Menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion dan hati bukanlah hal yang mudah. Terlebih untuk anak muda yang baru lulus kuliah dan belum punya pengalaman kerja sebelumnya. Terkadang seseorang perlu mengambil beberapa pekerjaan yang “salah” sebelum menemukan hal yang benar-benar bisa dilakukannya seumur hidup.

Menjadi wirausahawan adalah alternatif yang layak dicoba oleh semua anak muda yang enggan berada di bawah otoritas atau terkukung oleh aturan kantor. Membuka bisnis sendiri dapat memberikan kebebasan dan otonomi yang tidak bisa diberikan oleh kebanyakan pekerjaan konvensional. Kamu masih ragu untuk mulai jadi wirausaha? Temukan alasan yang bisa menepis keraguanmu di artikel ini.

1. Pekerjaan Tidak Akan Selamanya Tersedia

Pekerjaan tidak akan selamanya tersedia untukmu via www.huffingtonpost.jp

Pekerjaan yang kamu cintai hari ini belum tentu masih terus ada sampai 20 tahun mendatang. Perubahan selalu datang, selera pasar akan terus bergerak fluktuatif. Saat hal yang kamu kerjakan sudah tidak lagi dibutuhkan dan punya nilai jual, maka kamu pun akan tersingkir.

Di Indonesia lapangan pekerjaan juga tidak sebanding dengan jumlah angkatan pencari kerja. Pada tahun 2013 saja 600.000 sarjana Indonesia tercatat menjadi pengangguran. Memiliki pendidikan tinggi tidak selalu berbanding lurus dengan mudahnya mendapatkan kesempatan kerja.

Advertisement

Belajar membuka bisnis sendiri sedari muda akan memperkecil kemungkinan kamu kehilangan pekerjaan di tengah jalan. Berwirausaha membuat kamu jadi pribadi yang tidak tergantung pada siapapun untuk mendapatkan penghasilan. Kamu tidak butuh orang lain membukakan jalan rejeki untukmu, kamu bisa membukanya dengan tanganmu sendiri.

2. Belajar Berbisnis Sedari Muda Akan Membuatmu Jadi Pribadi yang Luwes

Kamu akan jadi pribadi yang lebih mudah beradaptasi via infopublik.kominfo.go.id

Persaingan di dunia kerja itu ibarat hukum survival of the fittest yang kita kenal dari teori evolusi. Hanya mereka yang mampu beradaptasi pada perubahan lah yang akan mampu bertahan. Kamu tidak akan selamanya bisa bertahan dengan mengandalkan kemampuan yang kamu miliki saat ini. Enggan mengembangkan kemampuan sama dengan bunuh diri.

Belajar berwirausaha sejak masih muda akan membuat kamu jadi pribadi yang lebih mudah beradaptasi di segala situasi. Kamu sudah tidak lagi canggung saat harus menyesuaikan diri dengan keinginan pasar, kamu akan jadi pribadi yang lebih cepat belajar ketika dihadapkan pada tuntutan konsumen.

Kemampuan adaptasi yang handal ini sangat krusial dimiliki oleh semua orang yang ingin bertahan lama di dunia profesional. Kemampuan adaptasi yang kamu dapatkan dari pengalaman berwirausaha akan sangat berguna, dan ini tidak hanya berlaku dalam hal profesional saja.

3. Kamu Punya Kesempatan Untuk Dibayar Jauh Lebih Tinggi Dari Gaji yang Kamu Terima Sekarang

Kemampuanmu layak dihargai lebih tinggi via www.aonghascrowe.com

Pekerjaan kantoran memang menawarkan stabilitas dan pemasukan yang tetap. Tapi, ada kemungkinan kalau kamu tidak akan benar-benar dihargai sesuai dengan kemampuanmu. Dalam skema perusahaan kamu akan dibayar setara dengan orang lain yang level jabatannya sama. Tidak peduli seberapa keras kamu bekerja dan meluangkan pikiran demi perkembangan perusahaan.

Membuka bisnis sendiri membuat kamu bisa benar-benar dibayar sesuai dengan kemampuan. Pendapatan yang masuk ke kantungmu akan setara dengan kerasnya usahamu bekerja. Semakin keras kamu bekerja, semakin banyak pula hasil yang bisa kamu raih.

Kamu tidak akan lagi dianggap sebagai alat untuk mencapai profit. Belajar berwirausaha sedari muda membuka matamu: sebenarnya kamu punya aset luar biasa yang bisa menghasilkan banyak uang. Kamu pantas mendapatkan imbalan setimpal karena kemampuanmu itu.

4. Matamu Akan Lebih Peka Melihat Kesempatan

Bisa lebih jeli melihat kesempatan via aliftak.blogspot.com

Dia yang berhasil adalah dia yang mampu melihat dan memanfaatkan kesempatan yang ada di sekitarnya. Kamu yang sudah terbiasa mengelola bisnis sejak masih muda akan punya insting yang lebih kuat dalam menganalisis berbagai peluang yang berputar di sekeliling bahumu.

Tidak semua orang bisa kepikiran buka bisnis buku bekas impor murah. Tidak semua orang bisa punya inspirasi untuk jadi personal shopper bagi mereka yang suka barang impor tapi gak punya waktu traveling. Kepekaan melihat peluang ini hanya bisa diasah lewat mencoba memasukkan kaki di ranah wirausaha.

Kejelian memilih peluang untuk dijadikan lahan bisnis akan jadi bekal yang baik bagi kehidupanmu dalam jangka panjang. Kamu akan jadi pribadi yang lebih bisa menghargai hal-hal baik yang datang padamu. Kesempatan tidak akan datang 2 kali, maka saat ia datang kamu harus benar-benar gigih berjuang agar bisa berhasil.

5. Membuka Bisnis Sendiri Memberimu Otonomi Dan Kebebasan

Kamu akan punya otonomi dan kebebasan via howibecametexan.com

Tidak ada lagi waktu kerja dari jam 9 pagi sampai 5 sore selama 5 hari dalam seminggu. Kamu pun tidak lagi perlu bingung memilih setelan kerja apa yang harus kamu kenakan di hari itu. Saat butuh keluar kantor di tengah hari kamu tidak perlu susah-susah minta ijin ke bos dengan hati yang tidak enak karena masih ada tanggungan pekerjaan.

Berwirausaha sedari muda berarti menjadi bos untuk dirimu sendiri sejak dini. Kebebasan dan otonomi yang ditawarkan dari menjadi wirausahawan tidak akan mungkin kamu dapatkan di pekerjaan kantoran. Kamu bisa mengatur waktu dan jadwal sesuai dengan kebutuhanmu. Di mana lagi coba, kamu bisa dapatkan kebebasan semacam itu?

6. Kamu Akan Lebih Menghargai Arti Kerja Keras Dan Disiplin

Kerja keras dan disiplin mutlak dimiliki via www.j-hunter.com

Saat bekerja orang lain kamu akan dituntut untuk mengeluarkan kemampuan terbaikmu demi keuntungan perusahaan. Terkadang performamu akan naik turun, dan biasanya perusahaan akan memakluminya. Hal ini tidak lagi bisa kamu lakukan saat bekerja untuk mengembangkan bisnismu sendiri.

Kamu punya otonomi dan kebebasan yang besar, tapi kamu pulalah yang memegang kendali. Setiap hari kamu akan dihadapkan pada tuntutan untuk terus mengeluarkan kemampuan terbaik yang kamu miliki. Konsistensi dan disiplin adalah kunci dari kesuksesanmu.

Jika selamanya bekerja untuk perusahaan kamu tidak akan pernah benar-benar tahu arti kerja keras dan disiplin bagi kesuksesanmu. Hanya mereka yang mau mencoba membuka usaha sendirilah yang akan mengerti hal ini.

7. Bisa Lebih Menghargai Uang

Akan lebih bisa menghargai uang via tokyofashion.com

Setelah belajar mengatur usaha sendiri, kamu akan sadar bahwa uang tidak serta-merta datang ke rekeningmu di tanggal yang sama setiap bulan. Sudah tidak ada lagi yang membayarmu, kinerja dan performamu lah yang menentukan besaran penghasilan yang kamu dapatkan.

Tidak hanya soal penghasilan, kamu juga harus pintar-pintar menyiasati keterbatasan dana. Kamu harus memutar otak agar bisa mendapatkan modal yang cukup untuk mulai usaha dan memastikan agar di akhir proses akan ada keuntungan yang signifikan bagi pengembangan usaha. Belum lagi kalau sudah mulai ada karyawan dan harus membayar gaji mereka tiap bulan.

Belajar berwirausaha sejak masih muda akan membuatmu jadi pribadi yang lebih menghargai uang. Kamu akan tahu kalau uang tidak datang dari duduk manis selama 8 jam tiap harinya di kantor yang dingin. Dia adalah hasil akhir dari perjuangan, disiplin dan konsistensi tanpa henti saban hari.

8. Kamu Punya Kesempatan Membangun Hidup yang Lebih Bermakna

Hidup bukan cuma bekerja-tua-lalu mati via safetyandstaffing.blogspot.com

Cerpenis dan penyair ternama Seno Gumira Ajidarma pernah menulis sindiran satir tentang kehidupan masyarakat urban dalam sajak “Menjadi Tua Di Jakarta”:

“Alangkah mengerikannya menjadi tua dengan kenangan masa muda yang hanya berisi kemacetan jalan, ketakutan datang terlambat ke kantor, tugas-tugas rutin yang tidak menggugah semangat, dan kehidupan seperti mesin, yang hanya akan berakhir dengan pensiun yang tidak seberapa.”

Apakah kamu sepakat bahwa memang kehidupan macam itulah yang kita jalani selama ini? Kesibukan dan tuntutan pekerjaan kerap memaksa kita menyingkirkan berbagai kebutuhan pribadi, menjadi mesin yang isi otaknya hanya kewajiban-kewajiban yang sama saban hari. Ucapkan selamat tinggal pada hobi dan kegiatan yang membuatmu kembali merasa utuh jadi diri sendiri.

Dengan berwirausaha kamu punya kesempatan untuk lepas dari lingkaran setan diatas. Kebebasan dan otonomi besar yang kamu miliki bisa membuatmu punya waktu untuk mengambil nafas ditengah kesibukan dan menjalankan hal yang membuatmu benar-benar hidup.

9. Kalau Kamu Gagal Saat Masih Muda, Masih Ada Banyak Waktu Untuk Mencoba Ulang

Kalau gagal semasa muda kamu masih punya waktu untuk mencoba lagi via hijrahheiji.blogspot.com

Memulai bisnis sedini mungkin memberikan kamu banyak kesempatan untuk gagal, bangkit dan mencoba ulang. Saat masih muda kamu cenderung lebih bebas untuk melakukan berbagai hal. Belum ada orang lain yang menggantungkan nasibnya padamu. Saat sudah umur 40-an dan berkeluarga, tentu akan lain ceritanya.

Mulailah bisnismu semuda mungkin karena dengan begitu kamu punya kesempatan yang lebih banyak untuk gagal. Kamu akan punya kesempatan yang lebih besar pula untuk sukses.

10. Membangun Bisnis Hingga Benar-Benar Mapan Membutuhkan Waktu

Butuh waktu sampai usahamu benar-benar stabil via n7n4.wordpress.com

Bisnis yang kamu bangun tidak akan langsung sukses dalam semalam. Di beberapa tahun awal keuntungan yang kamu peroleh masih akan naik-turun; kamu masih harus berjuang membangun citra merk dan bersaing dengan kompetitor. Barulah setelah produkmu dikenal luas dan punya konsumen loyal, kamu bisa bernafas tenang.

Memulai bisnis sejak masih muda akan membuat kamu punya cukup waktu untuk membangun keamanan finansial yang kamu harapkan. Saat masih muda kebutuhanmu tidak akan sebesar saat sudah berkeluarga kelak, pemasukan naik-turun dari bisnis yang baru dirintis masih cukup untuk hidup.

Jika kamu baru membangun bisnis di usia tua, bisa-bisa kamu keburu hengkang dari dunia saat bisnismu mulai stabil.

11. Anak Muda Punya Pemahaman yang Oke Soal Teknologi

Anak muda punya pemahaman yang baik tentang teknologi via picjumbo.com

Anak muda biasanya punya pemahaman soal teknologi yang cukup mumpuni. Tidak hanya soal penggunaan gadget, tapi juga tentang menggunakan sosial media. Pengetahuan tentang penggunaan teknologi dan sosial media akan sangat membantumu dalam proses pengembangan bisnis.

Memulai bisnis di umur yang masih muda akan membuatmu lebih melek terhadap berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi. Kamu bisa dengan terampil melakukan promosi lewat internet, menciptakan web untuk promosi bisnis yang sedang kamu rintis.

Keuntungan ini tidak akan dimiliki oleh mereka yang mulai bisnis saat sudah lebih tua. Jadi mumpung kamu masih sangat melek teknologi, kenapa tidak memanfaatkannya untuk mengembangkan bisnismu sekarang juga?

12. Dengan Berwirausaha, Kamu Bisa Jadi Pribadi yang Bermanfaat Bagi Orang Lain

Hendy lewat Kebab Baba Rafi membuka kesempatan kerja bagi banyak orang via id.wikipedia.org

Bukankah hidup yang paling berarti adalah hidup yang membawa manfaat bagi orang lain? Berwirausaha sejak muda akan memberimu kesempatan ini. Lewat bisnis yang kamu bangun kamu bisa membuka kesempatan kerja untuk orang lain. Kamu juga bisa menyebarkan nilai yang kamu anut secara positif ke lingkungan sekitar.

Membangun bisnis bukan hanya soal menghasilkan banyak uang. Tapi bagaimana kamu bisa memanfaatkan kemampuan yang kamu miliki demi memberikan kebaikan ke orang-orang yang ada di sekelilingmu.

Gimana? Masih ragu mau membangun bisnis sedari muda? Masih mau terpenjara rasa takut dan bilang, “Nanti aja”?