Usai dinyatakan lulus SMA, kamu akan dihadapkan pada dua pilihan; kerja atau kuliah? Bagi mereka yang memiliki passion dan biaya yang cukup, kemungkinan besar akan melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah. Namun, bagi mereka yang berasal dari keluarga yang pas-pasan, biasanya lebih memilih untuk langsung bekerja saja, karena mereka pikir biaya kuliah akan menambah beban ekonomi keluarganya.

Masalahnya, seringkali lulusan SMA merasa bingung ke mana harus mencari pekerjaan yang bisa menjamin taraf hidupnya. Nah, buatmu yang ingin mengubah nasib selepas kelulusan kemarin, berikut Hipwee Sukses berikan rangkuman tentang beberapa jenis pekerjaan yang memberikan gaji cukup tinggi untuk para karyawannya yang berasal dari lulusan SMA. Simak baik-baik, ya!

1. Kamu yang senang dengan dunia jual beli dan pintar membujuk orang, menjadi seorang sales marketing adalah pilihan yang tepat

sales marketing via id.pinterest.com

Banyak orang yang menganggap profesi sales marketing sebagai pekerjaan rendahan yang cukup berat untuk dijalankan karena adanya target perusahaan yang harus dicapai. Gajinya memang nggak seberapa, tapi ada peluang untuk mendapatkan komisi penjualan yang nggak ada batasnya. Kamu hanya perlu memahami seluk-beluk produk yang dijual serta pintar membujuk calon pembeli. Bayangkan, jika kamu jadi sales properti atau otomotif, mendapatkan keuntungan sebanyak 1 persen saja dari setiap produk yang berhasil dijual, lumayan bukan?

2. Pekerjaan sebagai anak buah kapal (ABK) di kapal pesiar merupakan salah satu pekerjaan yang diminati karena imbalan upah yang cukup menjanjikan

Advertisement

Mungkin kamu pernah mendengar istilah ‘layar’ atau ‘melaut’, yang adalah sebutan lain untuk bekerja sebagai ABK di kapal pesiar. Kebanyakan dari mereka adalah lulusan SMA yang kemudian ikut pelatihan kerja sebagai ABK. Berbagai posisi ditawarkan untuk bekerja di atas kapal, antara lain seperti koki, teknisi, dan janitor atau tenaga kebersihan. Gaji yang akan didapatkan juga lumayan tinggi, mengingat kapal pesiar yang mempekerjakan ABK ini lingkupnya sudah luar negeri. Belum lagi kamu akan mendapat tunjangan-tunjangan lain di luar gaji pokok. Nggak heran, banyak kejadian mereka yang bekerja sebagai ABK, memiliki harta yang tergolong mewah sepulangnya ke tanah air.

3. Meskipun tak bergelar sarjana, jika kamu termasuk orang yang jeli, cerdas dan teliti, kamu bisa bekerja sebagai detektif atau penyidik

detektif via www.forbes.com

Gelar sarjana bukan menjadi syarat utama untuk bisa mendapatkan pekerjaan ini. Menjadi seorang detektif atau penyidik (investigator kriminal) memang membutuhkan pengalaman kerja minimal lima tahun dan pelatihan tambahan, tapi gaji yang ditawarkan sangat tinggi. Namun memang, untuk bisa mendapatkan pendapatan tersebut dituntut profesionalitas dan harus bisa memberi kepuasan kepada klien. Semakin klien puas dengan kinerjamu, maka semakin tinggi pula pendapatan yang bisa didapat. Rajin-rajinlah membaca berita kriminal, mengulik buku-buku detektif dan menonton seri-seri pembongkaran kasus kriminal.

4. Siapa bilang kerja di perusahaan perminyakan harus punya ijazah sarjana? Khusus bagian operator produksi, tamatan SMA juga bisa melamar

operator produksi kilang minyak via www.pmgservices.com

Pekerjaan yang berada di lingkup pertambangan minyak ini nggak membutuhkan ijasah sarjana atau mengisyaratkan pengalaman kerja. Pelamar yang lulus seleksi akan akan di-training dalam satu periode tertentu, juga wajib paham bahasa Inggris. Gajinya termasuk tinggi jika dibandingkan dengan pekerjaan lain untuk lulusan sarjana. Tapi harus diingat bahwa risikonya juga besar, misalnya cedera karena mesin rusak atau meledak. Karena itu, pekerjaan ini lebih pas buat orang yang ekstra hati-hati, teliti, dan selalu taat pada aturan, dalam hal ini standar keselamatan kerja perusahaan.

