Bertemu orang baru untuk pertama kali biasanya disertai rasa penasaran seperti apa tipe orang yang kamu temui. Kamu bakal menebak-nebak supaya nggak salah berkata maupun bersikap. Salah satu cara mengakrabkan diri biar nggak awkward adalah kenalan sambil berjabat tangan. Saking gugupnya kamu main asal salaman. Padahal, dari seperti apa caramu berjabat tangan bisa ditebak kepribadiannya, lho.

Nah, karena kenalan pertama kali adalah momen tepat orang-orang akan menilaimu, kamu pun nggak boleh asal berjabat tangan. Kamu itu pemalu, punya percaya diri tinggi atau tidak akan bisa dilihat dari handshake, lho. Penasaran seperti apa makna jabat tanganmu selama ini? Atau kamu mungkin penasaran makna di balik jabatan tangan dari orang lain? Simak 7 jenis jabat tangan yang Hipwee Sukses siapkan buat kamu berikut ini ya.

1. Pernah merasa minder saat berjabat tangan? Mungkin kamu bersalaman dengan orang dominant handshake

menggenggam tangan dengan kuat via uvmathletics.com

Kamu mungkin pernah merasa minder atau tertantang ketika bersalaman dengan orang baru. Genggaman tangannya yang kuat dan menjabat tanganmu kencang membuat kamu merasa seperti tertantang lantaran juga dianggap menunjukkan jiwa kompetisi. Hal ini karena jabat tangan yang kuat mencerminkan kepercayaan diri cukup tinggi dan jiwa pemberani. Nah, siapa yang nggak jadi minder atau merasa tertantang kalau berjabat tangan dengan orang seperti ini?

2. Ada jabat tangan ‘hampa’ yang suka bikin kamu tersinggung. Misalnya: Ini orang mau jabat tangan atau nggak sih?

limp handshake via www.profnetconnect.com

Advertisement

Kadang, kamu bakal sebal ketika berjabat tangan dengan orang baru yang caranya seperti nggak niat salaman sama kamu. Ya, kamu merasa tersinggung lantaran genggaman tangan orang tersebut ‘melayang’ dan kurang menyentuh genggaman tanganmu. Sebenarnya posisi tangan yang seperti itu disebabkan dia kurang tertarik sama kamu. Entah karena penampilanmu dianggap nggak cocok sama dia atau keberadaanmu memang nggak dibutuhkan. Oleh karena itu, cara dia berjabat tangan denganmu seperti ogah-ogahan deh.

3. Kalau kamu pernah dijabat dengan cara dua tangan sekaligus dalam satu tanganmu, berarti dia percaya sama kamu

dia sangat menyenangimu via simplybodytalk.com

Cara jabat tangan satu ini biasa dilakukan oleh para politisi. Genggamannya itu bukan hanya satu tangan, tapi dua tangan. Di mana satu tangannya berjabat seperti biasa, lalu tangan kedua menimpa tangan kamu tadi dan dia. Itu adalah sebuah bentuk kepercayaan. Apalagi kalau jabatan tangannya juga disertai menyentuh bagian siku kamu, itu berarti dia bukan hanya percaya, tapi juga senang dengan first impression sama kamu.

4. Jabat tangan buru-buru itu tandanya dia gugup berhadapan sama kamu atau nggak nyaman dengan sekitar

buru-buru via www.salon.com

Kalau jabat tangannya buru-buru, itu berarti dia sedang gugup. Dia nggak bisa menahan beberapa saat lagi menggenggam tanganmu karena kegugupannya. Oleh karena itu, yang kamu bisa lakukan adalah memperbaiki situasi sekitar supaya dia nyaman dan nggak gugup lagi. Atau kamu juga bisa coba mengakrabkan diri agar dia nggak gugup sama kamu lagi.

5. Ada juga nih look away handshake. Jabat tangan yang disertai tatapan acuh

look away handshake via www.dailymail.co.uk

Handshake juga bisa dilihat dari lirikan mata. Kamu yang pernah mendapat lirikan mata sedetik terus dia melihat ke arah lain sambil berjabat tangan berarti dia  sangat kaku ke kamu. Dia nggak bisa selow atau nyaman sama sekali denganmu. Dia merasa bingung jika bertemu dan salaman sama kamu akan memulai obrolan apa. Karena dia enggan lama-lama berinteraksi, oleh karena itu dia cuma sedetik saja melihatmu, lalu selanjutnya memandang ke arah lain.

6. Melihat secara lekat dan lama sambil berjabat tangan itu yang pasti dilakukan oleh orang agresif

menatap secara lekat via viewingmaterial.blogspot.co.id

Orang yang betah berjabat tangan lama sambil melihatmu secara lekat itu memerlihatkan sisi agresifnya ke kamu. Dia tertarik dan ingin kenal kamu lebih dalam. Ditambah lagi penampilanmu yang menarik hatinya bikin dia makin lama jabat tangan dan menatapmu secara lekat.

7. Mau dapat kesan baik? Berjabat tanganlah secara sempurna dengan telapak mengenai telapak

perfect handshake via healthylivingmadesimple.com

Caramu berjabat tangan akan jadi salah satu penilaian penting dari orang baru bertemu denganmu. Mau tahu agar kamu meninggalkan kesan baik seperti apa? Jabat tanganlah dengan telapak bertemu telapak tangan dan ibu jari saling bertemu. Hal itu akan menggambarkan sebuah hubungan pertemanan hangat, walau baru pertama kali bertemu. Sertai juga dengan senyuman dan suara ramah kamu ya.

Jadi, bukan hanya penampilan saja yang bisa dinilai saat pertemuan pertama. Tapi, dari bagaimana caramu berjabat tangan juga penting. Kini kamu jadi tahu deh seperti apa kepribadian orang dari cara berjabat tangan. Atau kamu juga bisa pasang kuda-kuda dulu sebelum bertemu orang baru.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya