Aduh, pingin banget nih jadi pengusaha muda. Tapi masih bingung nih, enaknya bisnis apa ya? Hmm…

Apakah kamu sering berpikir seperti itu? Ingin sekali terjun ke dunia bisnis, namun tidak tahu jenis usaha apa yang akan dipilih. Jadi seorang pengusaha memang susah-susah gampang. Niat saja kurang cukup untuk mengembangkan bisnis yang profitable. Modal uang penting, tapi ide dan rencana bisnis lebih penting lagi.

Jangan sampai niat dan semangatmu padam hanya karena tak kunjung tahu harus menggeluti bisnis apa. Agar idenya bisa segera kamu peroleh, mungkin kamu bisa melakoni 10 langkah yang akan Hipwee jabarkan berikut ini!

1. Buat daftar minat pribadi beserta hobi, siapa tahu dari sini kamu bisa dengan mudah mendapat inspirasi.

langkah-langkah menjadi pengusaha via www.tramaretro.com

Sebagai langkah awal yang tergolong paling mudah, kamu bisa membuat list sederhana mengenai hal-hal yang menarik minat beserta dengan hobimu pribadi. Dari hal yang kamu tuliskan, kamu bisa mengembangkan menjadi cabang-cabang bisnis yang sangat mungkin untuk digeluti.

Advertisement

Misalnya saja jika kamu gemar memasak, kamu bisa membuka bisnis katering atau menerima pesanan kue cupcake. Bahkan, hobi melihat pertandingan bola dan mengoleksi pernak-pernik klub bola kesayangan pun bisa dikembangkan menjadi bisnis mandiri. Jual saja segala macam pernak-pernik original dari klub bola yang tak bisa ditemukan di toko kebanyakan. Menggeluti bidang usaha yang kamu cintai akan membuatmu makin ringan menjalaninya.

2. Ajak teman-teman terdekatmu untuk bertukar pendapat. Tak hanya mendapat masukan ide, siapa tahu usaha bersama juga bisa kalian dirikan.

langkah-langkah menjadi pengusaha via sprudge.com

Selain berusaha mencari ide sendiri, kamu bisa bertukar pikiran bersama dengan para kawan. Siapa tahu beragam pendapat mereka bisa digabungkan dan akan menghasilkan ide unik untuk berbisnis. Selain mendapat ide yang tak biasa, kamu dan para kawan pun justru bisa bekerja sama untuk mendirikan usaha gabungan. Toh, di usia yang masih muda ini kamu bebas mencoba beragam usaha semaumu. Tak perlu terjun ke dunia usaha seorang diri, bebanmu pun justru akan terasa ringan karena ditanggung bersama kawan.

3. Kamu juga bisa bertemu orang baru dengan bergabung di komunitas tertentu. Siapa tahu perbincangan bersama mereka bisa menghadirkan ide bisnis di kepala.

langkah-langkah menjadi pengusaha via www.pressroomid.com

Selain mengajak para kawan untuk brainstorming, kamu juga bisa memperluas jaringan dengan bertemu dengan banyak orang baru. Bergabunglah dengan berbagai komunitas dan juga ikuti ragam seminar. Bahkan, kamu bisa menjalin kembali komunikasi dengan kawan lama. Siapa tahu dari mereka kamu bisa mendapat banyak ide usaha.

4. Cermati modal yang kamu miliki. Sehingga kamu bisa menyesuaikan modal dengan bidang bisnis yang akan digeluti.

langkah-langkah menjadi pengusaha via www.solopos.com

Selain menuangkan ide yang ada di kepala dan meminta saran dari para kawan, kamu juga bisa mencari tahu bisnis yang tepat dari besaran modal yang dipunyai. Dengan mengetahui secara pasti modal yang dimiliki, kamu jadi semakin mudah untuk menentukan jenis usaha yang akan kamu geluti. Sehingga nantinya kamu tak akan kelimpungan mencari uang demi menekuni bisnis impian.

5. Buat analisis sederhana mengenai calon target market-mu. Kamu jadi tahu apakah bisnis yang akan kamu jalani ini bisa berhasil atau tidak melalui target pasarmu.

langkah-langkah menjadi pengusaha via www.dennamichelle.nl

Setelah membuat daftar hobi demi memperoleh ide, selanjutnya kamu bisa membuat analisis sederhana untuk mengetahui apakah bisnis yang akan kamu tekuni ini bisa berjalan baik atau tidak. Buat saja pemetaan sederhana mengenai siapa saja sasaran dari bisnismu ini. Dari mulai gender, usia, hingga berasal dari kalangan mana. Semakin luas cakupannya, potensi kesuksesan bisnismu juga kian besar.

6. Cari ide yang berhasil dari kota hingga negara lain. Jika tergolong masih unik dan segar, kompetitor pun masih jarang.

ide unik: es krim pizza via www.dealoka.com

Ide bisnis bisa kamu peroleh dari mana saja. Kamu bisa mengadakan survei sederhana mengenai bisnis yang laku keras di luar kota hingga luar negeri. Jika memang ide tersebut masih unik dan segar serta belum ada di kotamu, tak salah kok jika kamu menjadi orang pertama yang mengembangkannya. Toh, dengan begini kamu justru belum memiliki kompetitor di bidangnya.

7. Lihat bisnis yang paling berhasil di kotamu. Kemudian kembangkan bisnismu dengan keunikan yang baru.

langkah-langkah menjadi pengusaha via bisnissampingan88.blogspot.com

Selain mencari ide bisnis dari luar kota maupun luar negeri, kamu bisa menengok bisnis yang sudah berhasil di kota sendiri. Jenis bisnis yang paling berhasil di kotamu bisa dijadikan acuan. Kamu bisa mengembangkannya dengan keunikan yang baru. Dengan begini, dijamin calon konsumen akan tertarik untuk mencoba.

8. Perhitungkan juga waktu luang yg kamu miliki. Jika hanya menjadikan bisnis ini sebagai sambilan, reseller hingga dropshipper pun layak dijadikan pilihan.

langkah-langkah menjadi pengusaha via www.jawapos.com

Selain menilik dari sisi modal, kamu juga bisa memperhitungkan waktu luang yang kamu miliki. Jika memang kamu akan memfokuskan diri pada bisnis, maka kamu dapat menjajal jenis usaha yang memang menyedot banyak waktu. Namun, apabila kamu melakoni usaha ini sembari bekerja, maka kamu bisa mencari jenis usaha yang sifatnya ringan saja. Misalnya saja menjadi reseller atau dropshipper.

9. Yakini saja bahwa bisnis yang akan kamu geluti pasti akan mendatangkan rejeki — seterjal apapun jalan yang sekarang sedang ditapaki.

langkah-langkah menjadi pengusaha via www.skyscrapercity.com

Memang terkadang jatuh bangun dalam menggeluti bisnis bisa menyurutkan niat yang dimiliki oleh seorang pengusaha. Ketika hal ini sedang dialami, jangan cepat patah arang dan memilih untuk menyerah. Yakini saja bahwa bisnis yang sekarang sedang kamu titi ini ke depannya bisa berkembang makin luas jika kamu bersungguh-sungguh dan tak mudah putus asa.

Terus semangat ya calon pengusaha! Di mana ada niat, di situ pasti ada jalan kok! 🙂