Menjadi karyawan atau bekerja di perusahaan orang lain, artinya kamu harus bekerja sesuai waktu yang disepakati. Dari jam sekian sampai jam sekian, dengan pekerjaan ini, ini, dan ini, serta gaji sekian perbulan. Apa yang kamu lakukan sudah ditentukan sejak awal kamu menerima pekerjaan tersebut.

Untuk kamu yang tidak suka bekerja untuk orang lain, malas mendengar omelan bos dan tidak suka terikat kontrak, bekerja freelance adalah jalan yang sering kamu tempuh. Alih-alih menjadi karyawan fulltime dengan gaji bulanan, kamu lebih suka menjadi freelance di mana-mana dengan bayaran sesuai pekerjaan yang kamu lakukan. Nah, untuk kamu yang memang tak suka menjadi karyawan, situs-situs ini akan memberimu peluang mendapat banyak penghasilan sebagai freelancer.

1. Kamu yang jago desain, boleh cari-cari project di sribu.com. Selain penghasilan, kreatifitasmu akan dituntut terus-terusan

sribu.com via teknojurnal.com

Sribu.com adalah tempat kamu-kamu yang jago design untuk mencari pekerjaan lepas. Kamu yang jago membuat design logo, web design, sampai design kaos, bisa mencari penghasilan di sini. Sistemnya mudah. Setelah kamu mendaftar, kamu bisa melihat kontes desain dari pada klien. Di sana tertera design seperti apa yang mereka inginkan, dan berapa upah yang akan mereka berikan. Di sini semua sifatnya kompetisi. Kamu akan bersaing dengan freelancer-freelancer lainnya dalam membuat desain untuk dinilai dan dipilih oleh klien. Karena persaingan yang tinggi ini, bisa menuntutmu untuk kreatif dan lebih kreatif lagi lho.

2. Kalau bidangmu bukan desain, coba pindah ke sribulancer.com. Berbagai bidang pekerjaan disediakan untuk kamu yang tak mau jadi karyawan

sribulancer.com via blog.sribu.com

Advertisement

Meski namanya mirip, bedanya sribulancer dengan sribu adalah pilihan kategori pekerjaan yang lebih beragam. Kalau di sribu hanya dikhususkan di bidang IT dan design grafis, di sribulancer kamu yang bisa menulis atau menjadi social media specialist juga bisa menjadi freelancer. Pekerjaan yang diberikan biasanya per-project dengan bayaran yang telah ditentukan di awal. Istimewanya, setelah kamu mendaftar dan menentukan kategori kemampuanmu, sribulancer akan terus menginfokan pekerjaan-pekerjaan freelance yang mungkin kamu minati via email. Jadi kamu nggak harus terus-terusan mengecek ke websitenya. Sudah pernah mencoba?

3. Passionmu untuk mengajar dan berbagi ilmu juga bisa kamu kembangkan di Ruangguru.com.

Ruangguru.com via wacana.siap.web.id

Untuk kamu yang punya passion mengajar, atau kamu yang jago di salah satu bidang dan ingin membagi ilmu sekaligus mendapatkan penghasilan, kamu bisa jadi guru privat di ruangguru.com. bedanya dengan kamu mengajar di bimbel adalah, kamu bisa memilih sendiri pelajaran apa saja yang kamu kuasai, di mana dan kapan kamu bisa mengajar, dan berapa tarif yang kamu mau per-jamnya. Nggak cuma kamu yang jago MAFIA (Matematika, Fisika, dan Kimia) saja yang bisa jadi guru les. Kamu yang jago olahraga, musik, atau seni lainnya juga bisa mendapat penghasilan dari sini. Yuk, dicoba!

4. Menjadi penulis nggak harus ikut seleksi ketat yang melelahkan. Coba saja daftar ke iWriter.com

iWriter.com via www.iwriter.com

Untuk kamu yang punya passion besar di bidang tulis-menulis, dan jago bahasa inggris, yuk mulai mencari penghasilan dari membuata artikel secara online. Di iwriter.com, kamu bisa menjadi penulis tanpa melalui seleksi yang ketat mulai dari tingkat seleksi CV, interview, sampai tes portofolio. Kamu hanya perlu mendaftar. Setelah pendaftaranmu disetujui, kamu akan mendapatkan job untuk menulis sebuah artikel yang rata-rata sebanyak 500 kata dengan bayaran 2-8 dollar per artikel. Tapi kamu nggak bisa santai-santai. Per artikel diberikan waktu pengerjaan rata-rata 3 jam. Karena job yang kamu kerjakan itu sifatnya rebutan. Jadi kalau dalam waktu yang ditentukan kamu nggak bisa menyelesaikan, atau artikel yang kamu buat nggak memenuhi permintaan klien, jobmu akan dikerjakan oleh freelancer lainnya.

