusus untuk 500 orang pertama yang sign up di sini.

Langsung aja deh coba buka ShopBack.co.id, bikin akun, dan nikmati pengalaman belanja yang beda dan malah kasih kamu banyak keuntungan. Kamu juga bisa ajak temenmu bikin akun ShopBack.co.id untuk dapetin cashback lebih banyak lagi! Tunggu apalagi, mulai ShopBack-in aja setiap kamu belanja online!

Dari 5 cara ini mana yang menurutmu paling bisa diterapkan? Gaji yang 2 jutaan bukan halangan buat tetap belanja dengan menyenangkan 🙂