Menjadi jutawan mapan saat usiamu baru 30 tahun mungkin terdengar seperti mengada-ada, seperti cerita fantasi di film Hollywood. Tapi kamu yakin kaya di usia muda itu gak mungkin? Masih ingat Mark Zuckerberg? Dia tahun ini berusia 30 tahun, lho. Lihat sendiri kesuksesan yang ia raih bersama Facebook dan perusahaan-perusahaan lain yang diakuisisinya. Baca juga kisah Yoshikazu Tanaka, pria Jepang yang jadi anak muda terkaya di Asia tanpa warisan harta dari keluarganya.

Jadi jutawan di usia 30 itu mungkin salah satu cita-cita terberat yang bisa ada, tapi bukan berarti mustahil. Berikut ini 10 langkah yang bisa membantumu:

1. Pastikan Uangmu Mengalir

Follow the money via associationsnow.com

Di era ekonomi seperti sekarang, kamu gak bisa menyimpan uangmu di bank dan berharap jadi jutawan. Sekarang, fokuskan dirimu buat meningkatkan pendapatanmu. Jika kamu udah tahu cara melipatgandakan uangmu, ulangi cara itu dan ulangi lagi. Mulailah mengikuti aliran uangmu — dengan begitu kamu akan lebih peduli dengan uang yang keluar dan masuk serta lebih jeli dalam melihat peluang yang ada.

2. Jangan Pamer, Kerja!

Bukan Lambo ‘hanya’ city car via i.dailymail.co.uk

Advertisement

Jangan serta merta membeli mobil dan rumah mewah walaupun bisnis dan investasi kamu udah jalan. Pastikan dulu investasi yang kamu tanamkan aman dan bisa menghasilkan aliran uang dalam jangka panjang. Kamu tahu mobil apa yang dimiliki Zuckerberg hingga saat ini? Bukan Ferrari apalagi Lamborghini, tapi sebuah city car berpintu empat. Bikin reputasi kamu sebagai pekerja keras, bukan penghambur uang.

3. Tabungan Adalah Investasi

Tabungan investasi via www.shutterstock.com

Buka tabungan di bank khusus untuk investasi, bukan simpanan. Tabung uangmu ke rekening yang aman dan gak bisa kamu sentuh seperti deposito jangka panjang. Jangan pernah gunakan tabungan ini bahkan untuk hal darurat sekalipun. Kamu mungkin bakal kere untuk sementara, tapi dengan begitu kamu akan terpacu lagi untuk melakukan langkah nomor 1: make more money!

4. Boleh Berhutang, Asal…

Kredit mobil untuk disewakan via sidomi.com

Jadikan pegangan hidup, kamu gak akan berhutang kecuali jika hutang itu bisa menghasilkan uang. Hutang apa yang menghasilkan uang? Minjam modal (yang benar-benar kamu putar) dari bank bisa menghasilkan uang. Membeli mobil secara kredit sementara bisnismu adalah rental mobil bisa menghasilkan uang. Jangan salah sangka, orang kaya pun juga berhutang. Namun mereka menggunakan hutang itu untuk meningkatkan modal dan uang yang akan masuk ke kantong mereka.

5. Uang Adalah Pacar

Uang adalah kekasihmu via slimbeleggen.net

Banyak orang berharap bebas secara finansial, tapi hanya sedikit yang benar-benar berhasil karena mereka menjadikan uangnya sebagai prioritas. Untuk jadi kaya dan tetap kaya kamu harus mengutamakan uang di atas sebagian besar kepentingan lain. Uang itu kayak pacar kamu yang suka cemburuan. Kalau kamu diemin aja, dia balik diemin. Kamu abaikan, dia juga mengabaikan kamu. Malah, dia akan nyari orang lain yang lebih ‘peduli’ sama dia.

6. Uang Itu Gak Pernah Tidur

Time is money via www.publiclibrary.cl

Uang gak mengenal waktu siang atau malam, liburan akhir pekan atau tidur di malam hari. Dan kamu semestinya mengikuti gaya hidup ini. Uang mencintai orang yang punya etos kerja yang baik. Mungkin kamu bukan orang paling hoki dan cerdas di dunia tapi kamu pastinya bisa jadi pekerja paling keras di dunia.

7. Gak Punya Uang Itu Gak Enak

Ouch… via www.dakwatuna.com

Mungkin kita pernah mendapati dompet kita kosong melompong alias lagi kere. And it sucks! Buang jauh-jauh pikiran “makan gak makan asal ngumpul” atau “hati senang walaupun gak punya uang”  karena gak punya uang itu gak menyenangkan. Bill Gates pernah bilang, “Kalau kamu terlahir miskin, itu bukan kesalahanmu. Tapi jika kamu mati tetap miskin, itu adalah kesalahanmu.”

8. Berguru Pada Jutawan

Bob Sadino selalu berbagi ilmunya via www.wirausahanews.com

Kebanyakan dari kita terlahir dari kelas ekonomi menengah dengan keterbatasan ide dan sumber dayanya. Menemukan mentor yang pas dari kelas menengah mungkin akan sulit dilakukan makanya kamu harus melihat ke atas mencari ilmu kepada jutawan yang sudah ‘jadi’. Temukan pribadi jutawan yang kamu suka dan pelajari cara mereka berpikir dan bekerja. Banyak orang kaya sangat murah hati dan senang berbagi ilmu.

9. Biarkan Uangmu Bekerja

Investasi: uang mencari uang via www.luxurychicagoapartments.com

Dengan investasi yang tepat dan besar uang kamu akan menghasilkan lebih banyak uang lagi tanpa kamu meneteskan keringat. Seperti di langkah nomor 1, lakukan secara bertahap mulai dari investasi kecil lalu segera gandakan di sektor yang lebih menguntungkan.

10. Think BIG

Think big, It’s a big word via www.luxurychicagoapartments.com

Jangan cepat puas dengan apa yang udah kamu peroleh. Dunia ini gak pernah kekurangan uang, dunia cuma kekurangan orang yang berani berpikiran besar.

Ketika kamu siap untuk berhenti jadi pegawai dan memulai usaha sendiri, aplikasikan 10 langkah ini. Abaikan semua orang yang bilang hasratmu adalah keserakahan. Hindari penipuan berkedok skema cepat kaya, tetap berpikir etis dan bekerja keras. Jika kamu udah menjadi jutawan bantu orang lain untuk jadi jutawan juga.