Menjadi kaya atau merasakan hidup mapan di usia muda, mungkin jadi idaman bagi banyak anak muda. Bisa jadi kamu salah satunya! Dan, jika membahas hal tersebut, jelas rasanya kamu memerlukan banyak hal untuk dilakukan agar bisa mencapai titik tersebut. Sebab, kamu perlu memahami betul jika nggak ada hal yang bisa secara instan kamu dapatkan.

Yap! Untuk bisa mencapai hal tersebut, kamu perlu menyiapkan berbagai amunisi dan melakukan banyak usaha sedari dini. Demi membantumu mewujudkan keinginan tersebut, kali ini Hipwee hadir dengan resep supaya kamu bisa kaya secara perlahan. Terapkan 7 kebiasaan sederhana ini, pelan-pelan tapi pasti, kamu bakal jadi orang kaya.

1.Kamu nggak boleh gampang tergiur dengan teknologi baru, apalagi jika hanya sekadar ikut-ikutan zaman

Teknologi itu tak dibuat untuk tahan lama, kecanduan bisa jadi pemborosan terbesar via unsplash.com

Di era masa kini, teknologi baru jadi salah satu penyebab kantongmu yang bisa secara tiba-tiba menipis. Ya, bagaimana tidak, beragam teknologi baru yang ditawarkan pun memiliki harga yang nggak biasa. Duh, makanya demi masa depan yang bahagia, sebaiknya kamu jangan mudah tergiur dengan teknologi baru. Apalagi jika hanya sekadar ikut-ikutan zaman dan untuk gaya-gayaan.

2. Isi weekend dengan kegiatan produktif yang nggak perlu ngeluarin duit! Syukur kalau bisa sambil punya usaha bareng teman, nongkrongmu jadi menghasilkan

Cari cara nongkrong yang lebih produktif via unsplash.com

Advertisement

Weekend memang selalu jadi momen yang ditunggu oleh kebanyakan orang. Sebab, saat weekend tiba akan ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk melepas penat. Tapi demi masa depan yang membahagiakan, kamu perlu mengatur akhir pekanmu agar nggak menghabiskan banyak uang.

Carilah kegiatan produktif untuk mengisinya, seperti sembari menyehatkan badan dengan berolahraga atau bahkan coba membuka usaha. Nah, nggak ada salahnya lho jika kamu dan teman-temanmu mengisi weekend dengan membuka usaha bersama. Jadi, nongkrong yang kamu lakukan tetap bisa menghasilkan!

3. Buatlah anggaran dalam segala situasi, terutama untuk hal yang sering bikin kebobolan. Misalnya, untuk liburan~

Boleh berpetualang, tapi tetap siaga biar anggaran nggak jebol via unsplash.com

Kamu juga perlu membuat anggaran pengeluaran dan pemasukan untuk segala situasi, terutama untuk hal-hal yang sering bikin kantong kebobolan, misalnya buat jalan-jalan apalagi liburan! Jelas itu perlu banget anggaran yang matang supaya kantongmu nggak kosong saat pulang. Buat kamu yang selama ini cuek dengan anggaran pengeluaran tersebut, yuk, mulai sekarang dibiasakan. Semua demu kebaikanmu juga agar segala bentuk rupiah yang masuk dan keluar jelas ketahuan.

4. Di zaman yang sudah kekinian, nggak ada lagi alasan buat nggak punya tabungan masa depan. Bank sudah canggih, bisa otomatis nge-safe tabungan tiap bulan

Nggak perlu lagi mecah tabungan, sekarang bisa otomatis via crawford.anu.edu.au

Menabung jelas wajib hukumnya buat kamu yang ingin segera mapan. Terlebih di zaman yang sudah kekinian, nggak lagi ada alasan buat nggak punya tabungan masa depan. Zaman yang semakin canggih kian memudahkan kamu untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah yang kamu punya.

Pasalnya, kini sudah banyak bank yang memiliki program untuk secara otomatis nge-safe uangmu yang diambil dari tabungan. Ya, semacam investasi atau asuransi yang kelak bisa kamu rasakan manfaatnya untuk dirimu sendiri. Untuk itu, kamu nggak perlu ragu lagi untuk segera memulai memikirkan tabungan masa depan.

5. Memahami betul antara keinginan dan kebutuhan dalam hidupmu juga jadi salah satu cara yang perlu dilakukan. Ya, supaya jadi nggak boros!

Jangan semua nafsu diikuti via www.businessinsider.com

Keinginan dan kebutuhan akan sesuatu kadang memang hampir sulit dibedakan. Tapi, demi mencapai tujuan di masa depan, kamu perlu memilah dengan baik antara keinginan dan kebutuhan dalam hidupmu. Kamu hanya perlu memenuhi kebutuhanmu, sedang keinginan masih boleh dikesampingkan. Nilailah seberapa besar manfaat yang akan kamu dapat dari keinginan tersebut, selama bisa ditunda atau bahkan nggak dicapai, nggak akan megganggu kehidupanmu, kan? 🙂

6. Bukan hanya pekerjaan tetap, pekerjaan sampingan pun perlu kamu miliki agar penghidupanmu lebih aman

Kembangkan hobimu jadi duit via stocksnap.io

Mendapatkan pekerjaan tetap sudah pasti jadi cara utama yang bisa kamu jadikan bekal untuk bisa segera mapan di usia muda. Tapi, untuk mendapatkan sesuatu yang lebih dari biasanya, jelas kamu pun harus punya usaha yang lebih lagi. Salah satu ladang yang bisa kamu jalani adalah dengan mencari pekerjaan sampingan yang sesuai dengan kepribadian atau kegemaranmu.

Sebab, kalau kamu jalani pekerjaan sampinganmu sesuai dengan dirimu atau apa yang kamu suka, semua nggak akan terasa berat untuk dijalani. Bukan nggak mungkin kamu bisa begitu menikmati dan nggak merasakan lelah yang berarti. Kalau sudah begitu, selain dapat uang lebih, kamu pun dapat kebahagiaan yang lebih lagi. Asyik!

7. Terakhir, kamu nggak perlu takut untuk hidup susah. Toh, semua demi masa depan yang lebih cerah

Hidup susah mumpung masih muda via unsplash.com

Terakhir, hal yang perlu kamu lakukan dengan hati yang lapang adalah kamu yang nggak perlu takut untuk hidup susah. Dalam artian, kamu nggak usah malu atau merasa kekurangan, belajarlah untuk hidup sederhana dan nggak berlebihan. Pahamilah jika dengan begitu, kemapanan bisa segera kamu rasakan.

Itulah beberapa cara atau usaha yang perlu kamu terapkan agar kamu bisa kayak meski pelan-pelan. Nggak ada yang nggak bisa dicapai kok selama kamu punya niat dan mau berusaha keras untuk mewujudkannya. Semangat! 🙂

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!