5. Asal kamu tahu, syarat buat jadi masinis, pilot atau pramugari cuma tamatan SMA saja, nggak lebih…

Ini nih, pekerjaan-pekerjaan keren yang banyak disalahpahami banyak orang. Nggak perlu lulus kuliah buat memperoleh lisensi menjalankan kereta, menerbangkan burung besi atau menjadi seorang pramugari. Ketiganya hanya membutuhkan para kandidatnya untuk menjalani pelatihan di sekolah-sekolah yang ditentukan perusahaan jika lamaranmu sudah diterima. Jika jam terbangmu sudah tinggi, maka gajinya pun bisa semakin tinggi. Khusus pilot dan pramugari, mereka diharuskan mampu berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan serta paham aturan penerbangan.

6. Petugas instalasi listrik cocok juga sangat dibutuhkan karena menyangkut kebutuhan orang banyak

petugas instalasi listrik via www.borneonews.co.id

Semakin meningkatnya penggunaan listrik di masyarakat, maka semakin banyak pula kabel-kabel yang perlu dipasang dan diperbaiki. Lulusan SMA yang mengambil jenis pekerjaan ini akan berkonsentrasi pada pemasangan dan perbaikan kabel listrik. Pekerjaan ini memang lebih cocok dilakukan oleh cowok karena sifat pekerjaannya yang berisiko tinggi dan membutuhkan keterampilan fisik yang cukup mumpuni. Berbekal ijazah SMA kamu sudah bisa melamar pekerjaan ini meskipun kamu nggak punya pengalaman kerja sedikit pun. Pelatihan kerjanya memang membutuhkan waktu yang cukup lama tapi sesuai dengan gaji tinggi yang ditawarkan kemudian.

7. Dengan waktu pelatihan kerja yang nggak terlalu lama, pekerjaan sebagai pengawas transportasi cocok untuk kamu yang nggak punya ijazah sarjana tapi menginginkan gaji tinggi

pengawas transportasi via www.aktual.com

Tugas seorang pengawas transportasi adalah menginspeksi (mengecek) perlengkapan atau barang-barang yang berkaitan dengan keselamatan kendaraan atau orang yang mengendarainya. Selain punya tawaran gaji tinggi, tugas ini cukup mulia karena kamu bisa menjadi fondasi keselamatan kerja bagi orang yang bertugas di jasa transportasi. Namun memang, pekerjaan ini memiliki tingkat stres yang tinggi karena rutinitas dan perlu tanggung jawab yang besar jika harus melakukan evakuasi jika terjadi keadaan darurat.

8. Atau, jika kamu tertarik untuk menekuni dunia seni peran, upahnya besar jika pandai menggali kesempatan

Orang-orang yang bergelut di layar kaca, khususnya pemain sinetron, diketahui mendapat bayaran luar biasa. Modal utamanya adalah bisa berakting dan bersosialisasi. Kalau sudah ahli, bisa jadi pemain film yang tentu saja bayarannya lebih besar ketimbang pesinetron. Bidang pekerjaan ini cocok buat mereka yang suka tampil dan berbicara di depan publik. Selain itu, mereka harus pandai-pandai bergaul untuk menjaga koneksi dan gak terjebak dunia hiburan yang penuh dengan hura-hura, saking banyaknya duit yang diterima orang yang kerja di sana.

Memang, untuk bisa mendapatkan pekerjaan-pekerjaan tersebut nggak cukup hanya sekedar lulus SMA saja namun harus menempuh beberapa pelatihan khusus untuk menambah ketrampilan dan bersertifikat. Selain itu, nggak semua daerah memberikan pendapatan yang tinggi. Tapi, jika kamu mau dan tekun mengusahakan, rezeki nggak akan pergi ke mana. Masa depan bukan orang lain yang menentukan, tetapi kita, ‘kan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya