Jika kamu jeli memerhatikan, banyak pengusaha sukses bahkan orang terkaya di dunia yang memilih untuk mengenakan gaya pakaian yang sama setiap hari. Lihat saja Mark Zuckerberg, bos besar Facebook ini selalu tampil dengan hanya memakai kaos oblong dan celana jins dalam setiap kesempatan. Nggak jauh berbeda dengan Steve Jobs, pendiri Apple, yang terkenal dengan kaus turtle neck warna hitam plus kacamata bingkai bundarnya. Serta Bill Gates, penggagas Microsoft yang selalu setia dengan kemeja kasualnya.

Kalau dipikir-pikir, kok aneh, ya? Para milyarder ini bisa saja membeli segala jenis dan merek baju yang diinginkan. Tapi nyatanya, mereka lebih memilih gaya berpakaian yang sama di setiap kesempatan. Tentu saja hal ini dilakukan bukan tanpa alasan.

Hipwee Sukses sudah tahu jawabannya. Yuk, baca ulasannya..

1. Orang sukses akan memangkas pengambilan keputusan yang kurang penting karena akan mengganggu ruang mental dan produktivitasnya setiap hari

Mark Zuckerberg, CEO Facebook via n24india.com

Orang-orang sukses yang menangani perusahaan besar, pastinya dihadapkan oleh banyak keputusan. Mereka nggak akan repot-repot memilih model atau merek baju apa yang akan dipakainya. Masih banyak keputusan lain yang harus mereka pertimbangkan ketimbang hanya urusan memilih baju.

Advertisement

Kelelahan bahkan kesalahan dalam mengambil keputusan di awal hari akan berpengaruh pada kualitas keputusan dan produktivitasmu sepanjang hari

2. Dengan nggak memikirkan soal pilihan baju, orang sukses akan lebih menghemat waktu, mudah, cepat, dan efisien dalam bekerja

Barack Obama, mantan presiden AS via abcnews.go.com

Pepatah mengatakan, waktu adalah emas. Hal ini diterapkan oleh orang sukses, mereka memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Dengan meminimalisir pilihan baju untuk dikenakan, orang sukses punya banyak waktu yang lebih panjang dibandingkan mereka yang galau memilih OOTD setiap harinya. Persiapan bekerja pun lebih cepat dan efisien.

3. Terlalu ambil pusing dengan pilihan berpakaian dianggap sebagai salah satu sumber kecemasan di awal hari. Artinya, orang sukses berhasil mengurangi stres

Steve Jobs, pendiri Apple via www.zdnet.com

Stres memang sangat mungkin terjadi di pagi hari, terutama pada mereka yang perfeksionis dan selalu ingin tampil memukau di tempat umum. Sama halnya ketika kamu akan datang ke suatu acara, banyak hal yang dipikirkan mengenai baju. Apakah formal atau kasual? Sudahkah sesuai dengan tema? Dan persoalan lainnya.

Orang sukses telah mengatasi persoalan ini karena mereka memiliki ‘seragam’ sendiri. Mereka nggak punya beban masalah dan pikiran lagi saat berpakaian.

4. Memilih pakaian nggak hanya membuat stres, kamu juga akan kehilangan banyak energi karenanya. Orang sukses paham akan hal ini

Cristopher Nolan, Sutradara Hollywood ternama via cinemags.id

Kegiatan memilih puluhan bahkan ratusan baju yang berbeda di lemari memang bukan perkara yang mudah. Hal ini membutuhkan energi  yang besar dan melelahkan. Orang sukses sangat menghindari hal-hal sepele yang nggak menyita banyak energi.

“Lemari besar tak hanya akan membuat energi lebih banyak terbuang untuk memilih pakaian tapi juga membutuhkan perawatan dan pengaturan lebih. Sementara pakaian yang sedikit akan membuat cucian lebih sedikit dan mudah disimpan” – Christopher Nolan, Sutradara Hollywood ternama.

5. Gaya berpakaian yang sama setiap hari akan menciptakan identitas khas yang ikonik. Cara mudah bagi orang sukses untuk terkenal

Joko Widodo, Presiden RI via cekposting.com

Gaya berpakaian akan menentukan karakter dan sifat seseorang, begitupun sebaliknya. Semakin sering seseorang mengenakan sebuah pakaian tertentu, maka semakin kuat pula branding personality dalam lingkungannya. Inilah yang juga menjadi alasan orang sukses mengenakan pakaian yang sama dalam setiap kesempatan. Tapi itu semua juga berbanding lurus sama kesuksesan mereka lho, ya.

6. Tentu saja orang sukses juga akan mempertimbangkan pengeluarannya, dengan gaya berpakaian yang sama setiap saat akan menghemat biaya

Bill Gates, penggagas Microsoft via www.lifegate.com

Pemborosan akan terjadi jika kamu membelanjakan pakaian yang sebenarnya nggak kamu butuhkan. Orang sukses akan memprioritaskan pakaian yang dibutuhkan ketimbang pakaian yang diinginkan. Mereka nggak akan terlalu memusingkan pendapat orang-orang yang mungkin akan bilang, ‘sudah ganti baju atau belum?’. Akan lebih baik bagi mereka untuk bisa menekan pengeluaran untuk belanja baju dan digunakan untuk keperluan lain yang lebih penting.

7. Alasan terpenting adalah kenyamanan. Karena saat orang sukses berada dalam kondisi nyaman, maka produktivitasnya pun akan bertambah

Bob Sadino, pengusaha sukses via www.hipwee.com

Mengenakan pakaian harus membuatmu merasa nyaman. Jangan penuhi lemari dengan pakaian yang nggak perlu atau bahkan menjadi korban mode. Sama halnya dengan pacar, jika kamu punya pakaian yang sering banget kamu pakai, otomatis kamu akan nyaman mengenakannya, begitupun sebaliknya. Sadarlah bahwa saat kamu berada dalam kondisi yang nyaman, maka di situlah produktivitas akan bertambah.

Nah, mulai sekarang kamu nggak perlu minder jika kamu termasuk orang yang minimalis dalam berbusana alias nggak suka ribet, karena bisa jadi kamu punya alasan untuk meniru kebiasan orang sukses. Semoga ketularan jadi sukses juga, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya