“Nak, yang gajinya ndak pasti kaya kerjaanmu itu apa namanya?”

“Freelance, Buk.”

Begitulah hidup, ada-ada aja perkembangannya. Sekarang, yang namanya nyari duit nggak kudu mengais-ngais (udah kaya ayam aja) di lapangan lagi. Yang namanya bekerja pun nggak kudu mengabdi pada sebuah instansi dengan duduk manis dibalik meja selama tujuh hingga bahkan sembilan jam. Selain bisa berwirausaha sendiri, ada cara lain juga yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan gaji tanpa harus berangkat ke kantor tertentu, alias dengan ‘bekerja’ di rumah atau di kamarmu saja. Yap, freelancer atau pekerja lepas namanya.

Buat kamu yang menunggu kepastian pekerjaan di sebuah instansi ternama, atau memang bercita-cita menjadi freelancer saja lantaran menjunjung tinggi nilai kebebasan, atau lagi bingung long weekend mau melakukan apa, nggak usah bingung. Pada kesempatan ini, Hipwee akan memberitahumu situs-situs joblisting khusus untuk para freelancer. Kamu bisa cari pekerjaan sesuai dengan passion kamu, simak ya!

1. Ini tempat bertemunya internet marketer. Tinggal masuk aja ke Sribulancer!

sribulancer.com via help.sribulancer.com

Ini merupakan situs job marketplace untuk freelancer asal Indonesia lho. Situs web ini telah diluncurkan pada September 2014 lalu, di dalamnya menawarkan variasi lowongan pekerjaan yang luas. Mulai dari desain web, desain grafis, pemrograman, penulis artikel, penerjemah dan masih banyak lagi.

Advertisement

Melalui situsnya, Sribulancer mengklaim sudah memiliki lebih dari 18800 freelancer terdaftar, dengan lebih dari 770 proyek yang dipasang oleh berbagai perusahaan dan individu. Sribulancer menerapkan pembayaran melalui transfer bank, dimana klien melakukan pembayaran ke rekening Sribulancer yang bertindak sebagai akun rekening bersama. Ini tentu saja lebih cocok dengan pasar di Indonesia yang sebagian besar penduduknya belum memiliki kartu kredit.

2. Menawar dan melelang upah pun tak jadi masalah. Para pekerja freelance wajib kenal Freelancer Indonesia

freelancer.co.id via cdnid.techinasia.com

Untuk saat ini, Freelancer Indonesia mungkin merupakan situs marketplace untuk freelancer terbesar di negeri ini. Situs ini sejatinya merupakan versi Indonesia situs freelancer serupa yang merupakan startup asal Australia. Pada Agustus 2014 lalu, situs ini mengklaim diri memiliki lebih dari 350 ribu freelancer dan 25 ribu perusahaan atau pencari jasa.

Pada situs ini, kamu bisa menelusuri beragam proyek dari berbagai sektor seperti IT, jurnalistik, jasa penerjemahan, marketing, desain, dan masih banyak yang lainnya. Proyek-proyek tersebut biasanya ditampilkan dengan nama dan deskripsi proyek, keahlian yang dibutuhkan, tenggat waktu, jumlah pelamar, dan upah. Uniknya, melalui situs ini kamu bisa menawar atau melelang upah untuk mengerjakan proyek.

3. Berbekal skill dan resume yang mumpuni, Upwork akan membantu bertemu dengan pekerjaan dan bayaran yang kamu inginkan

upwork.com via www.upwork.com

Website ini bisa membantumu menjaring dollar dari rumah. Merupakan salah satu situs marketplace bagi freelance terbaik yang ada di dunia maya. Awalnya bernama Elance-oDesk, situs ini bahkan dianggap telah memberikan revolusi di dunia freelancer online.

Sama seperti dua situs sebelumnya, Upwork juga menawarkan lowongan pekerjaan dalam cakupan bidang yang cukup luas. Untuk dapat bergabung disana, kamu bisa melakukan registrasi secara gratis. Untuk memastikan kecakapan para freelancer yang mencari pekerjaan di sana, Upwork juga memiliki sejumlah ujian online yang jika dikerjakan bisa menjadi bagian dalam resume kamu. Tes bahasa Inggris dasar misalnya, ada juga sistem feedback yang memungkinkan klien memberi nilai pada profilmu untuk membuktikan mutu pekerjaanmu.

4. Microjobs unik yang kadang belum terpikirkan sebelumnya, kalau penasaran coba intip Gobann

Bedanya situs marketplace satu ini dengan yang lainnya ialah estimasi bayaran yang bisa kamu dapatkan jika berhasil mendapatkan pekerjaan melalui Gobann. Bahkan, tidak ada estimasi dalam soal bayaran, karena sesuai namanya, jasa-jasa yang ditawarkan dalam Gobann semuanya dipukul rata menjadi senilai Rp 50 ribu.

