Tepat waktu dalam segala hal memang nggak gampang. Tapi kalau kamu telat mulu, profesionalitas kamu nih yang dipertaruhkan. Belum lagi — kalau kamu telat dalam urusan datang ke kantor — bisa-bisa gajimu terkena potongan, atau paling parah terkena surat peringatan.

Untungnya nih, ada banyak cara kreatif supaya kamu bisa lebih tepat waktu. Di artikel ini, Hipwee dan GrabBike sudah menuliskannya khusus buat kamu. Disimak yuk, semoga membantu!

1. Berpikir mandi kapan atau sarapan di mana itu buang waktu. Terapkan saja kebiasaan pagi yang positif agar kamu “langsung laju”

Terapkan kebiasaan positif via theinspirationroom.com

Idealnya, sewaktu bangun tidur, kamu sudah harus tahu apa yang kamu akan lakukan
— mulai dari mau mandi kapan, berapa lama waktu untuk bersiap-siap, sarapan apa dan di mana, sampai harus berangkap jam berapa dari rumah.

Semua yang kamu terapkan itu sebagai upaya mengembangkan pola kegiatan pagi atau menjadikannya kebiasaan positif. Struktur sederhana semacam ini bisa membantumu berpikir secara efisien. Kamu tak perlu lagi berlama-lama bengong, hanya untuk menentukan mau melakukan apa.

Ingat, kesuksesan itu diawali dari kegiatan pagimu!

2. Pasang Google Kalender sebagai pengingat semua jadwal.
Karena kamu masih muda dan belum punya asisten pribadi~

Google Kalender via favim.com

Jangan cuma pasang alarm semata. Pasang juga aplikasi Google Kalender yang akan memberimu notifikasi tentang semua kegiatan dan jadwal yang kamu punya. Secara otomatis, semua kegiatan penting hari ini muncul di layar ponsel.
Mulai dari meeting dengan klien A pagi jam 9 nanti, hingga kegiatan community di
kampus B selepas jam makan siang.

Dengan sendirinya, kamu terpacu untuk segera bersiap-siap dari sekarang. Supaya kegiatanmu sepanjang hari lebih tersusun dengan rapi dan tepat waktu pastinya.

3. Tinggalkan pensil alis tebal dan bulu mata palsu.
Cari makeup yang simpel demi efisiensi waktu

Makeup sederhana juga bisa bikin kamu tampil manis via xovain.com

Tampil rapi ke kantor memang perlu. Tampil menawan, apa lagi. Tapi, bukan berarti tampilan menawanmu itu ribet dan menyita banyak waktu. Sayangkan kalau setengah jam kamu habis cuma buat duduk di depan cermin untuk memoles wajah. Coba kamu pikirkan juga, jika waktu berdandamu bisa 15 menit lebih cepat, otomatis jam perjalanan ke kantor bisa lebih awal. Jadi, untuk efisiensi waktu, kamu perlu mencari dandanan yang lebih simpel, yang penting rapi dan enak untuk dipandang.

4. Beli jam tangan dan pastikan kamu menyetel waktunya lebih cepat 5-10 menit. Lebih baik datang lebih awal daripada harus terlambat.

Percepat jam tangan 5-10 menit via tumblr.com

Jam tangan yang bertengger manis di pergelangan tangan nggak hanya sebagai pemanis atau pelengkap penampilan. Dijamin juga bisa membuat kamu lebih menghargai waktu. Karena itu, wajib untuk kamu punya benda kecil ini. Jangan lupa kamu pun perlu untuk menyetel waktu jammu lebih cepat 5-10 menit. Setidaknya itu membuat kamu lebih terpacu untuk datang tepat waktu. Malah bisa saja kamu datang di waktu yang lebih awal, dan itu masih lebih baik dari terlambat.

5. Biar waktumu nggak kebuang untuk berpikir mau pakai baju apa, coba deh pakai baju yang itu-itu aja

Pakai baju yang itu-itu aja~ via www.newsadvance.com

Pastikan hal sepele seperti urusan memilih baju nggak jadi salah satu penyebab waktumu terbuang percuma. Selain menyiasati dengan menyiapkan semuanya di malam sebelum kamu tidur. Kamu juga bisa membiasakan diri untuk berpikir sederhana, seperti memilih baju yang memang biasa kamu pakai alias yang itu-itu aja. Kan kamu nggak akan repot memadupadankannya lagi.

Nggak perlu juga peduli sama celoteh teman yang komentar, “kok bajunya itu-itu aja, Nis?!” Biar saja, yang penting kamu nggak terlambat sampai di kantor. Toh, kinerjamu nggak dinilai dari gaya berpakaianmu semata ;p

6. Transportasi yang kamu pakai juga jadi penentu telat atau nggaknya kamu. Yang bijak ya, kamu…

Tinggal di kota besar mengharuskan kamu untuk pintar-pintar memilih alat transportasi. Mengingat kemacetan bisa tiba-tiba terjadi. Transportasi andalan seperti kereta saja bisa jadi salah satu penyebab kamu terlambat datang ke kantor lagi dan lagi. Paling tidak saat di jalan kamu terkena macet, atau harus menelan getir karena kereta tiba-tiba terkena gangguan seperti anjlok, kamu punya alternatif lain seperti transportasi online. Pastikan juga transportasi online pilihan kamu memberikan pelayanan teraman dan terbaik, seperti GrabBike.

Terlebih kali ini, Grab punya promo yang menarik buat pengguna baru. Mulai 18 April-1 Mei 2016, ada promo gratis Naik GrabBike 20 kali untukmu!

Tinggal masukin kode PAKEGRAB sebelum melakukan pemesanan, kamu bisa naik gratis ke manapun kamu mau, sepanjang biayanya masih di bawah Rp50.000. Lumayan banget, ‘kan? Praktis dan anti-kemacetan, pula 😀 Langsung aja ya pakai kodenya!

Semoga, tips-tips kreatif di atas bisa membantumu supaya lebih tepat waktu. Nah, sekarang, tinggal siap-siap menunggu kesuksesan menjemput kamu!