“Sudah berapa tahun kamu kuliah?”

Idealnya masa kuliah hanya sekitar 4 hingga 5 tahun saja. Lebih dari itu, bisa dipastikan kamu sudah kehilangan hampir separuh semangat dan minat untuk menyelesaikannya. Supaya kelulusanmu bisa tepat pada waktunya, sebenarnya ada beberapa hal sederhana yang patut mendapat sorotan dan diutamakan.

Ingin tahu apa saja yang mesti dihindari supaya hari kelulusanmu tak lagi sebatas mimpi? Yuk, simak 6 pemaparan Hipwee berikut ini!

Tertundanya kelulusanmu bisa dipicu oleh hal yang sangat sederhana. Misalnya saja kurang update info terbaru yang berlaku di kampus sendiri.

lulus tepat waktu via businessmajors.about.com

Terkadang memang kelulusan bisa tertunda hanya karena dipicu oleh hal yang sangat sepele. Hal ini sering terjadi karena mahasiswa tidak update informasi terbaru yang diberlakukan oleh kampus sendiri. Misalnya saja aturan baru mengenai mata kuliah apa saja yang wajib lulus atau jumlah maksimal nilai C sebelum bisa menjalani ujian pendadaran.

Advertisement

Bukan tidak mungkin hanya karena sikap tak mau tahu pada peraturan kampus yang terbaru justru bisa menunda kelulusanmu hingga beberapa semester. Jika kamu tak ingin hal ini terjadi, maka mulai sekarang selalu update informasi terbaru yang diberlakukan oleh kampusmu sendiri ya.

Lakukan tugas yang didapat dari dosen saat ini juga. Jangan gemar menunda atau bahkan memandang sebelah mata.

lulus tepat waktu via businessmajors.about.com

Selain tak mengupdate informasi serta peraturan yang dibuat oleh kampus, seringnya mahasiswa tak kunjung lulus karena terbiasa memandang sebelah mata pada tugas yang diberikan oleh dosen. Gemar menunda membuat tugas yang diterima justru makin menumpuk banyak dan membuatmu malas mengerjakan. Tak heran jika pada akhirnya kamu akan mengerjakan asal-asalan, yang penting selesai, sehingga nilai yang diperoleh pun tak maksimal.

Tak hanya itu saja, menganggap remeh tugas yang diberikan oleh dosen juga akan membuatmu tak mendapat nilai seperti yang diharapkan. Terkadang karena memandang sebelah mata, kamu pun mengerjakannya tak sepenuh hati. Hasilnya, nilai untuk mata kuliah tersebut pun tak memenuhi kriteria.

Kegiatan di luar kuliah memang penting dilakoni demi memperkaya ilmu dan skill yang dipunya. Namun, apapun keadaannya selalu tetapkan tugas kuliah di atas segalanya!

lulus tepat waktu via www.couponliz.com

Memang sebagai seorang mahasiswa kamu juga harus mampu mengasah skill sebagai seorang individu dengan cara terjun langsung ke berbagai kegiatan. Kehidupan kuliah memang harus dijalankan seimbang dengan kegiatan lain di luar study. Dengan begini, ilmu yang terserap kepala pun tak hanya terbatas pada teori yang diberikan dosen di ruang kelas saja. Sehingga ketika lulus nanti kamu sudah lihai dan siap terjun ke masyarakat.

Namun, seringnya porsi yang dijalankan tak seimbang. Kamu justru terlalu asyik berkecimpung dengan kegiatan yang ada di luar dunia perkuliahan. Hasilnya, kamu terlalu sering absen kelas hingga tak mengerjakan tugas dari dosen secara maksimal. Waktu kuliah yang lebih sering dikorbankan demi organisasi maupun kepentingan di luar sana pun jadi alasan utama mengapa kelulusanmu tertunda.

Ada baiknya kamu belajar bagaimana susahnya mencari uang dengan hasil keringat sendiri. Namun, hal ini juga akan menjadi buruk jika kamu terlalu berorientasi pada uang dan lupa pada kuliahmu ini.

lulus tepat waktu via www.businessinsider.co.id

Pengalaman mencari uang dari hasil keringat sendiri tentu merupakan pengalaman berharga yang bisa didapatkan di bangku kuliah. Dengan begini kamu jadi tahu bagaimana susahnya mencari uang sendiri dan lebih menghargai nilai alat tukar satu itu. Namun, jika tidak bisa membagi prioritas, hal ini akan sangat berbahaya bagi kondisi perkuliahanmu.

Sudah pernah mencicipi bagaimana menghasilkan uang sendiri bukan tidak mungkin membuatmu justru mendewakan nilai alat tukar ini. Kamu yang tadinya menempatkan kuliah di urutan teratas pun bisa tergoda untuk lebih mementingkan pekerjaan. Hasilnya, kelulusanmu akan tertunda karena kamu terlalu asyik menekuni bisnis sendiri dan menganggap gelar sarjana tak penting lagi.

Masalah hati memang tak bisa dipandang sebelah mata. Namun yakini saja bahwa kamu tetap harus mengutamakan masa depan di atas hubungan asmara.

lulus tepat waktu via quicken.intuit.com

Selain kegiatan organisasi dan juga pekerjaan, terkadang banyak mahasiswa yang belum merampungkan kuliahnya karena terlibat masalah asmara. Ya, tak bisa dipungkiri bahwa terkadang masalah asmara bisa menjadi penyebab utama kuliah tak selesai tepat pada waktunya. Bertengkar dengan pacar hingga kandasnya hubungan kalian sering menjadi momok yang membuatmu malas mengerjakan tugas hingga sering bolos kelas.

Memang masalah hati tak bisa dipandang sebelah mata. Rasa sakit karena patah hati mungkin memang sedang kamu rasakan dan membuat semuanya berantakan. Namun, coba bayangkan bagaimana orangtuamu yang sudah bekerja susah payah mencari uang hanya demi melihatmu menjadi sarjana. Toh, sakit hati yang kamu rasakan karena putus asmara tak sebanding dengan rasa kecewa yang akan mereka alami ketika melihat kelulusanmu yang tertunda.

Gelar sarjana yang akan kamu sandang adalah untukmu sendiri, sehingga tak semua kata teman perlu kamu ikuti.

lulus tepat waktu via alvinfauzie.com

Tanamkan kepada diri sendiri bahwa ketika kamu lulus nanti, gelas sarjana adalah untukmu sendiri. Sehingga perjuangan untuk meraihnya haruslah kamu lakukan seorang diri. Tak perlu ikut-ikutan teman atau melibatkan mereka atas semua keputusan terhadap studymu. Misalnya saja, tak perlu takut karena mengambil jurusan ilmu atau skripsi yang berbeda.

Kamu pun tak perlu membuat janji untuk lulus bersama-sama dengan kawan lainnya, apa iya kamu akan menunda kelulusanmu sendiri hanya karena menunggu mereka? Pahamilah, bahwa gelar yang akan kamu dapatkan nanti berdasarkan pada hasil jerih payahmu sendiri.

Jika kamu ingin lulus cepat, maka kamu harus berjuang mulai dari sekarang! Semangat ya para calon sarjana! 🙂