Situs ini mempunyai dua menu utama, yaitu Kangtao dan Demand. Kangtao merupakan jasa yang ditawarkan oleh freelancer, sedangkan Demand adalah permintaan jasa dari para klien. Ada beragam kategori pekerjaan yang disediakan, seperti programming, jasa penulisan, travel, menjadi guru spiritual, meniru suara kucing, merapikan kamar dalam satu jam, dan masih banyak lagi. Kurang unik apa?

5. Seperti namanya, Serba50ribu.com menawarkan bayaran serba lima puluh ribuan!

serba5ribu.com via 2.bp.blogspot.com

Terbilang sebagai situs yang mirip dengan Gobann, Serba50ribu ini memungkinkan freelancer untuk memberikan jasa apapun dengan bayaran Rp 50 ribu. Situs ini merupakan situs yang tidak memungut biaya pendaftaran dan merupakan situs asli Indonesia. Perbedaan mencolok antara Serba50ribu dengan Gobann adalah ia tidak menyediakan platform seperti Kangtao dan Demand, juga tidak memiliki tampilan situs semenarik Gobann. Pembayaran jasa pada situs ini dilakukan melalui media transfer bank dan PayPal.

6. Selain jadi platform tukar jasa, kamu juga bisa jual-beli produk online lewat Projects

projects.co.id via 3.bp.blogspot.com

Website yang diluncurkan pada November 2014 lalu ini menawarkan lebih dari sekadar situs untuk mencari atau menawarkan pekerjaan. Selain bisa mendapatkan proyek pekerjaan atau menawarkan jasa, pengguna Projects juga bisa melakukan transaksi jual-beli produk digital di situs ini. Ketersediaan platform jual-beli produk ini merupakan salah satu hal yang membedakan Projects dengan para pesaingnya.

Produk-produk digital yang dijual di Projects bervariasi, mulai dari e-book, desain kaos, software, game, template situs, dan produk digital lainnya. Selain itu, Projects juga menyediakan program Affiliate Referral sebagai alternatif penghasilan pasif bagi pengguna. Pengguna hanya perlu mempromosikan Projects melalui URL yang telah disediakan.

7. Daripada seret di akhir bulan, mending cari klien deh di Fiverr

fiverr.com via cdnil20.fiverrcdn.com

Sedikit berbeda dengan yang lainnya, di Fiverr ini kamulah yang harus lebih agresif dalam menjajakan ketrampilan ke para pembeli. Di sini per proyek hanya boleh diberi harga $5, tetapi kamu sah saja membuat semacam paket dengan harga yang berbeda atau mengenakan biaya tambahan untuk layanan ekstra. Bedanya lagi, tingkat kesulitan tugas di Fiverr jauh lebih mudah ketimbang kebanyakan situs freelance.

8. Buat kamu yang senang jadi penulis lepas, iWriter bisa jadi sarana unjuk kemampuan

iWriter.com via couchable.co

Merupakan situs tempat kerja online yang dirancang khusus untuk para penulis lepas. Bayarannya juga dalam kurs Dollar Amerika, besarannya tidak sama sesuai kualitas dan kuantitas. Bedanya, di situs ini pencari kerja harus mendapatkan persetujuan dahulu oleh pemberi kerja sebelum memulai proyek.

iWriter juga mengharuskan freelancer untuk dapat di-approve terlebih dahulu sebelum bekerja. Keistimewaan yang dimiliki oleh situs ini adalah iWriter menyediakan platform yang dapat memudahkan freelancer untuk mempromosikan kemampuan menulisnya sesuai dengan kriteria yang dimiliki. Tulisan yang dibuat oleh freelancer nantinya akan dipromosikan kepada klien di dalam situs ini.

Cara mendaftar untuk menjadi freelancer di berbagai perusahaan dan individu yang membutuhkan pegawai lepas itu, biasanya dengan mendaftar untuk tergabung dalam situs joblisting dulu. Lalu, kamu harus membuat profil yang menjelaskan tentang deskripsi jasa yang kamu tawarkan, portofolio kamu, keahlianmu, upah yang kamu patok untuk jasamu dan sebagainya. Barulah, si klien dapat menghubungi kamu apabila mereka tertarik ketika melihat profilmu.

Selain menunggu untuk ditemukan oleh klien, kamu juga bisa proaktif mencari sendiri pekerjaan yang kamu inginkan dengan fitur “mencari” yang tersedia di masing-masing situs tadi.

Good Luck! 🙂