5. Kalau kamu masih freelancer pemula, www.freelancer.co.id bisa kamu jadikan pelabuhan pertama

freelancer.co.id

freelancer.com awalnya adalah situs buatan Australia yang akhirnya dibuat versi Indonesia. Meskipun begitu, jangkauan situs ini luas banget lho sampai ke seluruh Indonesia dan dunia. Di sini kamu bisa mendapatkan proyek-proyek di bidang IT, jurnalistik, translator, dan banya lagi. Mengenai upah, kamu juga bisa melakukan tawar menawar dengan klien. Dan satu lagi yang beda, di freelancer ada sistem kontes. Yaitu misalnya ada klien yang membutuhkan design logo perusahaan, kamu bisa mengikutinya dan bersaing dengan freelancer lain untuk nantinya dinilai dan dipilih oleh klien yang bersangkutan. Sayangnya, kalau mau pakai freelancer.co.id, kamu harus punya akun paypal atau kartu kredit.

6. Bukan hanya menjadi freelancer, di project.co.id kamu bisa menjual berbagai jasa dan tetap mendapat penghasilan meski kamu nggak ngerjain apa-apa

Project.co.id via projects.co.id

Yang berbeda dari project.co.id adalah ketersedian platform untuk jual beli barang dan jasa. Jadi di sini kamu nggak harus menjadi freelancer untuk sebuah proyek, tapi bisa juga menjual karyamu. Kalau kamu punya design kaos yang T.O.P kamu bisa jual di sini. Bukan hanya itu, di proyek kamu juga bisa mendapat uang meski kamu nggak mengerjakan suatu proyek atau menjual suatu produk. Caranya, kamu tinggal mempromosikan project.co.id ke teman-temanmu, dengan menyertakan kode referalmu. Jika nanti temanmu berhasil melakukan transaksi di proyek entah sebagai freelancer ataupun jualan), kamu akan mendapat komisi sebesar 10-20% dari komisi proyek. Asyik banget nggak sih?

7. Tidak jago IT dan nggak suka jurnalistik? Di gobann.com kamu bisa menawarkan keahlian baca Tarot dengan upah 50.000

Gobann.com via www.kaskus.co.id

Kamu patut juga mencoba situs gobann.com. Sesuai namanya, situs ini menyediakan berbagai tawaran freelance untuk semua hal dengan harga 50.000. Di sini bukan hanya kamu yang jago IT, jurnalistik, atau desain saja yang bisa menawarkan jasa. Kalau kamu bisa membaca tarot, ahli membuat slide presentasi yang menarik, atau jago menggambar karikatur dari foto seseorang, kamu bisa dapat penghasilan 50.000/project. Intinya, di gobann kamu bisa menawarkan keahlian apa saja dengan upah 50.000.

8. Kalau kamu benar-benar tak ingin bekerja fulltime, upwork.com siap memberimu penghasilan dari banyak project yang disediakan

Upwork via www.yocazo.com

Dulunya situs ini bernama oDesk.com. Di sini kamu bisa bekerja dengan 2 cara. Pertama, seperti freelancer pada umumnya, kamu mengerjakan sebuah proyek dan akan mendapatkan upah setelah pekerjaanmu selesai. Kedua, kamu bisa bekerja seperti part-timer, yaitu bekerja beberapa jam dalam sehari, lalu mendapatkan upah sesuai dengan tarif/jam pekerjaanmu. Semakin banyak pekerjaan yang kamu selesaikan, semakin banyak penghasilan yang kamu dapatkan.

Nggak selamanya untuk mendapatkan penghasilan kamu harus bekerja fulltime di kantor. Menjadi freelancer sekarang juga nggak membuatmu kalah peluang. Situs-situs di atas bisa kamu coba untuk mencari pekerjaan yang menyenangkan, karena bekerja nggak cuma di kantor doang 😀